Tren Investasi Emas di Masa Pandemi; Emas Antam Menjadi Primadona?

Investasi memang selalu menggiurkan, apalagi yang diinvestasikan emas antam atau emas batangan lainnya. Sebuah logam transisi lunak yang mengkilap dan kebanyakan berwarna kuning ini memang menjanjikan untuk dijadikan investasi masa depan. Sebab harga logam emas ini sedang berada di puncak, apalagi di masa pandemi seperti ini. Netray mencoba memonitoring terkait topik investasi emas logam pada media pemberitaan dan media sosial. Seperti apa media pemberitaan mengawal topik ini? Dan bagaimana antusias warganet membicarakan tren investasi emas ini ya? simak selengkapnya.

News Media Monitoring

Pemantauan dilakukan pada 11 Desember 2020-18 Desember 2020 dengan menggunakan keyword emas antam dan investasi emas, Netray berhasil menghimpun data sebanyak 206 artikel yang diberitakan oleh 43 portal berita. Pemberitaan ini dominasi oleh berita dengan kategori sport dan finance & insurance. Pemberitaan tentang harga emas ini mayoritas masuk ke dalam kategori tersebut, karena kenaikan harga emas berpengaruh pada inflasi ekonomi yang kemudian berdampak pada beberapa kegiatan. Seperti apa ya grafik persebaran topik berita ini.

Pergerakan grafik awal tanggal pemantauan terlihat tinggi dan kemudian menurun hingga mengalami kenaikan kembali di tengah tanggal pemantauan. Intensitas kurva pemberitaan positif lebih tinggi dari negatifnya dengan kecenderungan berita bernada netral. Hal tersebut memperlihatkan bahwa perkembangan terkait topik investasi emas ini menjanjikan dengan harganya yang terus mengalami kenaikan. Harga kenaikan emas antam yang menjadi primadona masyarakat untuk berinvestasi ini menjadi sorotan pemberitaan.

Pemberitaan di atas menyebutkan bahwa emas antam mengalami kenaikan sekitar Rp972.000,00 per 1 gram hampir mendekati angka satu juta. Emas batangan antam ini memang cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Sebab emas buatan PT. Aneka Tambang ini tidak mudah untuk dipalsukan. Selain ramai membicarakan harga emas antam, harga emas batangan lain yang dijual di Pegadaian juga menjadi sorotan. 

Hal tersebut karena PT. Pegadaian ini berani memberikan harga tinggi untuk emas batangan yang akan dijual di Pegadaian. Semenjak tanggal 16 Desember 2020 lalu, harga emas batangan atau emas antam masih dikisaran harga Rp970.000,00 di Pegadaian berani membeli emas antam atau emas batangan lain seharga Rp1.000.000,00. Kenaikan harga emas tersebut tidak hanya ramai pada media pemberitaan, namun juga di kalangan warganet Twitter. Seperti apa sih antusias warganet membahas investasi emas ini? 

Investasi Emas Antam di Kalangan Warganet

Perkembangan investasi emas tidak hanya menjadi sorotan media pemberitaan. Namun warga Twitter juga tergiur untuk berinvestasi emas batangan.  

Selama kurang lebih satu pekan pemantauan, topik terkait tren investasi emas ini memang ramai menjadi perbincangan warga Twitter. Dengan memasukan keyword emas, emas antam, dan investasi emas topik ini diperbincangkan sebanyak 12,005 cuitan oleh 5,342 akun Twitter. Impresi untuk topik ini terhitung tinggi dengan potential reach mencapai 110,5 juta kali. Hal ini menunjukkan warganet sangat tertarik untuk membahas tentang investasi yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Grafik pergerakan sentimen positifnya mengungguli sentimen negatifnya dengan kecenderungan isi cuitannya mengarah pada cuitan bersentimen positif. Pada grafik diatas, pada tanggal 18 Desember merupakan puncak data perolehan hasil monitoring. Pembahasan apa sih di tanggal tersebut? yuk simak. 

Pada puncak grafik di tanggal 18 Desember 2020, menjadi paling ramai diperbincangkan warganet karena adanya berita kenaikan harga emas Antam. Berita tersebut dituliskan oleh akun Twitter resmi portal berita. Seperti akun @CNNIndonesia yang menuliskan cuitan berupa informasi bahwa mulai tanggal 18 Desember 2020, harga emas Antam mengalami kenaikan menjadi Rp972.000,00.  Kemudian terdapat akun portal berita lain seperti @Liputan6dotcom dan @Republikaonline yang menuliskan cuitan yang sama tentang kenaikan harga emas tersebut. Cuitan akun Twitter resmi dari portal berita tersebut mendapat banyak respon dari warganet berupa like dan retweet. Berikut beberapa gambaran tanggapan warganet terkait topik ini. 

Akun dari @ceritatehfidy melempar cuitan pada warganet lain tentang ketertarikan investasi emas atau reksadana pasar uang. Kemudian cuitan lain berasal dari akun @Tommy_pounch yang menyebutkan bahwa investasi menabung emas sangatlah bagus karena nilai emas tidak akan mengalami penurunan akibat inflasi. Selanjutnya perbincangan warganet mengarah pada investasi emas Antam yang sedang naik daun. 

Perbincangan warganet pada contoh tersebut melempar pertanyaan retoris berupa emas antam yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat karena harganya yang melambung. Sontak hal tersebut memancing pendapat dari warganet lain terkait emas antam. Apalagi pernyataan akun @Rahma_Idza tersebut diperkuat oleh cuitan dari akun resmi emas Antam. Berikut salah satu contoh cuitannya. 

Akun resmi @LogamMuliaAntam menyebutkan bahwa emas Antam ini diproduksi dengan kadar kemurnian 99,99% sehingga emas ini memiliki kadar paling tinggi di kalangan emas lainnya. 

Respon warganet terlihat antusias dalam membahas topik ini. Banyak warganet yang kemudian memiliki keinginan untuk membeli emas Antam sebagai investasi tabungan. Akan tetapi, untuk membeli emas Antam ini juga diperlukan budget yang lumayan besar sehingga harus menabung terlebih dahulu bagi beberapa orang. Memanglah investasi emas merupakan salah satu bentuk tabungan masa depan yang cukup worth it. Hal itu karena harga emas akan terus mengalami kenaikan, kalaupun terjadi penurunan harga jualnya turun secara signifikan. Sekian analisis media monitoring Netray, terkait tren investasi emas. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: