Tren Pembahasan Produk Perbankan di Twitter Selama Januari

Bank memiliki fungsi utama untuk menghimpun dan menyalurkan dana. Selaras dengan hal tersebut, munculah beragam produk perbankan dengan berbagai manfaat yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat, seperti layanan kredit, transfer, tabungan, uang elektronik, deposito, maupun giro. Masing-masing produk bank tersebut memiliki keunggulan dan tingkat risiko yang berbeda-beda sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkannya dengan bijak.

Netray memantau respon masyarakat terhadap beberapa produk bank yang beredar di masyarakat selama bulan Januari 2020. Dari pantauan ini, dapat diketahui jenis produk bank yang sedang ramai dibahas dan bagaimana perkembangan topik tersebut selama bulan Januari 2020. Berikut pantauan Netray.

Kata Kunci

Netray memantau beberapa produk bank seperti berikut; e-money, deposito, internet banking, kartu kredit, kpr, kredit bank, mobile banking, pinjaman online (pinjol), reksa dana, dan sms banking.

Top Words

Berikut adalah kumpulan kosakata populer yang paling sering muncul dalam cuitan warganet ketika membahas produk bank selama bulan Januari 2020.

Kata deposito, kredit, kartu, dana, bank, reksa, investasi, saham, banking, dan pinjol menjadi Top 10 kata yang paling banyak muncul. Apabila dikaitkan dengan produk bank, dapat disimpulkan sementara bahwa, deposito, kartu kredit, reksa dana, mobile banking, pinjol merupakan produk bank yang paling sering dibicarakan warganet Twitter selama bulan Januari 2020. Lebih jelasnya, berikut uraian Netray untuk 5 produk perbankan yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

1. Deposito

Deposito merupakan produk simpanan sejenis investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dengan jangka waktu tertentu. Sebagai ganti dari tingkat bunga yang cukup tinggi, dalam jangka waktu tersebut pemilik deposito sepakat untuk tidak menarik atau mengakses uang yang didepositokan. Deposito menjadi produk bank yang paling banyak dibicarakan warganet selama bulan Januari 2020. Berikut infografik pembahasan topik deposito di Twitter.

Pembahasan topik deposito mengalami naik turun yang cukup fluktuatif selama bulan Januari 2020. Meskipun secara umum sentimen positif lebih banyak daripada sentimen negatifnya, pergerakan sentimen tidak selalu didominasi oleh sentimen positif.

Topik deposito sering muncul ketika warganet membahas daftar keinginan, seperti pada 1 Januari ketika warganet membahas resolusi 2020 hingga pada 11 Januari ketika akun @ohmybeautybank menanyakan barang apa saja yang diinginkan warganet dalam seserahan. 

Pada pertengahan Januari, topik ini banyak dibahas dengan muatan negatif. Hal ini terkait isu korupsi yang sedang marak berhembus selama bulan Januari, seperti Jiwasraya hingga Asabri. Warganet khawatir isu korupsi tersebut akan berdampak pada deposito milik nasabah.

Bahkan, muncul pula kasus dugaan korupsi aset deposito yang menyangkut beberapa bank sehingga menambah keruh kekhawatiran warganet terkait kelancaraan berinvestasi melalui deposito.

2. Kartu Kredit

Selain deposito, produk bank yang sering dibicarakan warganet pada bulan Januari adalah kartu kredit. Produk bank ini juga banyak diminati karena nasabah dapat menggunakannya sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai dengan sistem meminjam bank terlebih dahulu. Berikut infografik pembahasan topik kartu kredit di Twitter.

Topik kartu kredit hampir selalu didominasi oleh sentimen negatif selama bulan Januari 2020. Pergerakan topik ini mulai mengalami peningkatan pada 28 Januari hingga memuncak pada 31 Januari 2020 dengan sentimen negatif jauh mengungguli sentimen positif.

Pada 31 Januari, warganet banyak membahas topik kartu kredit dengan tagar #FIFADAsemuapastiada. Tagar tersebut diinisiasi oleh e-commerce FIFADA yang memberikan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit.

This image has an empty alt attribute; its file name is xEH2vTKWfle2ievUG1XFflIKbkfli2p7YQpaXRKc3VGK75WrrLYXWnYLRsck70VC6Wao6vXCH0PCk4bEn9AX-PkQH0ckTTgL7u50e0uN0hxbxdpA1bCG_vcnipzCDOP7Ftuve5RF

Cuitan negatif warganet terkait kartu kredit cukup banyak pada akhir Januari. Hal ini terkait pengalaman buruk warganet yang pernah menggunakan kartu kredit sehingga memutuskan untuk tidak menggunakannya lagi.

This image has an empty alt attribute; its file name is giebWENGcPdubCQS5hy-si28MoIDlul5m1DSXsK4WSGwxdqBEelbTlDvCyMWdjHQSzm_F-Bl3Rv1AnjUvE0FGM2ci__ZtNx4kLLouputyldYISqEnDrZ4eaJvqfv9-AUomGLB6ra
This image has an empty alt attribute; its file name is image-15.png

Meskipun demikian, tetap ada saja warganet yang tertarik untuk membuat kartu kredit seperti berikut.

3. KPR

Produk perbankan yang juga menarik perhatian warganet adalah KPR. KRR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan fasilitas pembiayaan berupa kredit untuk memiliki rumah. Berikut infografik pembahasan topik KPR di Twitter pada bulan Januari.

Pembahasan topik KPR mengalami peningkatan pada 28 Januari hingga memuncak pada 29 Januari 2020 dengan sentimen positif jauh mengungguli sentimen negatif. Namun sentimen negatif mengambil alih mengungguli sentimen positif pada 30-31 Januari 2020.

Topik terkait KPR naik pada 29 Januari terkait isu penghapusan DP Rp 0 pada KPR yang disampaikan oleh Erick Thohir dalam sebuah podcast yang dibagikan oleh akun media @detikfinance.

Sentimen negatif untuk topik KPR memuncak pada 30 Januari terkait cuitan yang dibagikan oleh @tsatsiaaa. Cuitan ini mendapat banyak tanggapan warganet yang ingin ikut membagikan pengalamannya ketika mengambil KPR.

4. Reksa Dana

Sejak beberapa waktu terakhir, topik reksa dana juga menyita perhatian warganet. Layanan pengelolaan dana bagi sekumpulan investor dalam instrumen-instrumen investasi yang dapat dibeli melalui bank dan pasar modal ini juga sedang banyak dilirik selain deposito. Berikut pembahasan topik reksa dana pada bulan Januari 2020.

Topik reksa dana mengalami naik turun yang cukup signifikan. Dari kurva di atas terlihat bahwa sentimen positif dan negatif menyebar dan tidak saling mendominasi. Pada 9-12 Januari topik ini lebih banyak memuat sentimen positif. Hal ini terkait beberapa cuitan warganet yang membahas reksa dana sebagai salah satu investasi favorit.

Sementara di akhir Januari sentimen negatif justru lebih unggul daripada sentimen positif. Hal ini terkait isu saham gorengan yang kerap berhembus pada Januari seiring kasus Jiwasraya yang ramai dibicarakan pada Januari 2020.

5. Mobile Banking

Produk bank selanjutnya yang juga banyak disebut warganet selama bulan Januari 2020 adalah mobile banking. Mobile banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone. Total warganet membahas topik ini selama bulan Januari adalah 357 cuitan.

Topik mobile banking banyak memuat sentimen negatif. Topik ini banyak dibahas di akhir Januari dengan sentimen positif lebih unggul pada 29-30 Januari. Namun, sentimen negatif mengalami kenaikan tajam dan memuncak pada 31 Januari 2020 terkait layanan mobile banking yang sedang bermasalah.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-3.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-4.png

Penutup

Pada bulan Januari 2020, deposito masih menjadi trend pembahasan warganet Twitter terkait produk perbankan. Deposito hampir selalu masuk dalam daftar keinginan warganet, baik dalam resolusi awal tahun maupun tiap pertanyaan yang memuat daftar keinginan. Selain deposito, pembahasan warganet terkait produk perbankan juga tak lepas dari aktivitas kredit. Oleh karena itu, produk perkreditan yang ditawarkan bank seperti Kartu Kredit dan layanan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) banyak dibicarakan warganet. Kemudahan transaksi yang disuguhkan kartu kredit menjadi candu bagi peminatnya namun sekaligus menjadi momok bagi warganet yang takut terlilit utang karena tidak bisa memanfaatkannya dengan bijak. Begitu pula dengan KPR. Banyak warganet generasi muda yang mulai merencanakan KPR sebelum menikah sehingga diskusi terkait proses pengajuan hingga pengalaman buruk ber-KPR sering muncul dalam cuitan warganet.

Meskipun bukan murni produk perbankan, Reksa Dana kini juga banyak dilirik warganet. Kemudahan pembelian instrumen investasi melalui bank ini menjadi salah satu alasan Reksa Dana mulai banyak dibicarakan sebagai alternatif lain dari deposito. Begitu pula dengan layanan Mobile Banking yang semakin mempermudah para nasabah untuk mengecek saldo dan melakukan transfer tanpa harus ke bank atau ATM. Di era digital yang serba cepat ini, Mobile Banking semakin banyak diminati bahkan mampu menggeser peran SMS Banking maupun Internet Banking.

Demikian pantauan Netray terkait beberapa produk perbankan yang sedang menjadi tren pembahasan pada Januari 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: