Zodiak; Permainan Barnum Effect dan Kisah Mitologi di Baliknya

zodiak monitoring netray

Pasti kalian sudah tidak asing lagi jika mendengar kata zodiak. Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengarkan kata tersebut? Pasti tentang ramalan bukan? Konon, ramalan zodiak hingga saat ini masih digandrungi oleh publik, terutama kawula muda. Benarkah demikian? Yuk kita intip melalui Media Monitoring Netray.

  • Statistik Zodiak di Twitter
  • Alasan Zodiak Masih Digandrungi
  • Pisces dan Aries
  • Taurus dan Gemini
  • Cancer dan Leo
  • Virgo dan Libra
  • Scorpio dan Sagitarius

Dari statistik di atas terlihat perbincangan terkait kata kunci zodiak di kanal Twitter bahkan menyentuh hampir 17 juta impresi dari total tweets sebanyak 6.281 selama periode. Topik ini pun di-tweet-kan oleh lebih dari 3 ribu akun dengan jumlah potensi jangkauan mencapai 49 juta akun pengguna Twitter. Wow banyak juga ya.

Mengapa ramalan ini masih dipercaya bahkan ramai diperbincangkan? Meskipun terkesan abu-abu ternyata perbincangan tentang ramalan zodiak masih begitu menarik perhatian warganet. Apa sih yang membuat warganet masih antusias menge-tweet topik ini?

  1. Penasaran : Beberapa orang tentu saja penasaran dengan nasib mereka di masa datang. Jadi. ramalan adalah salah satu peredam penasaran ini.
  2. Barnum Effect : Fenomena psikologi ketika kamu menganggap akurat deskripsi mengenai diri kamu yang seolah deskripsi tersebut dikhususkan untuk kamu.
  3. Pembenaran atau disebut juga validasi subjektif. Dua peristiwa yang tidak terkait atau acak dianggap terkait karena keyakinan, harapan, atau hipotesis dari orang yang bersangkutan.

Setelah mengetahui alasan mengapa ramalan zodiak masih menjadi topik yang ramai diperbincangkan, sekarang yuk kita intip sejarah atau kisah mitologi di balik simbol 12 zodiak tersebut. Dan seperti apa zodiak tersebut dibahas warganet?

Zodiak Capricorn

Dewa alam Pan membantu Zeus melawan titans. Lalu dalam pertempuran tersebut, Pan melompat ke sungai untuk kabur dari kejaran Typhon. Tubuh bagian bawah Pan berubah menjadi ikan karena setengah badannya yang yang terendam.

Zodiak Aquarius

Ganymedes, pangeran tampan kesayang Zeus yang kemudian dijadikan juru minum pribadinya. Namun, Ganymedes kecewa dan mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap Zeus, yang akhirnya membuat Zeus murka dan hendak menghukumnya. Namun, Zeus sadar akan kejahatannya tersebut dan memberikan Ganymedes sebuat tempat di rasi bintang sebagai gantinya. 

Zodiak Pisces

Untuk lari dari kejaran Typhon, Dewi Aprodhite dan anaknya, Eros, menyelam ke dalam samudra dan menyamar sebagai ikan. Karena merasa tertolong, Aprodhite memberikan sebuah kehormatan dengan meletakkan sosok ikan dalam sebuah rasi bintang.

Zodiak Aries

Peri awan Naphele mengirim Chrysomallus (domba jantan berbulu emas) untuk menyelamatkan kedua anaknya, Phrixus dan Helle. Sebagai gantinya, Chrysomallus meminta Phrixus untuk menggantungkan bulu emasnya di hutan belukar dan ia pun terbang untuk mengorbankan dirinya bagi para dewa. 

Zodiak Taurus

Zeus yang sangat tertarik dengan putri cantik bernama Europa, mengubah dirinya menjadi banteng putih bertanduk emas. Karena tertarik, Europa pun menaiki banteng tersebut dan Zeus membawanya ke wilayah Crete. Namun, di sana Zeus mengubah dirinya menjadi elang lalu memperkosa Europa.

Zodiak Gemini

Ratu Sparta memiliki anak kembar dengan ayah yang berbeda, Pollux berayahkan Zeus dan Castor berayahkan Tyndorus. Dalam pertempuran, Castor gugur dan Polluz pun menjadi putus asa. Melihat hal tersebut, Zeus membuat Castor menjadi abadi dengan seperi Pollux di langit. 

Zodiak Cancer

Dewi Hera mengirimkan kepiting raksasa kepada Hercules untuk membantu Hydra. Meski kepiting tersebut sempat membuat kesakitan Hercules, namun ia kalah. Dan Hera memberikan tempat istimewa bagi kepiting tersebut di sebuah rasi bintang. 

Zodiak Leo

Seekor singa berbulu emas yang memiliki kulit kebal terhadap senjata tajam apapun, Nemean, berhasil dibunuh oleh Hercules. Zeus menempatkan Nemean di langit sebagai bukti penaklukannya

Zodiak Virgo

Dewi Astrea ditempatkan di rasi bintang sebagai bentuk peringatan hilangnya kesucian, kepolosan, dan kemurnian di bumi akibat ulah Pandora yang membuka kotak terlarang. 

Zodiak Libra

Dewi keadilan, Themis, ibunda Dewi Astrea diletakkan berdampingan dengan Virgo. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa keadilan dan kebenaran adalah hal penting dalam kehidupan. 

Zodiak Scorpio

Orion, putra Poseidon, berniat untuk membunuh semua hewan di bumi. Gaia yang benci dengan hal tersebut pun mengirimkan kalajengking raksasa yang akhirnya mampu mengalahkan Orion. 

Zodiak Sagitarius

Chiron yang memiliki keabadian harus merasakan rasa sakit yang luar biasa akibat panah racun. Lalu, ia menggantikan posisi Prometheus, pencipta manusia yang terkurung. Atas sikap kepahlawannya ini, Zeus memberikan kehormatan baginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: