Putusan MK 2019: Apakah Rakyat Menerima?

Putusan MK terkait sengketa Pilpres 2019 baru saja diumumkan pada tanggal 27 Juni 2019. Persidangan tersebut tentunya menjadi momentum yang dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Hal tersebut terlihat dari berbagai tagar yang ramai dicuitkan oleh para pendukung 01 maupun 02. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut, berikut hasil pantauan Netray.

Gambar 1. Kata Kunci dan Rentang Waktu Pencarian

Gambar di atas menunjukkan kata kunci dan rentang waktu pengumpulan data. Kata kunci tersebut diambil dari tagar yang sempat menjadi trending di Twitter. Sedangkan rentang waktu pengumpulan data dimulai dari 21 Juni 2019 sampai dengan 27 Juni 2019. Rentang waktu tersebut dipilih Netray agar data terkumpul sejak menjelang persidangan hingga saat persidangan berlangsung.

Gambar 2. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Berdasarkan Pantauan Netray, ditemukan sebanyak 17,1K jumlah cuitan terhadap tagar terkait. Tagar tersebut diantaranya, #kamisiapterimaputusanmk, #terimahasilmk, #mktakadilrakyatmenggugat, #putusanmkyangterbaik, dan #dukungmk. Cuitan terkait tagar tersebut didominasi oleh cuitan bersentimen positif, yakni sebanyak 6.227 cuitan. Sedangkan cuitan bersentimen negatif ditemukan sebanyak 2.899 cuitan.

Gambar 3. Peak Time

Adapun puncak cuitan terjadi pada tanggal 27 Juni 2019 pukul 12.00. Pada saat tersebut terdapat hingga 2.851 cuitan warganet.

Antusiasme Warganet Twitter Menanggapi Putusan MK 2019

Gambar 4. Jaringan Cuitan di Twitter

Jaringan cuitan warganet terkait penggunaan tagar tersebut dapat diketahui melalui gambar di atas. Adapun akun yang mendapat mention paling banyak yaitu @MarioArie9 dengan dominan cuitan bersentimen positif. Kemudian akun @AdamMichaelNew dengan dominan cuitan bersentimen negatif, demikian halnya akun @_s3l3p3tk4ret2_ yang didominasi oleh sentimen yang sama. Sentimen tersebut dapat di lihat melalui warna garis cuitan, yakni hijau untuk sentimen positif, biru untuk netral, dan merah untuk negatif.

Apa Saja yang Menjadi Bahasan Warganet?

Gambar 5. Pemetaan Topik

Berdasarkan gambar di atas dapat diketahui pemetaan topik yang menjadi cuitan warganet. Adapun frekuensi kata yang sering muncul pada topik ini yaitu damai, putusan, Indonesia, rakyat, dan hakim. Hal tersebut menunjukkan cuitan warganet paling banyak terkait putusan hakim MK. Berikut ini Top 10 topik pembahasan warganet di Twitter.

Gambar 6. Top 10 Topik Warganet

Dalam hal ini, topik yang menjadi cuitan warganet banyak seputar putusan final hakim MK, Indonesia maju, aman, dan damai, serta kecurangan dan demo tolak keputusan hakim MK.

  1. #kamisiapterimaputusanmk
Gambar 7. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Salah satu tagar yang sempat menjadi trending jelang putusan MK kemarin yaitu #kamisiapterimaputusanmk. Tagar tersebut disuarakan oleh warganet yang mendukung sepenuhnya apapun keputusan dari MK. Tagar tersebut mendapat 143 jumlah cuitan, 73 diantaranya bersentimen positif dan 22 diantaranya bersentimen negatif.

2. #terimahasilmk

Gambar 8. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Tagar lainnya yaitu #terimahasilmk. Sama halnya dengan tagar sebelumnya, tagar ini juga dicuitkan oleh masyarakat yang mendukung MK. Tagar ini memperoleh 3.353 cuitan, 1.311 cuitan bersentimen positif, dan 470 cuitan bersentimen negatif.

3. #mktakadilrakyatmenggugat

Gambar 9. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Putusan MK yang dinantikan oleh rakyat Indonesia tentu tidak hanya mendapat respon positif, melainkan juga respon negatif warganet. Hal tersebut dilihat dari penggunaan tagar #mktakadilrakyatmenggugat oleh warganet yang kontra dengan MK dan menilai MK tidak adil. Tagar ini memperoleh 2.380 cuitan, 718 diantaranya bersentimen positif, dan 496 cuitan bersentimen negatif.

4. #putusanmkyangterbaik

Gambar 10. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Tagar #putusanmkyangterbaik yang dicuitkan oleh warganet juga termasuk sebagai bentuk dukungan terhadap MK. Tagar tersebut memperoleh 3.181 cuitan, 1.059 bersentimen positif, dan 80 bersentimen negatif.

5. #dukungmk

Gambar 11. Total Cuitan, Sebaran Sentimen, dan Jenis Kelamin

Tagar kelima yaitu #dukungmk merupakan tagar terakhir yang menjadi trending jelang putusan MK. Sebagian besar tagar yang sempat menjadi trending terkait topik putusan MK merupakan dukungan warganet Twitter untuk MK. Tagar #dukungmk memperoleh cuitan sebanyak 979, 442 diantaranya bersentimen positif dan 57 cuitan bersentimen negatif.

6. Cuitan Dukungan Warganet

Beberapa cuitan berikut merupakan bentuk dukungan warganet terhadap MK. Hal tersebut dianggap dapat memperbaiki suasana perpecahan akibat Pilpres 2019 lalu.

7. Cuitan Penolakan Warganet

Selain mendapat dukungan, MK tentu mendapat penolakan terkait hasil sidang dan putusan. Jelang putusan tersebut dibacakan sebagian warganet yang kontra dengan MK sudah mencuitkan tanggapan mereka dengan menggunakan tagar yang beragam. Beberapa cuitan hasil pantauan Netray adalah sebagai berikut.

8. Cuitan Lucu Warganet

Pada saat mendekati waktu pembacaan putusan, tentu aktivitas warganet yang mencuitkan tanggapan mereka semakin ramai. Demikian halnya penggunaan tagar hingga perang tagar dari pendukung masing-masing kubu pun tidak dapat terelakan. Akan tetapi, meski berada dalam suasana yang panas sebagian warganet justru mencuitkan hal-hal lucu yang dapat membuat orang lain tersenyum dan terhibur saat membacanya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Demikian hasil pantauan Netray, terkait sidang putusan MK sengketa Pilpres 2019. Bagaimanapun hasilnya palu sudah diketuk, pemenang sudah ditetapkan. Siapapun pemenangnya semoga dapat membawa perubahan untuk Indonesia menjadi lebih baik. Pilpres 2019 telah usai, seluruh rakyat Indonesia berharap tidak ada lagi perpecahan dan kembali kepada Bhineka Tunggal Ika. Salam Persatuan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: