Sabda Warganet Tentang Naik Turunnya Harga Tiket di Traveloka

Bulan Ramadan merupakan momen berkumpul dengan keluarga, apalagi untuk orang perantauan. Banyak orang berbondong-bondong membeli tiket untuk pulang tepat pada hari raya. Namun, ternyata kenaikan harga tiket pesawat sangat luar biasa, kenaikannya sangat tajam sekali. Kesempatan kali ini, akan menganalisis kenaikan harga tiket khususnya tiket pesawat. Pengambilan data menyoroti akun pembelian tiket online yaitu Traveloka. Rentang pengambilan data mulai 29 Maret 2019 sampai 29 April 2019. Sebulan dirasa cukup untuk menyoroti kenaikan harga tiket pesawat, kemudian penurunannya. Analisis kali ini hanya difokuskan pada kenaikan harga yang sangat tinggi, dan penurunan harga tersebut. Mulai kenaikan serta penurunannya akan terlihat jelas pada data yang akan disajikan seperti apa fluktuasi kenaikan dan penurunan harga tiket pesawat pada Traveloka.

Traveloka dipilih sebagai akun untuk dianalisis karena banyak warganet menggunakan aplikasi tersebut untuk membeli tiket. Oleh sebab itu banyak warganet mengaitkan cuitannya dalam akun tersebut. Selama sebulan pengambilan data difokuskan pada interaksi warganet dengan akun tersebut. Berikut gambar hasil cuitan warganet secara keseluruhan pada akun Traveloka.

Gambar 1. Total Keseluruhan Jumlah Cuitan Warganet pada Akun Traveloka

Gambar 1. merupakan data keseluruhan hasil cuitan warganet pada akun Traveloka dengan rentang periode pengambilan data selama satu bulan, 29 Maret 2019 sampai 29 April 2019. Sebanyak 6.118 total cuitan dengan rincian 2.151 sentimen positif dan 1.446 sentimen negatif. Warganet dengan jenis kelamin laki-laki jumlahnya lebih banyak daripada perempuan, rinciannya 3.775 laki-laki dan 1.226 perempuan.

Kenaikan harga pesawat sangat mempengaruhi jumlah cuitan yang masuk dan mendominasi. Pada kata kunci kenaikan harga tiket pesawat tersebut, warganet mendominasi dengan sentimen negatif. Berikut gambar data jumlah cuitan warganet untuk kenaikan harga tiket.

Gambar 2. Jumlah Cuitan Warganet pada Kenaikan Harga Tiket

Gambar 2. Terlihat bahwa dari keseluruhan jumlah cuitan ternyata sebanyak 582 ialah sentimen negatif, Berikut gambar data untuk memperlihatkan kurva sentimen positif dan negatif untuk kenaikan harga tiket.

Gambar 3. Kurva Sentimen Positif dan Negatif Kenaikan Harga Tiket

Gambar 3. memperlihatkan bahwa sentimen negatif lebih unggul daripada sentimen positif, untuk periode kenaikan harga tiket dengan puncaknya tanggal 18 April 2019. Puncak data sentimen dapat dilihat dari puncak seringnya warganet mengaitkan akun Traveloka pada setiap cuitannya. Berikut gambar data puncak aktifitas warganet pada periode kenaikan harga tiket.

Gambar 4. Grafik Aktifitas Warganet Kenaikan Harga Tiket

Gambar 4. memperlihatkan bahwa mulai tanggal 18 April 2019 grafiknya mengalami kenaikan dan penurunan secara fluktuatif. Tanggal 27 April 2019 merupakan puncak tertinggi aktifitas warganet.

Naiknya harga tiket memang membuat warganet resah, beberapa uraian kenaikan sudah dibahas di atas. Analisis berikutnya mengenai penurunan harga tiket. Berdasarkan data yang diperoleh bagaimana respon warganet mengenai turunnya harga tiket. Berikut gambar data jumlah cuitan mengenai penurunan harga tiket.

Gambar 5. Jumlah Cuitan Warganet pada Penurunan Harga Tiket

Gambar 5. memperlihatkan bahwa jumlah cuitan warganet sebanyak 4.848 total, rinciannya sebanyak 1.788 sentimen positif dan 857 sentimen negatif. Berbeda dengan data kenaikan harga tiket sebelumnya, kali ini ternyata warganet sangat senang dengan penurunan harga tiket. Hal tersebut terlihat jumlah sentimen positif jauh lebih banyak dibanding sentimen negatif, sekitar 1788 sentimen positif kemudian 857 sentimen negatif selisihnya 931 dari keduannya. Data cuitan tersebut akan mempengaruhi pergerakan kurva sentimen yang diperoleh. Berikut gambar data kurva sentimen penurunan harga tiket.

Gambar 6. Kurva Sentimen Positif dan Negatif Penurunan Harga Tiket

Gambar 6. memperlihatkan bahwa warganet sangat berbahagia dengan penurunan harga tiket. Berdasarkan kurva tersebut terlihat jelas bahwa sentimen positif memang mendominasi. Puncak dominasi terjadi pada tanggal 22 April 2019. Berikut grafik aktifitas warganet pada penurunan harga tiket.

Gambar 7. Grafik Aktifitas Warganet Penurunan Harga Tiket

Gambar 7. terlihat bahwa grafik pergerakan tidak terlalu signifikan seperti kenaikan harga. Grafik penurunan harga lebih bergerak konstan, tidak fluktuatif. Namun walaupun hampir sama periode tanggalnya, yaitu sekitar tanggal 20an April puncak aktifitasnya, tetapi berbeda dalam segi aktifitas cuitan bahasannya.

Sepanjang pengambilan data selama sebulan dapat dilihat bahwa warganet menyampaikan aspirasi kekecewaannya pada saat harga tiket naik. Setelah terjadi penurunan harga tiket, warganet sangat berbahagia, terbukti banyak cuitannya bersentimen positif dan sentimen negatif jauh di bawah sentimen positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: