WNA China Tiba di Indonesia, Saat Masyarakat Dilarang Mudik!

WNA China

Beberapa waktu belakangan tibanya sejumlah WNA China di Indonesia di tengah penerapan larangan mudik menjadi perbincangan hangat masyarakat. Larangan mudik masih terus menuai pro dan kontra di masyarakat. Hari Raya Idul Fitri telah menjadi momen untuk para perantau pulang ke kampung halaman mereka. Seperti halnya pada tahun lalu, larangan mudik pada tahun ini masih diberlakukan bahkan dengan aturan yang lebih ketat. Sayangnya, aturan ini masih terus menuai pro dan kontra di masyarakat. Terlebih saat terdengar kabar tibanya ratusan WNA China di Indonesia saat larangan mudik tengan diberlakukan. Hal ini kemudian menjadi perbincangan hangat masyarakat dan warganet Twitter. Simak hasil pantauan Media Monitoring Netray.

WNA China

Netray memantau perbincangan warganet terkait topik ini sejak 28 April 2021 sampai dengan 10 Mei 2021. Selama periode tersebut terlihat total cuitan perbincangan warganet terkait topik ini mencapai 6.901 cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi mencapai 1.1 juta dengan menjangkau sebanyak 91.1 juta akun.

Tibanya sejumlah WNA China di Indonesia pada masa larangan mudik menuai polemik di masyarakat. Tak hanya itu, topik ini pun menjadi perbincangan hangat warganet Twitter yang ramai mengomentari hal tersebut. Sejumlah warganet pun bertanya-tanya mengapa WNA dapat masuk ke Indonesia saat masa pandemi yang terus berlangsung dan sejumlah cara tengah diupayakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Dari fitur Top Words dapat diamati sejumlah kosakata yang kerap digunakan warganet dalam perbincangan seputar topik ini seperti, diskriminasi, kedatangan, bandara, rakyat, dilarang, dan beberapa kosa kata lainnya. Bahkan terlihat satu tagar yang diusung yakni #inadaruratkeadilan. Warganet menilai masuknya sejumlah WNA China ke Indonesia di masa pandemi merupakan bentuk ketidakadilan sementara rakyat Indonesia dilarang melakukan mudik atau perjalanan ke luar kota.

WNA China Terus Berdatangan di Masa Larangan Mudik Berlangsung

Sebelumnya, terdapat video yang tersebar terkait adanya puluhan warga China di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa 4 Mei 2021. Sampai saat ini jumlah WNA China tersebut mencapai 160 orang. Dalam video tersebut tampak WNA China langsung dijemput menggunakan bus setibanya di bandara. Hal ini kemudian menjadi polemik dan perbincangan hangat warganet.

Aturan larangan mudik sejak tahun lalu memang selalu menuai polemik, terlebih saat ini tengah diberlakukannya aturan yang lebih ketat. Namun, dikabarkan sejumlah WNA China justru berdatangan. Terlihat sebagian warganet menilai hal ini merupakan bentuk ketidakadilan pemerintah. Tak hanya itu, sebagian warganet pun tak habis pikir dengan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan WNA China tersebut masuk ke Indonesia.

Beredarnya pemberitaan dan perbincangan yang semakin luas membuat pemerintah akhirnya angkat suara. Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Jhoni Ginting menyatakan bahwa kedatangan WNA China itu hanya untuk kepentingan bekerja di proyek strategis nasional. Ia mengatakan bahwa kedatangan para WNA ke Indonesia hanya diizinkan untuk tujuan esensial, seperti bekerja di proyek strategis nasional, objek vital, penyatuan keluarga, bantuan medis dan kemanusiaan, serta kru alat angkut.

Ia juga menegaskan bahwa seluruh WNA asal Cina yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta sudah memenuhi aturan keimigrasian dan aturan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19. Namun, hal ini tak juga membuat emosi warganet mereda. Tidak sedikit dari mereka yang tetap menyindir pemerintah yang dinilai tidak adil kepada rakyatnya sendiri.

Warganet menilai persoalan ini cukup ironis, meski dengan alasan untuk pengerjaan proyek strategis nasional tidak seharusnya WNA China didatangkan di masa saat ini, saat pandemi dan aturan larangan mudik tengah diterapkan. Hal ini justru dapat menimbulkan kecemburuan sosial dan asumsi liar mayarakat.

Top Categories

Pada kategori Top Accounts terlihat akun portal pemberitaan daring @CNNIndonesia menempati urutan teratas diikuti dengan beberapa akun lainnya. Sementara itu, dalam monitoring account Netray terlihat sejumlah pemberitaan yang dimuat oleh CNN Indonesia melalui akunnya. Hal tersebut membuat CNN Indonesia menempati urutan teratas kategori akun populer topik ini.

Sementara itu, pada kategori Top People terlihat nama Joko Widodo menempati urutan pertama kategori ini. Selaku Presiden RI namanya menjadi nama tokoh paling banyak disebut warganet dalam perbincangan seputar topik ini. Selain itu, pada kategori Top Organizations terlihat China mendominasi beberapa urutan kategori ini. Hal tersebut sesuai dengan topik utama pembahasan yang melibatkan China sebagai entitas utama perbincangan warganet.

Demikian hasil pantauan Netray simak informasi terkini lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: