Top 3 Kartu Prabayar Pilihan Warganet

Perbincangan warganet memang selalu menarik untuk diulas. Kesempatan kali ini mengulas kartu prabayar yang menjadi pilihan warganet. Netray merangkum segala perbincangan warganet seperti pujian juga keluhan mengenai kartu prabayar. Pengambilan data pada Netray dilakukan selama satu minggu, mulai 21 Juni 2019 sampai 27 Juni 2019. Hasil pencarian melewati sosial media monitoring Netray terdapat 3 kartu prabayar urutan teratas dan paling sering menjadi perbincangan warganet Twitter. Kira-kira apa saja ya, 3 kartu prabayar tersebut? simak yuk.

Perusahaan telekomunikasi di Indonesia mengeluarkan produk kartu prabayar dengan kelebihan masing-masing. Kelebihan kartu prabayar dari segi harga, kecepatan akses, jumlah kuota hingga penawaran kuota gratis. Pencarian pada Netray menggunakan keyword Im3 Ooredoo, Telkomsel, Xl Axiata, Smartfren dan Axis. Hasil dari pencarian Netray, ternyata 3 kartu prabayar pilihan warganet ialah Telkomsel, Smartfren, dan Axis. Berikut gambar hasil pencarian kata yang sering muncul berdasarkan keyword.

Gambar 1. Word Could Cuitan Warganet

Gambar word could di atas menunjukkan bahwa Telkomsel, Smartfren, dan Axis menjadi kata paling besar ukurannya. Oleh karena itu 3 kartu tersebut memang kartu prabayar yang paling sering diperbincangkan warganet. Mari dibahas satu persatu.

1. TELKOMSEL

Posisi teratas kartu prabayar yang menjadi pilihan dan perbincangan warganet ialah Telkomsel. Perusahaan telekomunikasi milik BUMN ini sudah banyak mencuri hati warganet dengan segala kelebihannya. Banyak warganet memperbincangkan Telkomsel di Twitter. Berikut gambar data total keseluruhan cuitan warganet.

Gambar 2. Total Cuitan Warganet Telkomsel

Gambar 2. menjelaskan bahwa sebanyak 11.700 cuitan warganet membahas mengenai Telkomsel. Rincian sentimen 2.219 positif dan 4.617 negatif. Perbincangan warganet mengenai kartu prabayar ini banyak membahas keluh kesah sehingga mayoritas cuitan bersentimen negatif.

Gambar 3. Cuitan Negatif Telkomsel
Gambar 4. Cuitan Positif Telkomsel

Gambar 3. cuitan negatif warganet mengenai keluh kesah sinyal Telkomsel. Meski sinyal lamban, namun warganet tetap menggunakan Telkomsel karena jaringan sinyal Telkomsel tersebar di seluruh pelosok daerah.

Gambar 4. merupakan cuitan dari akun resmi Telkomsel melalui layanan pelanggan untuk menanggapi dan membalas keluh kesah pelanggan. Akun layanan pelanggan membalas dengan ramah dan cepat sehingga tidak membuat pelanggan panik.

2. SMARTFREN

Posisi urutan kedua ialah Smartfren, kartu prabayar yang berhasil menjadi pilihan hati warganet dan diperbincangkan. Perusahaan telekomunikasi yang terkenal dengan kartu cdma ini mengembangkan usahanya makin gencar. Hasilnya kini kartu prabyar ini menjadi salah satu dari kartu yang paling diminati dengan kecepatan sinyalnya. Berikut gambar data keseluruhan cuitan warganet.

Gambar 5. Total Cuitan Warganet Smartfren

Gambar 5. memperlihatkan total cuitan warganet membahas Smartfren sebanyak 3.169 dengan rincian 1.511 sentimen positif dan 570 sentimen negatif. Angka sentimen positifnya lebih banyak daripada sentimen negatifnya. Berikut gambar cuitan warganet.

Gambar 6. Cuitan Positif Smartfren
Gambar 7. Cuitan Smartfren

Gambar 6. dan Gambar 7. merupakan cuitan bersentimen positif. Gambar 6. merupakan cuitan dari warganet yang memuji sinyal Smartfren. Gambar 7. adalah cuitan balasan dari akun resmi layanan pelanggan milik Smartfren. Cuitan warganet untuk Smartfren banyak membahas mengenai kecepatan akses sinyalnya sedangkan contoh gambar data keduanya bersentimen positif karena jumlah sentimen positif lebih banyak.

3. AXIS

Posisi ketiga ialah Axis. Berkat pengembangan usahanya yang semakin mantap, Axis berhasil masuk menjadi salah satu dari top 3 kartu prabayar pilihan hati warganet. Selama satu minggu Axis menjadi topik perbincangan warganet. Berikut total keseluruhan cuitan.

Gambar 8. Total Cuitan Warganet Axis

Gambar 8. memperlihatkan selama satu minggu pencarian data pada Netray, keyword Axis total cuitan sebanyak 1.730 dengan rincian 247 sentimen positif dan 465 sentimen negatif. Jumlah sentimen negatif lebih banyak daripada sentimen positifnya. Meski banyak warganet memberikan keluh kesahnya namun tetap menggunakan kartu tersebut. Berikut contoh data cuitan warganet.

Gambar 9. Cuitan Negatif Axis
Gambar 10. Cuitan Positif Axis

Gambar 9. merupakan contoh cuitan warganet dengan sentimen negatif. Banyak warganet mengeluh karena jaringan jelek dan susah.

Gambar 10. cuitan balasan dari akun resmi layanan pelanggan Axis. Tulisan tersebut bersentimen positif karena admin membalas dengan ramah, santun, dan cepat sehingga tidak membuat pelanggan semakin kecewa. Beberapa akun di atas membentuk jaringan percakapan. Berikut gambar data jaringan percakapan untuk melihat siapa saja yang terlibat di dalamnya.

Gambar 11. Jaringan Percakapan Warganet

Gambar 11. memperlihatkan jaringan percakapan dari warganet. Gambar tersebut sangat jelas bahwa akun Telkomsel membentuk lingkaran percakapan paling besar. Kemudian lingkaran lain yang tersambung dengan Telkomsel yakni myXLcare, Indosatcare, Axisgsm, dan Smartfrenworld. Kemunculan frekuensi penggunaan keyword dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar 12. Frekuensi Kemunculan Keyword

Gambar 12. menunjukkan beberapa keyword yang sering muncul dalam cuitan warganet. Gambar tersebut memperlihatkan bahwa kemunculan keyword kartu prabayar Telkomsel, Smartfren dan Axis paling sering. Oleh sebab itu dapat diambil kesimpulan bahwa ketiga kartu prabayar paling diperbincangkan warganet. Pilihan warganet dan sering diperbincangkan pertama dengan garis paling panjang yakni Telkomsel, nomor dua Smartfren dan nomor tiga Axis.

Kesimpulannya, setiap kartu prabayar mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apapun kartu prabayar yang digunakan, sudah pasti berhasil menjadi pilihan hati kalian. Mari mendukung semua perusahaan telekomunikasi di Indonesia agar semakin maju dan meminimalisasi kekurangan agar semua menjadi kelebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: