Memantau Topik Libur Lebaran dalam Peliputan Media Massa Daring

libur lebaran

Berlibur ke lokasi wisata pasca Hari Raya Idul Fitri tanpa disadari telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Mumpung masih dalam suasana lebaran bersama keluarga tak ada salahnya menghibur diri sambil berelaksasi. Jantung-jantung destinasi wisata di sejumlah daerah kerap kali menjadi sangat ramai dikunjungi pelancong saat musim libur lebaran.

Media massa tentu tak akan melepaskan momentum semacam ini untuk berbagi informasi khusus. Salah satunya menerbitkan konten tentang tempat-tempat wisata yang patut didatangi pasca hari raya. Sangat mungkin apabila sudut pandang media massa terkait topik ini bisa lebih luas lagi. Maka dari itu Media Monitoring Netray ingin melihat bagaimana topik liburan pasca lebaran ini diberitakan oleh media massa daring nasional.

Dengan menggunakan kata kunci destinasi, lebaran, dan wisata, Netray mendapati beberapa fakta data yang menarik. Intensitas penerbitan konten yang berhubungan dengan libur lebaran cukup tinggi sejak akhir bulan lalu. Jumlah per harinya pun terus meningkat begitu menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Gambar 1. Liputan topik libur lebaran semakin ramai di akhir periode pemantauan

Total pemberitaan yang mengandung kata kunci selama 30 hari kebelakang juga cukup fantastis. Yakni di angka 1.725 artikel semenjak tanggal 24 Maret hingga 22 April 2022. Konteks pemberitaan pun cukup luas karena kategori “hotel&tourism” yang seharusnya menjadi kategori pemberitaan paling utama, ternyata hanya menyumbang 609 artikel saja. Perspektif pemberitaan terkait topik libur lebaran ini tersebar mulai dari kategori “government” hingga “education”.

libur lebaran
Gambar 2. Total berita dan kategori pemberitaan

Melihat sifat alami dari topik pemberitaan, sudut pandang positif sangat mendominasi perspektif media massa. Dengan perbandingan antara 1.231 artikel bersentimen positif sedangkan sentimen negatif hanya ditemukan dalam 67 artikel saja. Tak banyak data yang bisa dieksplorasi lebih jauh lagi terkait pemantauan trend sentiment.

Gambar 3. Trend sentimen cenderung positif

Borobudur dan Bali Tetap Jadi Primadona Libur Lebaran

Lantas apa saja isu atau topik yang paling sering media massa tulis perihal libur lebaran tahun ini? Berdasarkan temuan di grafik Top Words, wisata Candi Borobudur di Magelang dan wisata di Yogyakarta masih menjadi primadona bagi pemudik. Pilihan ini menjadi masuk akal mengingat arus pemudik terbesar diketahui berasal dari wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Gambar 4. Insight dari grafik Top Words

Selain itu terdapat faktor lain yang membuat entitas wisata Candi Borobudur melambung di media daring yakni kunjungan Wapres Ma’ruf Amin pada akhir bulan lalu. Tujuan kedatangan Ma’ruf Amin adalah mengecek kesiapan pengelola tempat tersebut menjelang libur lebaran 2022. Wapres saat itu juga didampingi Gubernur Ganjar Pranowo.

Gambar 5. Kunjungan Ma’ruf Amin di Candi Borobudur

Meskipun sudah berbeda provinsi, keberadaan wisata Candi Borobudur biasanya sebelas duabelas dengan wisata di wilayah Yogyakarta. Tahun ini diprediksikan jika jumlah wisatawan di wilayah tersebut akan melonjak jika dibandingkan dengan tahun lalu. Situasi pandemi sudah tidak menghalangi masyarakat Indonesia untuk bepergian jauh atau ke tempat-tempat umum.

Selain prediksi atas kondisi pasca pandemi, media massa juga cenderung mempromosikan destinasi libur lebaran di Kota Gudeg ini melalui sejumlah liputan. Masyarakat di satu sisi akan sangat terbantu dengan liputan semacam ini guna mempersiapkan rencana libur lebaran mereka. Berikut adalah contoh artikel yang membahas topik wisata di Yogyakarta.

Gambar 6. Contoh berita libur lebaran di Yogyakarta
Gambar 7. Contoh berita libur lebaran di Yogyakarta
Gambar 8. Contoh berita libur lebaran di Yogyakarta
Gambar 9. Contoh berita libur lebaran di Yogyakarta

Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi magnet yang kuat bagi media massa kala membingkai topik libur lebaran, khususnya di Pulau Jawa. Menggunakan grafik Top Location, Netray dapat pula menilik seperti apa jangkauan pemberitaan media daring nasional untuk wilayah-wilayah lain. Contoh pertama adalah wilayah Pulau Sumatera. Pulau ini juga menjadi tujuan mudik karena banyak penduduk asal Sumatera yang bekerja di Jawa. Grafik Top Locations menunjukan bahwa daerah Sumatera Barat menjadi lokasi yang banyak disebut oleh media massa daring selain Jawa dan Bali.

Gambar 10. Insight dari grafik Top Locations
Gambar 11. Contoh berita libur lebaran di Sumatera Barat
Gambar 6. Contoh berita libur lebaran di Pulau Bali

Wilayah Bali menjadi lokasi lainnya di luar Pulau Jawa yang mendapat banyak liputan. Berbeda dengan wilayah Sumatra, Bali justru merupakan daerah asal pemudik. Akan tetapi, status Bali sebagai daerah wisata terpopuler mau tak mau membuatnya menjadi lokasi tujuan wisatawan. Pemda setempat pun sudah mengantisipasi kedatangan turis yang ingin menghabiskan libur lebaran di pulau tersebut.

Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://blog.netray.id/ dan analisis mendalam Netray melalui https://medium.com/@netrayID

Editor: Winda Trilatifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: