“Twitter Please do Your Magic” Mantra Ajaib Sejuta Manfaat

Twitter Please do Your Magic monitoring Netray

Seberapa sering kalian menemui atau bahkan menggunakan istilah Twitter Please do Your Magic? Biasanya digunakan untuk apa aja sih? Lalu, sehebat apa mantra ini sehingga banyak digunakan masyarakat Twitter? Netray akan mencoba merangkum tren Twitter Please do Your Magic dalam infografik khusus untukmu berikut ini. Kuy simak biar makin paham!

  • Sejak Kapan Sih Twitter Please do Your Magic Muncul
  • Eksistensi Twitter Please do Your Magic
  • Magic Twitter Sejuta Manfaat
  • Orang Hilang Paling Banyak Dicari

Mengenal Apa itu Twitter Please do Your Magic dan Sejak Kapan Istilah ini Digunakan?

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, do your magic berarti ‘lakukan keajaibanmu’. Maka dalam istilah Twitter do Your Magic (TPdYM), warganet bermaksud meminta Twitter untuk melakukan keajaiban atas sebuah perkara atau suatu hal yang sedang dihadapi.

Dari pengamatan Netray, istilah ini mulai muncul di platform Twitter sejak tahun 2018 yang diinisiasi oleh akun Twitter berbahasa Inggris. Baru kemudian turut ramai digunakan warga Twitter Indonesia sejak September hingga saat ini. Biasanya, warganet menggunakan istilah ini ketika ingin meminta tolong kepada orang lain di dunia maya yang mungkin bisa membantu menyelesaikan masalahnya. Popularitas TPdYM semakin naik ketika sejumlah masalah terpecahkan atau tweet ini terbukti memberi dampak pada penulisnya, seperti orang membeli dagangan, sumbangan, atau membantu menemukan barang hingga orang hilang.

Seberapa sering warganet menggunakan TPdYM?

Netray melakukan penelusuran untuk melihat seberapa besar eksistensi TPdYM di Twitter dengan melihat frekuensi penggunaan mantra ini dalam kurun waktu 2 minggu terakhir (14-25 Oktober 2021). Kata kunci ini muncul dalam tweet warganet setiap harinya hingga 18,8 ribu tweet selama periode pemantauan. Angka impresinya jauh lebih besar ketimbang potential reach. Artinya tweet yang menggunakan kata kunci ini selalu menarik interaksi antar warganet Twitter, meski hanya di-tweet oleh akun yang tidak potensial atau akun kecil. Jadi, siapapun tetap dapat memanfaatkan keajaiban mantra ini meski hanya punya sedikit followers.

Magic Twitter Sejuta Manfaat

Mantra Twitter Please do Your Magic ini biasa digunakan untuk melaporkan barang/hewan peliharaan/orang hilang, peristiwa bullying, meminta sumbangan, donor, mencari pekerjaan, jodoh dan menjual sesuatu yang sifatnya dadakan atau kadangkala menawarkan jualan orang lain yang dirasa tengah kesulitan.

Orang Hilang Paling Banyak Dilaporkan

Banyak warganet yang mengaku ikut melakukan aksi TPdYM untuk mencari keluarganya yang hilang bertahun-tahun karena usahanya melapor ke polisi tidak ada hasil. Twitter dianggap sebagai jalan terakhir yang barangkali dapat membuahkan hasil. Dari pantauan Neray, pencarian orang hilang paling banyak mengisi kata kunci tersebut.

Setidaknya Sudah Berusaha, Kalo Berhasil ya Bonus

Mantra do your magic ini tidak mutlak selalu memberikan apa yang ingin dicari atau dibutuhkan oleh netizen. Tapi setidaknya, lewat jalan ini netizen merasa telah berusaha. Hal yang dapat diamati adalah mantra ini terbukti berpengaruh menarik banyak impresi atau mendapat perhatian di jagat maya. Bahkan, dalam beberapa kasus ada yang berhasil memetik keajaibannya. 

Penutup

Sejak 2018 hingga saat ini eksistensi do your magic Twitter kian populer. Apalagi ketika ada kasus yang berhasil terpecahkan, baik orang hilang yang dipertemukan, sumbangan terkumpul, atau sekedar mendapat dukungan dari sesama warganet. Hal tersebutlah yang kemudian membuat warganet lain turut mencoba peruntungan mencari keluarganya yang hilang meski telah bertahun-tahun silam. 

Nah, kalau kamu gimana? Bertahun-tahun jadi netizen udah pernah belum pakai mantra ini? Kalau sudah apa sih yang dicari? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: