Rewind Indonesia 2020, Warganet : Lucu, Merinding hingga Terharu

Di penghujung tahun 2020, akun Indonesian Youtubers merilis konten video berjudul Rewind  Indonesia 2020. Konten yang disutradarai oleh Chandra Liow dan Aulion ini menggambarkan berbagai hal-hal menarik dan isu-isu yang menjadi trending di Indonesia sepanjang tahun 2020 khususnya dalam platform Youtube. Dalam video ini nampak content creators Youtube Indonesia dari berbagai bidang seperti konten horor, memasak, beauty vlogger, gamers, podcast dan masih banyak lagi bersatu meramaikan video yang dikemas dengan durasi sekitar 14 menit tersebut. Adapun pesan moral yang terdapat dalam video ini adalah untuk saling bersama-sama saling bersatu menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia

Rewind Indonesia 2020


Deskripsi dalam video ini menegaskan bahwa rewind ini tidak ada keterkaitan dengan Perusahaan Youtube maupun Google, video ini merupakan karya kreator Indonesia yang bertujuan untuk menyatukan masyarakat Indonesia dan mengakhiri tahun 2020 dengan harapan serta hal positif.

Setelah diunggah pada tanggal 28 Desember 2020 sore, video yang disponsori oleh OCBC NISP ini viral serta menjadi trending topic di Twitter Indonesia dengan tagar #RI2020 dan Rewind Indonesia 2020. Berbagai respon mulai dari pujian hingga kritik pun hadir dalam pembahasan warganet Twitter mengenai video ini. Melalui Netray, yuk simak apa saja yang dibahas warganet Twitter terkait video Rewind Indonesia 2020!

Netray menemukan sebanyak 10 ribu lebih cuitan warganet terkait video Rewind Indonesia 2020 selama tanggal 28-29 Desember 2020 dengan potential reach mencapai 33.2 juta. Sejak video ini diunggah di kanal Youtube, jumlah cuitan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sentimen positif mendominasi topik ini dengan total 5,599 cuitan serta sebanyak 2,453 cuitan bersentimen negatif. Topik ini juga didominasi dengan jenis kelamin laki-laki.

Akun yang paling banyak mendapatkan impresi dari warganet adalah penyanyi sekaligus penulis Fiersa Besari dalam akun pribadi Twitter miliknya @Fiersabesari setelah mengunggah cuitan terkait video Youtube Rewind Indonesia dan mendapatkan like hingga 23 rb lebih.

Kumpulan kata-kata yang terdapat dalam Top Words diatas menunjukan sejumlah kata apresiasi mendominasi dalam topik ini seperti keren, merinding, bagus hingga nangis. beberapa warganet mengungkapkan ekspresi mereka setelah menonton video Rewind 2020 dalam cuitan. Berikut cuitan-cuitan warganet terkait topik ini!

Banjir Pujian Warganet

Rewind Indonesia 2020 mendapatkan sentimen positif yang cukup banyak dalam pembahasan warganet Twitter selama periode pemantauan. Pujian hingga apresiasi mendominasi cuitan-cuitan warganet yang merujuk kepada pembuat konten yaitu Chandra Liow dan Aulion. Tak sedikit pula warganet terharu terhadap karya video ini terutama pada part Hanin Dhiya menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Sebagian warganet juga berpendapat bahwa isu-isu sepanjang tahun 2020 hingga pesan moral dalam konten video ini tersampaikan dengan cukup baik.

Kritik Rewind Indonesia 2020 Warganet

Cuitan dengan sentimen negatif juga menghiasi topik pembahasan warganet terkait Rewind Indonesia 2020. Sejumlah warganet Twitter merasa drama dalam video kurang menarik serta konten kreator yang meramaikan video tersebut masih kurang lengkap. Selain itu warganet juga mengeluhkan durasi video yang dirasa kurang lama serta banyak hal-hal sepanjang tahun 2020 yang tidak diangkat dalam video tersebut.

Pak Muh Trending

Ayah dari selebgram sekaligus Youtuber Fadil Jaidi yang akrab disapa Pak Muh menjadi daftar trending di Twitter. Pak Muh yang sering dibuat konten oleh Fadil menjadi viral setelah Pak Muh muncul dalam salah satu part video Rewind Indonesia 2020 dan mendapatkan fokus perhatian dari warganet Twitter.

Harapan Serta Doa Warganet

Harapan serta doa mendominasi dalam beberapa cuitan warganet Twitter setelah menyaksikan video Rewind Indonesia 2020. Banyak warganet yang menaruh harapan agar tahun 2021 menjadi lebih baik lagi dan menjadikan tahun 2020 sebagai pelajaran. Tak sedikit pula warganet Twitter yang memetik pesan positif dalam video Rewind Indonesia 2020 yang kemudian diungkapkan dalam cuitan Twitter.

Sekian pantauan Netray tentang video Rewind Indonesia 2020 yang diunggah oleh akun Indonesian Youtubers. Pujian, kritik hingga harapan dari warganet Twitter yang mewarnai topik ini menjadi pesan untuk kita semua kedepannya menjadi lebih baik serta mengambil pelajaran dari tahun sebelumnya untuk membuka lembaran baru di tahun 2021. Tak lupa juga kita bersatu untuk saling bahu-membahu untuk menyelesaikan permasalahan dan bencana salah satunya pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda Indonesia.

sumber foto sampul : http://freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: