Warganet Nobar “The End Game” Kesaksian Gugurnya Pegawai KPK Menempuh TWK

Belum lama ini Watchdoc merilis film dokumenter bertajuk KPK “The End Game” babak terakhir melawan korupsi. Film besutan Dandhy Laksono ini mengangkat kesaksian dari para pegawai KPK yang dinyatakan gagal dalam menempuh Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Film yang resmi dirilis pada 13 Juni 2021 di kanal Youtube milik Watchdoc ini pun mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Antusiasme ini pun dapat disaksikan pada media sosial Twitter yang ramai dengan perbincangan terkait topik ini. Hal tersebut dapat diamati melalui hasil pantauan Media Monitoring Netray berikut ini.

the end game

Netray mengamati perbincangan warganet terkait topik ini sejak 01 Juni 2021 sampai dengan 15 Juni 2021. Melalui pantauan tersebut ditemukan sebanyak 1.403 total tweets dengan didominasi oleh tweets bersentimen negatif. Adapun impresi pada topik ini mencapai 110.2K dengan menjangkau lebih dari 23.3M akun. Sementara itu, melalui grafik di bawah terlihat intensitas perbincangan warganet terkait topik ini selama periode pantauan Netray.

Perbincangan terkait “The End Game” terlihat mulai mencuat sejak 06 Juni 2021 dan puncaknya terjadi pada 14 Juni 2021. Sebelumnya, revisi Undang-Undang KPK mengalami penolakan hingga demonstrasi di berbagai wilayah di Indonesia namun akhirnya resmi disahkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Hal ini yang kemudian memicu polemik baru dan kini mengakibatkan dipecatnya 75 pegawai KPK dengan dalih tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan. Peristiwa tersebut pun menyisakan tanya, mengingat salah satu pegawai yang dinyatakan tidak lolos tes tersebut merupakan Penyidik Senior KPK yaitu Novel Baswedan. Warganet yang penasaran akan hal tersebut pun antusias untuk menyaksikan langsung dokumenter kesaksian para pegawai yang tersingkirkan tersebut.

Bila diamati melalui Top Words di atas terlihat beberapa kosa kata yang digunakan warganet dalam membahas isu seputar topik ini, seperti nobar, watchdoc, pelemahan, keren dan beberapa kosa kata lainnya. Selain itu, pada Top Words di atas juga terlihat beberapa tagar yang digunakan warganet, seperti belumlulustwk, kpkendgame, beranijujurpecat, dan theendgame.

Nonton “The End Game” Warganet: Kenyataan Yang Menyedihkan

Dipecatnya 75 pegawai KPK merupakan dampak langsung dari disahkannya revisi Undang-Undang KPK beberapa waktu lalu. Pasalnya, dalam aturan perundang-undangan yang kontroversial tersebut para pegawai KPK akan berubah status menjadi aparatur sipil negara. Dengan dalih tersebut lah TWK dilaksanakan yang merujuk pada Undang-Undang setelah revisi, yaitu UU no 19 tahun 2019 pasal 1 ayat 6 yang menyebutkan bahwa “Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi adalah aparatur sipil negara sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai aparatur sipil negara.”

Sayangnya, banyak pertanyaan saat TWK yang tidak memiliki hubungan dengan pemberantasan korupsi. Bahkan tuduhan radikalisme justru dikoarkan ke publik. Hal tersebut menjadi janggal hingga banyak pihak yang menduga bahwa TWK hanyalah alat untuk menyingkirkan sebagian pegawai lembaga tersebut. Momen inilah yang akhirnya ditangkap oleh Watchdoc yang sebelumnya dikenal luas oleh publik dan kontroversi melalui film Sexykiller pada 2019.

Melalui beberapa tweets di atas terlihat impresi warganet setelah menyaksikan The End Game”. Warganet mengungkapkan kesedihan akan kenyataan korupsi yang terjadi di negeri ini. Tak hanya itu, bahkan The End Game berhasil mengundang keresahan yang mendalam dan menguak fakta terkait isu dilemahkannya KPK dengan berbagai cara, termasuk melalui Undang-Undang.

Gelar Nobar “The End Game” Watchdoc Laporkan Alami Akun Diretas

Sebelum dirilis melalui kanal resmi Youtube Watchdoc, nobar The End Game telah dilaksanakan di beberapa tempat, termasuk di KPK yang digelar oleh Novel Baswedan dan kawan-kawan pada 07 Juni 2021. Namun, sebelum nobar tersebut dilaksanakan tepatnya pada 06 Juni 2021 akun Twitter dan Instagram Watchdoc pun sempat dibajak. Hal ini juga menjadi kejanggalan yang dipertanyakan oleh warganet.

Tak hanya diambil alih, pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut juga menghapus seluruh tweets yang telah diunggah akun Watchdoc. Selain Watchdoc, panitia nobar The End Game Pontianak juga melaporkan alami sejumlah teror. Dilansir dari laman Tempo.co Jaringan Masyarakat Sipil Nasional menyatakan keprihatinan terhadap berbagai upaya peretasan terhadap anggota Gerakan Antikorupsi (Gertak) Kalimantan Barat saat menyelenggarakan nonton bareng atau nobar film dokumenter KPK End Game. Beberapa anggota Gertak mengalami upaya peretasan, food bombing, penyebaran data pribadi (doxing), hingga teror digital berupa telepon (robocall) dari berbagai nomor tidak dikenal. Hal ini tak hanya bukti lain kejanggalan dari pelemahan KPK namun juga mengancam kebebasan demokrasi masyarakat Indonesia.

Top Categories

Pada kategori Top Accounts terlihat @amnestyindo menempati urutan teratas kategori ini diikuti oleh beberapa akun lainnya, termasuk @LBH_Jakarta dan @YLBHI. Sementara itu, pada kategori Top Organization terlihat KPK menjadi organisasi yang paling banyak diperbincangkan oleh warganet. Hal ini sesuai dengan topik The End Game yang membahas isu pada lembaga tersebut.

Pada kategori Top Complaints terlihat beberapa kosa kata yang kerap digunakan warganet yaitu down, korupsi, dibajak, serta beberapa keluhan lainnya. Berdasarkan penelusuran Netray, kata down berkaitan dengan tweets warganet yang mengajak untuk segera menyaksikan film The End Game di yang telah dirilis di Youtube karena dikhawatirkan konten tersebut berpotensi di take down atau menghilang.

Setelah “Sexykiller” pada 2019 yang menjadi kontroversi kini Wacthdoc kembali merilis film dokumenter “The End Game”. Film tersebut ramai menjadi perbincangan warganet yang kecewa akan dipecatnya 75 pegawai KPK yang dinilai janggal. The End Game mendapat sambutan hangat dari warganet meski harus merasa sedih menerima kenyataan bahwa negara ini dikuasai oleh para koruptor yang ingin melumpuhkan dan melemahkan KPK

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: