Warganet Heboh! Gim PES Rebranding Jadi eFootball

PES 2021

Pecinta video gim tanah air, khususnya permainan olahraga virtual sepakbola, dibuat heboh oleh salah satu franchise terkenal yaitu Pro Evolution Soccer (PES) besutan Konami. Kabarnya gim tersebut melakukan rebranding dengan mengubah nama menjadi eFootball. Apabila dulu gim ini dimainkan secara single player experience, sekarang eFootball PES berganti menjadi gim free to play secara online. Lantas seperti apa kehebohan warganet Twitter melihat perubahan ini? Simak infografik dari Netray berikut ini.

  • PES 2021
  • Statistik Pemantauan
  • Nostalgia dan Kecewa
  • Top Account
  • Media Populer
  • Penutup

Perbincangan tentang rebranding PES mulai muncul pada hari Rabu 21 Juli 2021 menjelang sore hari. Informasi perubahan ini diketahui oleh akun @virtualballers saat menilik laman akun resmi PES di Twitter. Konami terlihat sudah mengganti username gim mereka menjadi eFootball tanpa ada embel-embel nama “PES” di belakangnya.

Statistik Pemantauan

Sejak perbincangan rebranding PES mulai menanjak di linimasa, warganet telah mengirim 1,884 twit dengan kata kunci hingga akhir periode pemantauan. Sebanyak 370 twit menyambut perubahan tersebut dengan sentimen positif. Sedangkan 445 twit lainnya ditulis dengan sentimen negatif. Perbincangan mencapai volume tertinggi yaitu 529 ribu total impresi dan secara potensial dapat menjangkau 45,3 juta akun Twitter.

Nostalgia dan Kecewa

Menceritakan nostalgia bermain gim PES dengan diimbuhi tagar RIP PES menjadi respon yang paling umum warganet Indonesia mendengar proyek eFootball Konami. Respon tersebut kerap ditemukan dalam twit dengan sentimen positif. Sebaliknya untuk sentimen negatif, Netray sering menemukan ungkapan rasa kecewa karena tidak bisa melanjutkan gim yang selama ini sudah nyaman warganet mainkan.

Top Accounts

Wacana rebranding PES memunculkan sejumlah akun sebagai episentrum perbincangan. Terlihat dalam grafik Top Accounts, akun @FaktaSepakbola mendapat respon terbanyak dari warganet. Disusul dengan akun @idextratime, @virtualballers, hingga @panditfootball. Hampir keseluruhan akun yang berada dalam grafik ini adalah akun non-perseorangan.

Penutup

Perubahan brand (rebranding) yang dilakukan Konami terhadap gim PES mereka menjadi eFootball mendapat sambutan yang cukup seragam dari warganet pecinta gim olahraga virtual sepakbola. Usia gim yang tergolong klasik membuat warganet bernostalgia kala mereka masih memainkan gim ini. Sembari mengucapkan kata perpisahan dengan menulis RIP PES pada twit mereka. Ada yang tertarik memainkan gim ini kedepannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: