Provider Favorit Warganet: Telkomsel vs Smartfren

Penggunaan smartphone tidak lepas dari kartu perdana yang digunakan sebagai alat untuk mengakses internet . Kartu perdana yang hadir dipasaran pun cukup beragam dengan berbagai penawaran yang menarik. Kecepatan dan kemudahan untuk berselancar di dunia maya menjadi salah satu pertimbangan utama bagi konsumen dalam mengakses internet. Netray mencoba membandingkan Telkomsel dengan Smartfren. Netray memantau dua brand tersebut dimulai pada 13 Maret 2020 s.d 19 Maret 2020. Berikut hasil pantauan Netray.

Telkomsel

Berdasarkan pantauan Netray dapat diketahui jumlah Impression hingga hingga Potential Reach. Adapun total cuitan keyword Telkomsel mencapai 16.6K dengan didominasi cuitan bersentimen negatif. Berikut grafik cuitan Telkomsel periode 13 Maret 2020 s.d 19 Maret 2020.

Melalui grafik tersebut terlihat perbincangan warganet terkait Telkomsel memuncak pada tanggal 16 Maret 2020. Perbincangan warganet pada tanggal tersebut memuncak dipengaruhi oleh kebijakan yang diluncurkan oleh pihal Telkomsel, yaitu memberikan bonus akses 30gb kuota internet bagi pengguna Telkomsel untuk mengakses Zenius dan Ruangguru. Hal tersebut selaras dengan kebijakan pemerintah yang tengah menerapkan gerakan #SocialDistance sehingga sebagian besar sekolah-sekolah di beberapa wilayah Indonesia telah diliburkan. Oleh sebab itu, pihak Telkomsel mendukung kebijakan tersebut demi memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan memberi akses belajar online gratis.

Pada tanggal tersebut cuitan warganet mencapai 3,363 cuitan. Perbincangan warganet seputar kebijakan tersebut membuat warganet, khususnya pelajar merasa senang dan berterima kasih pada Telkomsel. Meski demikian secara keseluruhan pada periode ini Telkomsel didominasi cuitan bersentimen negatif, mengapa demikian? berikut beberapa cuitan warganet terkait Telkomsel.

Cuitan negatif tersebut dipengaruhi oleh sebagian pelanggan Telkomsel yang melakukan complain di media social Twitter. Melalui pantauan Netray sebagian besar warganet mengeluhkan jaringan Telkomsel yang kurang stabil. Berikut tanggapan warganet pelanggan Telkomsel yang puas dengan pelayanan Telkomsel dan mempengaruhi jumlah cuitan positif brand ini.

Smartfren

Pada periode yang sama, Netray memantau provider Smartfren. Melalui gambar di atas dapat diketahui hasil pantauan Netray. Berbeda halnya dengan Telkomsel, pada periode ini Smartfren didominasi oleh cuitan bersentimen positif.

Berdasarkan pantauan Netray terlihat perbincangan terkait Smartfren memuncak pada tanggal 17 Maret. Pada tanggal tersebut sebagian warganet membahas terkait peluncuran kartu perdana Smartfren 10N+. Seperti halnya Telkomsel, peluncuran tersebut juga berkaitan dengan COVID-19 yang tengah meluas di Indonesia dan gerakan Social Distance yang dihimbau pemerintah. Peluncuran tersebut menjadi bentuk dukungan provider Smartfren untuk pelanggan setianya sehingga dapat tetap mengakses internet meski tengah mengkarantina diri.

Terlihat pada tanggal tersebut perbincangan warganet terkait Smartfren mencapai 1.206 cuitan. Peluncuran tersebut merupakan bentuk dukungan Smartfren terhadap program pemerintah untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19. Meski demikian, Smartfren tetap memperoleh sentimen negatif terkait beberapa keluhan warganet. Adapun cuitannya adalah sebagai berikut.

Permasalahan terkait jaringan menjadi salah satu masalah utama yang kerap menjadi sasaran complain pelanggan Smartfren. Permasalahan tersebut juga menjadi pengaruh utama sentimen negatif pada brand ini. Akan tetapi, Smartfren juga memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang cukup mepengaruhi total sentimen positif pada periode pantauan Netray.

Telkomsel vs Smartfren

Penelusuran Netray terkait Telkomsel dan Smartfren dimulai pada tanggal 13 Maret 2020 s.d 19 Maret 2020. Pada periode tersebut bertepatan dengan semakin meluasnya wabah COVID-19 yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai Pandemik. Dalam hal ini pemerintah menerapkan kebijakan untuk masyarakat melakukan gerakan Social Distancing atau menjauhi keramaian. Dengan demikian sebagian besar sekolah pun ikut dinonaktifkan dan digantikan dengan tugas atau belajar dari rumah. Telkomsel mendukung gerakan pemerintah tersebut dengan cara bekerja sama dengan Zenius dan Ruangguru. Telkomsel memberi akses paket gratis sebesar 30gb sehingga siswa dapat tetap terfasilitasi untuk belajar secara online. Demikian halnya Smartfren yang juga mendukung gerakan Social Distancing meluncurkan perdana 10N+ yang juga banyak menawarkan benefit yang menarik pada penggunanya.

Meski keduanya memiliki sentimen negatif terkait beberapa keluhan pelanggan namun kedua provider tersebut berupaya untuk memberikan layanan terbaik. Terlihat keduanya mendukung gerakan pemerintah dengan memberikan kemudahan akses internet meski tengah beraktivitas di rumah.

1 thought on “Provider Favorit Warganet: Telkomsel vs Smartfren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: