BerandaOlah RagaTekuk Malaysia, Timnas Indonesia Melenggang Semifinal

Tekuk Malaysia, Timnas Indonesia Melenggang Semifinal

Published on

Momen spesial kembali ditorehkan Timnas Indonesia di kancah internasional. Meski sempat kebobolan di menit ke-13, namun di ujung laga National Stadium Singapura menjadi saksi lolosnya Timnas Indonesia ke babak semifinal AFF 2020.Di laga terakhir penyisihan grup B, Indonesia telah berhasil mengganyang Malaysia dengan skor 4-1.

Timnas Indonesia unggul 2-1 atas Malaysia pada babak pertama hasil torehan gol dari Irfan Jaya (36′ dan 43′). Memasuki menit ke-50, setelah mendapatkan umpan dari Irfan Jaya, Pratama Arhan berhasil memperjauh keunggulan atas Malaysia. Lalu, dengan gol tandukan Elkan Baggott usai menerima umpan sepak pojok Evan Dimas pada menit ke-82 Indonesia berhasil meraih perolehan gol ke-4.

artikel topik piala AFF 2020
sumber dashboard Netray

Atas kemenangan tersebut, seperti apakah euforia warganet Twitter merayakan keberhasilan ini? Bagaimana kemeriahannya? Berikut pantauan Media Monitoring Netray selengkapnya.

Warganet Menyambut Kemenangan Timnas Indonesia

Keberhasilan Timnas Indonesia melenggang ke babak semifinal AFF 2020 tentu saja menjadi pengumuman indah bagi publik. Kebahagiaan tersebut bertambah meriah ketika Indonesia berhasil menekuk lawan dengan jumlah gol yang cukup banyak. Euforia tersebut membanjiri kanal Twitter hingga skuat merah putih menduduki trending. Melalui pantauan Media Monitoring Netray, ditemukan sebanyak belasan ribu tweet dari warganet yang menggaungkan kemenangan ini. Bahkan topik kemenangan yang berhasil mendapatkan 193 ribu impresi ini mampu menjangkau hingga 137 juta akun.

statistik Twitter topik piala AFF 2020
sumber dashboard Netray
Top Words topik piala AFF 2020
sumber dashboard Netray

Ucapan terima kasih dan selamat dari warganet membanjiri kanal Twitter pasca laga penyisihan grup B tersebut. Dengan menyematkan #TimnasDay warganet membagikan ucapan tersebut sebagai tanda terima kasih atas perjuangan skuat merah putih. Bahkan kemenangan telak 4-1 tersebut menjadi momen tak terlupakan oleh warganet di laga AFF 2020 ini.

tweet topik piala AFF 2020
sumber dashboard Netray

Tak hanya menyasar pemain, ucapan terima kasih pun juga disematkan warganet kepada sang pelatih, Shin Tae-yong. Pelatih yang resmi memegang Timnas Indonesia sejak Desember 2019 ini dinilai warganet sebagai pelatih yang kompeten sehingga mampu membawa Indonesia melenggang sempurna di Piala AFF 2020. Mengutip dari laman PSSI, Shin Tae-yong merupakan pelatih yang pernah membawa tim Korea Selatan di Piala Dunia 2018 bahkan saat itu sanggup mengalahkan raksasa sepak bola dunia Jerman 2-0. Selain prestasi tersebut, visi dan pengalaman mantan pelatih Timnas Korsel ini juga mampu mencuri perhatian PSSI. Sehingga Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Shin Tae-yong akan menjalankan projek jangka panjang dengan durasi kerja sama selama empat tahun.

tweet topik piala AFF 2020
sumber dashboard Netray

Kelakar Warganet atas Kemenangan Timnas Indonesia

Tak hanya banjir selamat dan terima kasih, warganet pun sempat membagikan tweet yang berisikan gurauan lantaran adanya cuplikan video dari serial kartun Upin dan Ipin. Dari cuplikan video ini (gbr. 1) terlihat Upin bersama teman-temannya termasuk Susanti yang tengah asik menyaksikan laga Indonesia VS Malaysia. Lalu, penambahan skor yang diperoleh Indonesia sontak membuat Susanti yang notabene berkarakter warga Indonesia spontan bersorak ria. Hal ini pun tentu saja membuat terkejut Upik dan kawan-kawan karena mereka adalah warga Malaysia.

gbr. 1
tweet @MafiaWasit

Karena cuplikan video tersebut, banyak warganet yang turut membagikan tweet gurauan tentang kondisi Susanti saat itu. Ekspresi Susanti yang begitu riang karena mendapati kemenangan timnas pun menuai sorotan warganet lantaran dirinya menjadi sosok minoritas dalam perkumplan tersebut. Sehingga banyak warganet yang mengkhawatirkan Susanti terlebih dengan kelanjutan pertemannnya dengan Upin CS.

tweet topik piala AFF 2020
sumber dashboard Netray

Penutup

Lolos skuat merah putih ke babak semifinal AFF 2020 membawa angin segar bagi Indonesia. Torehan gol telak atas Malaysia menjadi bonus terindah di laga penyisihan tersebut. Euforia publik digaungkan melalui kanal Twiiter hingga topik timnas menduduki trending. Ucapan selamat dan terima kasih publik tak hanya disematkan kepada pemain Indonesia, namun juga kepada sang pelatih yang mampu membawa anak didiknya melenggang bebas. Meski laga AFF 2020 belum berakhir, antusiasme dan optimisme publik terhadap timnas terus menggelora untuk memberikan semangat kepada tim kesayangannya.

Demikian pantauan Netray terkait kemenangan Timnas Indonesia melawan Malaysia di babak penyisihan grup B piala AFF 2020. Simak ulasan isu terkini lainnya hanya di https://blog.netray.id/ dan https://medium.com/@netrayID

More like this

Tutup 12 Gerai Holywings, Anies Baswedan Raih Simpati Publik

Pemprov DKI resmi mencabut izin operasi Holywings dan menutup 12 gerai yang berada di...

Pro Kontra RUU KIA yang Diperdebatkan Warga Twitter

Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) saat ini tengah dibahas oleh Dewan...

Kondisi Startup Indonesia di Tengah Wacana PHK Massal

Startup Ranking menempatkan Indonesia sebagai negara kelima dengan jumlah startup terbanyak di dunia. Per Juni...
%d blogger menyukai ini: