Program Langit Biru Pertamina; Kurangi Polusi, Sehatkan Lingkungan

Pertamina meluncurkan Program Langit Biru sebagai edukasi dan promosi bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya pengendalian pencemaran udara. Program ini berupa persamaan harga khusus untuk bensin pertalite. Beberapa SPBU daerah sudah mulai menerapkan bensin Pertalite seharga bensin Premium. Netray memonitoring pada media pemberitaan dan media sosial Twitter pada satu minggu terakhir ini. Seperti apa sambutan dan tanggapan masyarakat terkait pertalite harga khusus ini ya? Simak selengkapnya.

Pertamina mendukung program Pemerintah untuk mengurangi pencemaran udara dengan menggunakan bahan bakar minyak yang lebih ramah lingkungan. Udara yang bersih dan sehat tentu akan berdampak bagus pada lingkungan dan kesehatan manusia. Sebagai solusi, Pertamina mengeluarkan Program Langit Biru. Sebuah program yang ditujukan untuk mengurangi emisi pencemaran udara dengan memberikan harga khusus bahan bakar pertalite sama harganya dengan bahan bakar premium. Hal ini diharapkan agar para pengendara dengan bahan bakar premium mulai beralih menggunakan pertalite. 

Monitoring News Media

Pantauan pada media pemberitaan dengan memasukan keyword spesifik program langit biru memperoleh data sebagai berikut.

Selama satu minggu pada 11 November-17 November topik Program Langit Biru Pertamina ini diberitakan sebanyak 73 artikel oleh 30 portal berita. Kategori pemberitaan didominasi oleh Automotive dan Government

Grafik sentimen berita didominasi oleh berita dengan nada positif. Pergerakan garis sentimen positif naik jauh meninggalkan garis kurva negatifnya. Kemudian portal berita yang banyak mengangkat berita tentang program langit biru ini mayoritas adalah portal berita nasional. Kompas menduduki urutan pertama Top Portal, lalu Republika pada urutan kedua dan CNBC Indonesia di urutan ketiga. Berikut beberapa contoh beritanya. 

Contoh berita di atas merupakan contoh berita pada puncak kenaikan grafik. Pada tanggal 14 November media pemberitaan banyak mengangkat berita tentang Pertamina yang gencar mempromosikan agar masyarakat beralih dari premium ke pertalite. Pertamina juga menurunkan harga pertalite setara dengan premium yakni sekitar Rp6.450,00 per liter.

Berita lain membicarakan tentang wacana Pertamina yang akan menghilangkan Premium di wilayah Jawa-Bali baru kemudian merambat ke wilayah lainnya di Indonesia secara bertahap. Sebab bahan bakar minyak dengan oktan yang tinggi membuat udara lebih bersih daripada bahan bakar minyak dengan oktan rendah. Upaya ini akan terus digalakan Pertamina untuk mengedukasi masyarakat perihal penggunaan bahan bakar minyak yang ramah lingkungan. Kini Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di beberapa daerah mulai memberlakukan program ini dengan memberikan diskon harga bensin pertalite. Semula harga pertalite Rp 7.650,00 per liter mulai diturunkan menjadi Rp 6.450,00 per liter. Program langit biru ini berlaku untuk konsumen kendaraan roda dua, roda tiga, dan angkutan umum. 

Sambutan Warganet untuk Program Langit Biru

Setelah mengulas Program Langit Biru pada monitoring news media, mari menyoroti bagaimana warganet menyambut dan menanggapi Program Langit Biru ini. Nah mari kita ulas seberapa keramaiannya melalui infografis di bawah ini.

Program Langit Biru ini telah dibicarakan warganet sebanyak 910 twit oleh 283 akun selama seminggu terakhir. Program ini mendapat sambutan baik oleh warganet dengan mayoritas cuitan didominasi sentimen bernada positif dengan potential reach mencapai 34,7 juta kali. Puncak perbincangan warganet terjadi pada tanggal 16 November dengan total sebanyak 318 twit. Sebenarnya warganet memperbincangkan apa sih di tanggal 16 November tersebut? 

Cuitan pada tanggal 16 November didominasi oleh dukungan beberapa akun seperti @energitodayID dan @PemkotMalang, yang menyebutkan bahwa program langit biru ini membawa dampak baik untuk lingkungan. Kemudian akun lain seperti @iina_surbakti dan @Santriwati_ menyebutkan bahwa program langit biru ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai BBM yang ramah lingkungan. Sebab masih banyak masyarakat yang belum mengerti tentang manfaat BBM dengan oktan tinggi. Tidak hanya beberapa akun tersebut di atas yang menyerukan dukungan untuk Program Langit Biru, terdapat pula cuitan warganet lainnya yang menyambut baik program ini.

Warganet menyambut baik dan mendukung sepenuhnya Program Langit Biru yang diluncurkan Pertamina. Beberapa contoh cuitan di atas berupa cuitan dengan sentimen positif untuk menyokong Pertamina dalam upaya mengurangi pencemaran udara. Suara warganet menggema untuk semangat beralih menggunakan bahan bakar minyak yang lebih ramah lingkungan. Berikut gambaran populer media yang diunggah warganet untuk  mempromosikan program langit biru pertamina. 

Gambar media populer di atas merupakan upaya warganet untuk mendukung Pertamina dalam menjalankan Program Langit Biru. Oleh sebab itu, mari dukung penuh Pemerintah dan Pertamina untuk mengurangi polusi. Lingkungan yang bersih, udara yang sehat akan membawa dampak baik pula dalam kehidupan. Demikian, semoga dapat menambah informasi yang bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: