Soal Susu Kental Manis yang Tidak Boleh Diseduh

susu kental manis

Beberapa waktu lalu, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan instruksi tentang kesalahan dalam penyajian susu kental manis. BPOM tidak memperbolehkan susu kental manis disajikan dengan cara diseduh, apalagi digunakan sebagai pengganti susu formula atau ASI. Instruksi tersebut tertuang dalam regulasi Badan POM nomor 31 tahun 2018 tentang label pangan olahan. Netray tertarik untuk mengulas keramaian warganet terkait instruksi BPOM dan melihat merek susu kental manis apa saja yang paling banyak diperbincangkan. Simak infografik berikut.

  • Instruksi BPOM terkait Susu Kental Manis

Dikutip dari CNN Indonesia dalam penuturan ahli gizi rumah sakit Mayapada, Kuningan, Ika Setiyani, cara penyajian tersebut hanya membedakan jumlah asupan dan kadar gizinya. Susu kental manis dengan cara diseduh lebih banyak mengandung gula dan dinilai membahayakan. Berbanding jauh jumlah kandungan gulanya apabila susu kental manis hanya digunakan sebagai topping makanan.

Tweet pertama yang memantik diskusi warganet berasal dari akun @AREAJULID. Akun tersebut melemparkan pertanyaan retoris terkait instruksi BPOM yang melarang susu kental manis dikonsumsi dengan cara diseduh. Hal tersebut lantas mendapat respons dari warganet lain yang berasumsi bahwa kental manis bukanlah susu atau pengganti susu sehingga memang penyajiannya tidak diseduh melainkan sebagai bahan pelengkap.

Nah, penasaran gak sih, merek susu kental manis apa saja yang pilihan warganet dan paling banyak diperbincangkan? 

Frisian Flag Kental Manis

Varian susu kental manis dari Frisian Flag banyak disukai warganet karena susunya yang penuh krim dan rasanya manis sekali. Tetapi untuk yang tidak begitu menyukai manis sih akan berpendapat enek ‘terlalu manis’.

Indomilk Kental Manis

Rasa coklat dari Indomilk kental manis menjadi primadona warganet karena coklatnya yang manis cocok dipadupadankan dengan roti tawar. Sayangnya masih ada beberapa warganet yang baru mengetahui merek Indomilk ini.

Selain itu terdapat pula beberapa merek lain yang juga turut menjadi perbincangan warganet meskipun intensitas perbincangannya tidak sebanyak kedua merek di atas. Merek-merek tersebut yakni Dairy Champ dan Nestle Carnation. Keberadaannya di pasaran terbilang sudah cukup lama hanya saja warganet tidak ramai memperbincangkan dalam platform media sosial Twitter. Berikut beberapa contoh tweet seputar Kental Manis Dairy Champ dan Nestle Carnation. 

Penutup 

Nah, kamu sekalian penikmat merek kental manis yang mana nih? Terus masih minum susu kental manis dengan diseduh atau cuman mau dijadikan topping pemanis camilan aja ya setelah dengar instruksi dari BPOM? tulis pendapat kamu di kolom komentar ya 🙂 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: