The Minions dan The Daddies Pukau Warganet dalam Ajang Bulu Tangkis Olimpiade 2020

Olimpiade merupakan ajang olahraga internasional empat tahun sekali yang kali ini diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Pagelaran olahraga yang awalnya dilaksanakan pada tanggal 24 Juli-9 Agustus 2020 harus mengalami penundaan karena pandemi sehingga baru terlaksana pada 23 Juli- 8 Agustus 2021. Indonesia adalah salah satu peserta yang turut hadir memeriahkan pagelaran olahraga tersebut. Salah satu cabang olahraga yang tengah menjadi sorotan masyarakat ialah bulu tangkis. Tim bulu tangkis Indonesia berhasil tampil memukau hingga masyarakat berbondong-bondong menuangkan ekspresi mereka pada media sosial Twitter. 

Keseruan warganet yang paling menonjol, yakni tertuju pada pertandingan tim ganda putra Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya. Impresi warganet tersebut menduduki trending di Twitter pada 26 Juli 2021 bertajuk ‘kevin’. Selain itu pasangan ganda putra Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan juga tak kalah menuai sorotan di Twitter pada hari yang sama. Pertandingan kedua tim tersebut terus menjadi sorotan hingga hari ini pada 29 Juli. Tersiarnya kabar kekalahan ganda putra Marcus dan Kevin kembali menempati jajaran trending Twitter. Tertarik dengan ungkapan impresi warganet terkait penampilan kedua tim ganda putra kebanggan Indonesia tersebut, Media Monitoring Netray melakukan pemantauan. Seperti apa hasilnya? Simak ulasannya berikut ini. 

Pertama-tama untuk melihat garis besar perbincangan warganet, Netray merangkumnya dalam Top Words. Terlihat dari gambar Top Words di atas, selain kata tokyo2020 dan badminton yang berukuran besar terdapat pula kata grup, kevin, marcus, minions, dan daddies. Hal ini menandakan bahwa selain memperbincangkan cabang olahraga bulu tangkis Indonesia di olimpiade Tokyo 2020 secara umum, warganet juga menyoroti permainan para tim kebanggaan yang tengah berjuang. Bagaimana statistik perbincangannya?

Netray melakukan pemantauan selama sembilan hari dengan periode 21-29 Juli 2021. Hasilnya perbincangan seputar penampilan tim ganda putra bulu tangkis dalam ajang olimpiade 2020 mendulang sebanyak 210,694 tweets. Topik tersebut trending di Twitter pada 26 Juli tetapi sehari setelahnya topik ini juga masih hangat diperbincangkan warganet. Hal itu terlihat dari jumlah impresi yang menjangkau angka 402,1 juta. Nah, seperti apa keramaian warganet membahas seputar topik? Lalu bagaimana ungkapan ekspresi warganet untuk the minions dan the daddies

Kevin Ganda Putra Bulu Tangkis Trending di Twitter

Kevin menjadi salah satu pemain tim ganda putra bulu tangkis yang tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Namanya menduduki jajaran trending di Twitter pada 26 Juli kemarin. 

Suara dukungan untuk pemain bernama lengkap Kevin Sanjaya Sukamuljo ini terus menggema seiring laga pertandingan berjalan. Warganet mengungkapkan impresinya lantaran terpukau dengan permainan yang disajikan oleh Kevin di lapangan. Tidak heran apabila tim ganda putra Kevin yang berpasangan dengan Marcus Gideon diberi julukan ‘The Minions’ oleh warganet karena paras serta kelihaian mereka dalam berlaga. 

Tim Bulu Tangkis The Minions 

Julukan The Minions diberikan masyarakat penggemar bulu tangkis pada pasangan ganda putra Marcus Gideon dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Dilansir dari media CNN Indonesia, julukan tersebut pertama kali dicetuskan oleh Stephanie Zen yang merupakan seorang penggemar bulu tangkis. Menurut Stephanie, julukan Minions terucap begitu saja karena melihat Marcus dan Kevin berlaga di lapangan seolah memantul kesana kemari seperti ‘minions’ dalam film ‘Despicable Me’. Berikut gambaran statistik perbincangannya.

Statistik hasil pantauan Netray dengan memasukan kata kunci the minions memperoleh sebanyak 15,4 ribu tweets. Perbincangan warganet didominasi dengan tweets berupa dukungan bersentimen positif.

Akun Twitter resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia @KEMENPORA_RI memberikan kabar baik terkait keberhasilan the minions sebagai juara grup A yang secara langsung memastikan lanjut pada babak perempat final. Kemudian dukungan warganet juga terus menggema seiring perjuangan The Minions bertanding di Olimpiade. Warganet optimis bahwa The Minions akan sampai pada tahap final dan mengantongi medali emas.

Tim Bulu Tangkis The Daddies 

Selain the minions, terdapat pula pasangan ganda putra lainnya yakni Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan yang juga menyita perhatian warganet. Pasangan ganda putra Ahsan dan Hendra ini mendapat julukan The Daddies dari para pecinta bulu tangkis Indonesia. Alasannya ialah karena usia Ahsan dan Hendra, serta status mereka yang sudah menjadi ayah sehingga munculah julukan The Daddies tersebut. Berikut ini statistik perbincangan seputar The Daddies.

Netray memasukan kata kunci the daddies untuk melihat perbincangan warganet terkait kata kunci tersebut. Hasilnya perbincangan seputar The Daddies menuai 15,4 ribu tweets dengan dominasi cuitan bersentimen positif. Angka total tweets sentimen positif yang diperoleh dalam pemantauan The Daddies lebih unggul dari The Minions. Lalu apa yang membuat The Daddies lebih ramai menjadi perbincangan? 

Keramaian perbincangan The Daddies bermula dari hasil kemenangan melawan tim Malaysia. Pengumuman kemenangan tersebut pertama kali ditweetkan oleh akun @antaranews. The Daddies berhasil mengalahkan tim Malaysia dengan skor 21-16 dan 21-19. Skor kemenangan mutlak yang membawa The Daddies melenggang dalam semi final Olimpiade 2020. Sontak hal itu memicu antusiasme pecinta bulu tangkis Indonesia yang diwakili oleh warganet berikut ini. 

Dukungan dan doa warganet terus mengalir untuk The Daddies melaju ke tahap final. Serupa dengan The Minions, warganet juga menaruh harapan besar pada The Daddies untuk mengantongi medali emas. Kedua tim ganda putra kebanggan Indonesia yakni The Minions dan The Daddies menuai dukungan luar biasa dari para pecinta bulu tangkis Indonesia agar bertengger di final.  

Kekalahan The Minions dalam Babak Perempat Final

Pada 29 Juli 2021, warganet kembali dihebohkan dengan kabar kekalahan yang harus diterima oleh tim kebanggaan mereka yakni The Minions. Tim ganda putra Indonesia tersebut dinyatakan kalah pada babak perempat final setelah melawan pasangan ganda putra Malaysia yakni Aaron Chia dan Soh Woii Yik. Sontak kabar kekalahan The Minions pun menggema hingga memenuhi lini masa media sosial di Twitter. Tidak sedikit ungkapan kesedihan hingga dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia kepada The Minions.

Akun pertama yang mengabarkan kekalahan The Minions adalah @BadmintonTalk serta akun portal media Antara News. Tweets dari BadmintonTalk ini kemudian mendapat interaksi dari warganet lainnya.

Kesedihan warganet tergambar jelas dari contoh tweets di atas. The Minions merupakan salah satu harapan masyarakat Indonesia untuk meraih medali emas cabang bulu tangkis di Olimpiade. Namun harapan tersebut harus pupus seiring kegagalan The Minions dalam melaju ke babak final. Di tengah perasaan sedih yang menggebu, tak lupa warganet juga memberikan dukungan untuk The Minions agar tetap berbesar hati. Tersisa The Daddies yang masih berjuang untuk melaju ke babak final dan berkesempatan membawa medali emas.

Top Complaint

Meskipun dominasi cuitan yang diperoleh bersentimen positif, tetapi perbincangan mengenai kiprah The Minions dan The Daddies dalam ajang Olimpiade 2020 cabang bulu tangkis juga menuai cuitan negatif. Tweets bernada negatif tersebut telah dirangkum Netray dalam jajaran Top Complaint berikut.

Pada gambar Top Complaint di atas, kata eror, jelek, kesel hingga kecewa menjadi ungkapan yang paling sering disebutkan warganet. Impresi negatif berupa keluhan tersebut dituangkan warganet yang merasa kurang puas melihat permainan The Minions dan The Daddies. 

Warganet mengomentari permainan The Minions dan The Daddies yang dinilai lebih banyak eror dan kurang fokus. Kemudian warganet juga menyoroti secara khusus permainan Kevin Sanjaya yang dianggap mudah terpancing amarah. 

Penutup 

Tim ganda putra bulu tangkis Indonesia tengah menjadi primadona masyarakat pecinta bulu tangkis. The Minions dan The Daddies yang menjadi sorotan lantaran keberhasilannya melenggang di babak semi final. Permainan kedua tim ganda putra tersebut pun, dinilai seru dan bagus dengan memperbanyak pengumpulan poin demi poin. Kemudian dalam pertandingan semi final The Minions harus berbesar hati tersingkir dan menerima kekalahan. Bagaimanapun The Minions telah berjuang serta berusaha memberikan yang terbaik. Semoga The Daddies dapat melanjutkan di babak final dan membawa pulang medali emas. Selamat berjuang, para atlet kebanggaan Indonesia. Segala dukungan dan doa terus menggema dari masyarakat Indonesia untuk semua atlet yang tengah berjuang di Olimpiade 2020.  

1 thought on “The Minions dan The Daddies Pukau Warganet dalam Ajang Bulu Tangkis Olimpiade 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: