Simpang Siur Pendaftaran CPNS di Media: Berikut Informasi Resmi BKN

Sejak awal Oktober lalu, pemberitaan terkait pendaftaran CPNS telah beredar di media. Meskipun belum tahu pasti tanggalnya, media kerap menyuguhkan pernyataan bahwa pendaftaran CPNS dibuka pada Oktober 2019. Masyarakat pun dibuat berharap pada Oktober ini walau pada akhirnya pendaftaran CPNS dikabarkan dibuka pada November 2019.

Total Berita dan Media Terkait CPNS

Dari penelusuran Netray, total berita yang mengusung isu CPNS selama bulan Oktober ialah 1.311 artikel. Sementara media berita online yang ikut menyebarkan berita terkait sebanyak 55 media. Berikut Top 10 media berita online yang paling banyak menerbitkan isu terkait CPNS selama Oktober ini.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-3.png

Pergerakan Isu dan Sentimen

Dari penelusuran Netray, pemberitaan bertopik CPNS mengalami naik-turun yang cukup signifikan sejak 12 Oktober 2019 dan melonjak hingga mencapai 200 artikel dalam sehari pada 28 Oktober 2019.

Isu Terkait CPNS

Berikut adalah beberapa topik yang kerap dibahas dalam pemberitaan terkait CPNS. Mulai dari waktu pendaftaran, formasi, tahapan seleksi, hingga jumlah yang dibutuhkan masing-masing instansi/kementerian secara detail.

Sejak awal Oktober, isu pendaftaran CPNS sudah gencar diberitakan. Beberapa media memberitakan bahwa CPNS akan segera dibuka pada Oktober ini. Bahkan disebutkan pertanggal 25 Oktober pendaftaran CPNS akan dibuka.

Namun, pada 28 Oktober 2019 media kembali memberitakan bahwa rekruitmen CPNS akan dibuka pada 11 November mendatang.

Pengumuan BKN Terkait CPNS

Pada 28 Oktober, BKN akhirnya melayangkan pengumuman terkait penyelenggaraan rekruitmen CPNS 2019. Klik https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2019/10/Penerimaan-CPNS-Tahun-2019-Diumumkan-Tanpa-Formasi-Administrasi.pdf. Dari pengumuman tersebut diketahui bahwa pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id akan dibuka pada 11 November 2019.

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Dokumen yang perlu dipersiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN adalah scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

Formasi CPNS

Pada tahun 2019 ini, pemerintah akan membuka 152.286 formasi dengan rincian: Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah. Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat. Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi). Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi.

Terus ikuti informasi dari laman resmi BKN di https://www.bkn.go.id. Selamat mempersiapkan dan berjuang.

1 thought on “Simpang Siur Pendaftaran CPNS di Media: Berikut Informasi Resmi BKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: