Tren Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad; Tuai Kontra hingga Picu Argumen Mental Pengemis

Beberapa pekan ini, jagat maya kembali dihebohkan dengan sebuah permainan bernama Ikoy. Seperti diketahui Ikoy merupakan sebuah penamaan ajang bagi-bagi uang atau giveaway yang dilakukan oleh seorang influencer bernama lengkap Muhammad Arief Yakoeb atau dikenal sebagai Arief Muhammad Pocongg. Awal mula Arief Muhammad ingin mengadakan giveaway yang diperuntukan bagi para pengikutnya di media sosial Instagram. Namun tidak disangka, antusias warganet sangat luar biasa sehingga Ikoy menjadi sebuah tren dan viral di media sosial. Hal ini terbukti dengan trending-nya nama Arief Muhammad di Twitter pada 2 Agustus kemarin. 

Berkembangnya tren Ikoy-Ikoyan tersebut semakin merambat luas. Bahkan para warganet pengikut artis, selebgram ataupun influencer lainnya turut meminta idolanya untuk melakukan hal serupa seperti yang dilakukan Arief Muhammad. Akan tetapi, beberapa artis, selebgram, atau influencer merasa keberatan dengan permintaan para pengikutnya tersebut. Sontak perbincangan seputar tren Ikoy menuai pro dan kontra di kalangan para artis, influencer, selebgram dan warganet sendiri. 

Penasaran dengan antusias warganet membahas tentang Ikoy tersebut, Media Monitoring Netray mencoba melakukan pemantauan. Sebenarnya apa sih Ikoy itu? Dari mana asal muasal tren Ikoy-Ikoyan tersebut? Dan seperti apa keramaian tren Ikoy ini hingga menuai pro dan kontra? Simak ulasannya berikut ini. 

Melalui gambar Top Words di atas, secara garis besar perbincangan warganet selama periode pemantauan yakni seputar program giveaway dari Arief Muhammad yang diberi nama permainan Ikoy-Ikoyan. Hal itu terlihat dari kosakata arief, muhammad, ikoy, dan giveaway yang berukuran lebih besar daripada kosakata lainnya. Bagaimana statistik perbincangannya? 

Sepekan pemantauan dengan periode 28 Juli-3 Agustus 2021 tren Ikoy-ikoyan telah menarik perbincangan warganet sebanyak 12,487 tweets. Menggunakan kata kunci ikoy dan arief muhammad warganet mengulas tren ini di twitter hingga puncak perbincangannya terjadi pada 2 Agustus 2021 bertepatan dengan trending-nya topik tersebut. Persebaran tweets dengan sentimen positif dan negatif tidak terpaut begitu jauh. Meskipun demikian, tweets bernada positif tetap lebih unggul. 

Puncak Trending 2 Agustus 2021

Pada puncak trending, melalui fitur Tweet Populer terdapat akun @xxwhxy yang berkomentar kekesalannya atas tingkah laku beberapa warganet lainnya yang justru menyalahgunakan makna Ikoy-ikoy tersebut. Selain itu, akun @DragMuggle menilai semenjak adanya konten belas kasih tersebut standar kebaikan seseorang dipatok hanya dari kegiatan giveaway.  

Asal Muasal Tren Ikoy

Hasil pemantauan terlihat beberapa warganet belum mengetahui apa arti dari permainan Ikoy yang tengah tren di media sosial tersebut. Terlebih warganet membawa pembahasannya ke ranah Twitter hingga menempati trending. Berikut beberapa contoh tweets warganet yang mempertanyakan perihal Ikoy.

Sebenarnya Apa itu Ikoy? Darimana Asal Muasal Nama Ikoy?

Seperti telah disinggung sedikit di atas, Ikoy merupakan sebuah program atau permainan untuk berbagi uang yang dibuat oleh Arief Muhammad melalui akun Instagram pribadinya dengan sasaran yang diberi ialah para pengikutnya. Agar dapat mengikuti permainan Ikoy tersebut, kalian harus mengikuti akun instagram yang telah disediakan oleh Arief Muhammad, seperti akun Prepp Studio dan Billionaires Project. Selanjutnya pihak Arief Muhammad akan memilihnya secara acak sehingga tidak semua peserta yang mengikuti Ikoy akan menerima hadiah. 

Dilansir dari Media loop.co.id, sebenarnya Ikoy adalah nama seorang karyawan dari Arief Muhammad yang sering dijadikan perantara ketika Arief sedang melakukan program pemberian hadiah atau giveaway. Karyawan atau asisten pribadi dari Arief Muhammad tersebut memiliki nama asli Rizqi atau sering dipanggil Ikoy. Lantas program bagi-bagi hadiah kali ini oleh Arief Muhammad diberi nama Ikoy karena yang akan mentransfer hadiah kepada para pemenang ialah Rizqi atau Ikoy asisten pribadinya tersebut. 

Respons Positif Warganet untuk Ikoy 

Tren bagi-bagi uang tersebut disambut baik oleh warganet para pengikut akun instagram milik Arief Muhammad. 

Beberapa contoh gambar tweets di atas sebagian ialah warganet yang telah lama mengikuti Arief Muhammad. Ternyata Arief memang sering membagikan uang kepada para warganet sejak di Twitter melalui akun @pocongg. Tak heran apabila terdapat tweet warganet yang memuji kebaikan Arief karena dinilai konsisten melakukan giveaway di berbagai platform media sosial miliknya. Selain itu kegiatan berbagi ini secara tidak langsung juga menginspirasi warganet lainnya untuk bekerja keras agar dapat melakukan hal serupa. 

Argumen Pelit hingga Mental Pengemis Menghiasi Kontra Tren Ikoy 

Selain mendapat sambutan positif dari warganet, tren Ikoy juga banyak menerima sumbangan tweets negatif. Warganet berinisiatif meminta beberapa publik figur, selebgram ataupun para influencer untuk melakukan Ikoy-ikoyan seperti Arief Muhammad. Tentu hal itu membuat para publik figur atau influencer menjadi tidak nyaman, sebab tidak semua dari mereka ingin melakukan giveaway

Perdebatan tersebut memicu kontra di Twitter. Warganet mengungkapkan argumennya bahwa tren Ikoy-Ikoyan dinilai membangun mental pengemis. Selain itu, warganet juga merasa kesal karena beberapa warganet lain justru terkesan memaksa para artis untuk memberikan Ikoy. Hal itu yang menjadi dasar bahwa tren Ikoy sudah disalahgunakan dari niat awal Arief Muhammad. 

Top Akun dan Top Complaint

Kiri Top Akun by Populer
Kanan Top Komplain

Berdasarkan jajaran Top Accounts by Populer pada gambar sisi kiri memperlihatkan beberapa akun yang paling sering menyoroti topik seputar tren Ikoy. Akun-akun tersebut merupakan akun dengan platform jangkauan luas sehingga topik Ikoy semakin menggema di Twitter. 

Kemudian gambar sisi kanan merupakan jajaran Top Complaint. Beberapa kata komplain yang terangkum oleh Netray tersebut merupakan ungkapan hati warganet yang kontra atas tren Ikoy. Terlihat pada urutan pertama terdapat kalimat Ga ada empati, pelit, hingga kesel sebagai kata yang mencerminkan ketidaksetujuan.  

Gambar populer 

Gambar populer tersebut merupakan jepretan layar yang dibagikan warganet atas viralnya tren Ikoy di Instagram. Gambar-gambar tersebut merepresentasikan pro dan kontra. Gambar pro dapat dilihat dari unggahan jepretan layar dari story Instagram warganet yang telah menerima hadiah uang dari Arief Muhammad. Kemudian gambar kontra terlihat dari unggahan jepretan layar warganet yang mengirim pesan kepada para publik figur berdalih meminta Ikoy atau giveaway. 

Bagaimanapun pemberian hadiah secara cuma-cuma itu datang dari niat hati pribadi seseorang, tidak bisa dipaksa. Oleh karena itu, adanya tren Ikoy yang sempat membuat beberapa artis, selebgram, atau influencer merasa tidak nyaman karena teror permintaan dari warganet harus diberi pengertian.  

2 thoughts on “Tren Ikoy-Ikoyan Arief Muhammad; Tuai Kontra hingga Picu Argumen Mental Pengemis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: