Teman Bus: Layanan Transportasi Umum Baru di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 belum dinyatakan usai, Kementerian Perhubungan RI mengeluarkan layanan moda transportasi umum baru, yaitu Teman Bus. Teman Bus adalah singkatan dari Transportasi Ekonomis Mudah Aman dan Nyaman yang beroperasi di berbagai kota di Indonesia dengan sistem transportasi angkutan cepat bus atau Bus Rapid Transit (BRT) yang berbasis teknologi. Layanan ini bertujuan untuk menghadirkan transportasi umum modern yang mudah serta mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Teman Bus beroperasi secara bertahap mulai pertengahan tahun 2020. Kota Palembang, Medan, Surakarta, Yogyakarta, Denpasar dan Sorong menjadi kota percontohan yang nantinya pada tahun 2021 mulai dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Iklan Teman Bus

Selain itu Teman Bus juga menghadirkan aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi rute perjalanan, halte, jadwal keberangkatan, serta pemesanan tiket dengan sistem pembayaran non tunai.

Melalui penelusuran Netray selama 6 bulan terakhir, bagaimanakah media daring memberitakan sekaligus mempromosikan layanan transportasi umum Teman Bus? Apa saja tanggapan warganet Twitter terkait moda transportasi umum ini? Simak Selengkapnya!

Teman Bus dalam Media Daring

Berdasarkan pantauan Netray selama 6 bulan topik Teman Bus ini telah diberitakan sebanyak 84 artikel oleh 35 portal media berita. Mayoritas pemberitaan didominasi berita dengan kategori Transportasi.

Terkait moda transportasi Teman Bus di media daring, sentimen positif mendominasi dengan puncak pemberitaan terjadi pada tanggal 4 Juli 2020 dengan topik pembahasan mengenai peluncuran transportasi Teman Bus di Surakarta.

Berdasarkan kumpulan kata-kata dalam Word Cloud, artikel berita banyak membahas sekaligus mempromosikan kepada masyarakat mengenai Teman Bus yang meliputi informasi fasilitas, rute perjalanan, tarif serta cara pemesanan melalui aplikasi. Selain itu, kata covid juga menunjukan bahwa dalam beberapa artikel berita terdapat pembahasan seputar transportasi Teman Bus dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini seperti penerapan protokol kesehatan.

Sentimen negatif juga mewarnai pemberitaan terkait moda transportasi umum baru yang berkonsep Buy The Service (BTS) ini, sebanyak 6 artikel bersentimen negatif. Di antaranya adalah pernyataan Gubernur Bali yang merasa warga Bali kurang berminat terhadap transportasi publik serta di Solo bus BST atau Bus Solo Trans yang masih merupakan bagian dari Teman Bus sering digunakan untuk carteran.

Tagar #LunaNaikTemanBus Viral di Twitter

Pembahasan warganet Twitter terkait moda transportasi umum Teman Bus selama periode monitoring 1 Juni – 1 Desember 2020 mendapatkan sekitar 3,311 kesan yang didominasi dengan sentimen positif sebanyak 678 dari 1.705 total cuitan Twitter.

Topik Teman Bus di Twitter mengalami cuitan yang cukup tinggi pada tanggal 27 November 2020 sekitar pukul 11.00 WIB setelah artis Luna Maya mengunggah fotonya di dalam Moda Transportasi Teman Bus di Bali melalui Instagram Story miliknya. Alhasil, tagar #LunaNaikTemanBus menjadi viral dan mendapat respon positif dalam perbincangan warganet Twitter. Sebelumnya, banyak warganet yang belum mengetahui moda transportasi umum Teman Bus.

Selain itu berdasarkan Top Words topik terkait, Teman Bus mendapatkan respon yang cukup baik dari warganet Twitter. Seperti yang diungkapkan akun @selfmirror_ membahas fasilitas dari Teman Bus yang dinilai aman dan nyaman terutama dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ditambah dengan tarif uji coba gratis hingga akhir tahun. Postingan foto oleh Luna Maya cukup memberikan sentimen positif terhadap Teman Bus sehingga warganet Twitter tertarik untuk menggunakan moda transportasi tersebut.

Namun, beberapa cuitan warganet Twitter memberikan kritik mengenai moda Transportasi Teman Bus dengan sentimen negatif mencapai 394 cuitan dari total keseluruhan cuitan mengenai topik ini. Beberapa warganet Twitter merasa pelayanan Teman Bus masih kurang baik, seperti tanggapan kritis dari akun @ngurahsaka yang menilai kurangnya sosialisasi Teman Bus sehingga masyarakat kurang siap terhadap transportasi publik baru. Peluncuran moda transportasi Teman Bus di tengah pandemi Covid-19 juga masih menimbulkan pro kontra di perbincangan warganet Twitter.

Sekian pantauan Netray terkait layanan moda transportasi umum baru yang diluncurkan oleh Kementerian Perhubungan RI bernama Teman Bus. Harapannya dapat selalu mengutamakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang dinyatakan belum berakhir sehingga dapat memecahkan permasalahan transportasi di Indonesia serta memberikan dampak positif terhadap masyarakat dari segi teknologi, ekonomi dan juga pariwisata.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: