Warganet dan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) berdasarkan amanat UU NO. 24/2011. BPJS Kesehatan merupakan salah satu dari lima program Sistem Jaminan Sosial Nasional yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. BPJS Kesehatan merupakan salah satu bentuk dari Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Sebelumnya BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan dahulu bernama Jamsostek. Sebagai BHMN BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan tugasnya langsung dipertanggung jawabkan kepada Kepala Negara atau Presiden.

Netray memantau laman Facebook akun BPJS Kesehatan untuk menemukan bagaimana tanggapan dari warganet terhadap BPJS Kesehatan. Monitoring tersebut dimulai 01 Maret 2020 s.d 20 Maret 2020

Gambar di atas menunjukan hasil laporan selama periode monitoring Netray. Berdasarkan hasil pantauan tersebut ditemukan 30 postingan dengan jumlah menyukai mencapai 111.1k dan postingan tersebut didominasi sentimen positif.

Adapun Peak Time Post terjadi pada tanggal 02 Maret 2020 pukul 17:00. Pada tanggal tersebut terdapat 3 postingan dengan 1 bersentimen positive dan 2 diantaranya neutral. Sedangkan Peak Time Comment terjadi pada 09 Maret 2020 dengan total 149 comment,  38 Sentiment Positive, 70 Sentiment Neutral, dan 41 Sentiment Negative. Peak Time Comment tersebut terjadi pukul 18:00. Berikut grafik sentiment trend post dan sentiment trend comment.

Laman BPJS Kesehatan pada 02 Maret 2020 juga mengunggah terkait pencegahan penyebaran COVID-19 dan pada 09 Maret 2020 mengunggah jumlah peserta JKN-KIS. Kedua unggahan tersebut menjadi pemicu terjadinya peak time post dan peak time comment pada tanggal tersebut.

Tidak hanya isu terkait COVID-19 melainkan juga perbincangan terkait batalnya kenaikan iuran BPJS yang ditetapkan oleh MA menjadi topik perbincangan warganet di laman tersebut. Tidak sedikit warganet bertanya terkait keabsahan pemberitaan tersebut.

Selain memantau laman BPJS Kesehatan di Facebook, Netray juga memantau tiga grup berbagi informasi di Facebook terkait BPJS Kesehatan. Ketiga akun tersebut memuat diskusi terkait informasi mengenai BPJS Kesehatan.

Berdasarkan pantauan Netray, grup BPJS Kesehatan (Tanya Jawab Seputar JKN) menjadi grup yang memiliki total member terbanyak. Selain memiliki jumlah member terbanyak grup tersebut juga menjadi grup yang memiliki total unggahan mencapai 667 unggahan selama masa periode pantauan Netray. Grup sharing tersebut menjadi ruang publik untuk warganet yang ingin bertanya dan berbagi informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan.

Dengan menggunakan kata kunci ketiga grup tersebut dan satu laman BPJS Kesehatan Netray menemukan 5 Topik terkait BPJS Kesehatan dengan Top Words pada setiap topik. Topik 2 menjadi topik yang memiliki persentase pembahasan terbesar, yakni dengan total 45%.

Melalui pantauan Netray dalam Topik 2 ditemukan perbincangan dengan didominasi bersentimen negatif dengan Top Tag ditempati oleh Kritik. Dengan demikian hal tersebut sesuai dengan sentimen negatif yang mendominasi topik tersebut.

BPJS Kesehatan menjadi Top Entity dan Top Page pada topik ini. Laman BPJS Kesehatan memiliki peran untuk membagikan informasi kepada warganet Facebook.

Finance Insurance menjadi Top Category dalam pembahasan terkait BPJS Kesehatan. Adapun Top Grup pada topik ini ditempati oleh BPJS Kesehatan (Tanya Jawab Seputar JKN). Berdasarkan pantauan Netray grup tersebut menjadi grup paling aktif membagikan informasi. Meski bukan merupakan grup resmi, grup tersebut memiliki jumlah member terbanyak.

Pertanyaan seputar pelayanan dan fasilitas terkait BPJS Kesehatan menjadi pembahasan oleh warganet yang membutuhkan informasi. Dengan adanya ruang grup tersebut memudahkan masyarakat untuk saling bertukar informasi seputar BPJS Kesehatan. Hal tersebut terlihat melalui Top Post pantauan Netray.

Selain bertukar informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan, warganet Facebook juga banyak membahas terkait topik terkini, seperti halnya Virus Corona yang penyebarannya tengah meluas di Indonesia, selain topik tersebut batalnya kenaikan iuran BPJS oleh MA juga menjadi perbincangan hangat warganet Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: