Home Blog

Kabar Gembira, Kini Berlangganan Netray Bisa Melalui Gopay

0

Kemudahan dan kenyamanan pengguna menjadi hal yang penting bagi Netray. Oleh karena itu, Netray terus berupaya memperbaiki dan melakukan pembaharuan fitur secara berkala guna memahami kebutuhan pengguna. Kini Netray telah menyediakan alternatif pembayaran melalui GoPay. 

Untuk menikmati fitur-fitur unggulan Netray, kamu hanya perlu membuat akun dan melakukan registrasi. Dengan berlangganan (subscribe), kamu dapat memilih fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu sehingga akan lebih efektif dan ekonomis. Seperti apa langkah-langkahnya? Simak tutorial berikut.

Cara Berlangganan Netray

1.Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi.

3. Pilih Trial untuk melakukan demo terlebih dahulu atau pilih Subscribe jika ingin langsung berlangganan.

4. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, email, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik persetujuan kebijakan privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Next dan kamu akan dialihkan ke halaman berikut. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu (Add to cart)

7. Pastikan pesananmu sudah sesuai (lihat bagian Order Summary). Kamu dapat mengubah jumlah keyword dan jangka waktu sesuai kebutuhan. Jika tidak, Netray akan otomatis menggunakan pengaturan standar (1 keyword dan 1 bulan). Kemudian klik Subscribe. Dengan mengeklik subscribe kamu dianggap setuju dengan Ketentuan Kebijakan Privasi Netray dan Syarat dan Ketentuan Netray.

8. Kamu akan dialihkan ke halaman faktur yang berisi detail pesananmu dan berapa jumlah uang yang harus dibayar. Lalu klik Payment. Faktur ini juga akan otomatis dikirimkan ke emailmu.

9. Klik Continue dan pilih cara pembayaran melalui GoPay. Klik Pay Now dan akan muncul Order ID beserta QR Code. Buka aplikasi Gojek atau aplikasi dompet digital lain. Scan QR code yang tertera pada layar monitor. Cek detail pembayaran di aplikasi lalu klik Pay. Masukan Pin dan transaksi kamu berhasil.

11. Klik I Already Paid untuk memastikan bahwa kamu telah melakukan pembayaran. Lalu dalam beberapa detik, Netray akan membawamu pada halaman Dashboard.

Selamat, fitur yang kamu beli telah aktif. Klik Create Topic untuk mulai membuat topikmu.

Perlu kamu tahu bahwa setiap satu keyword hanya mengakomodasi satu kali pemrosesan data. Artinya, kamu tidak dapat mengubah atau mengganti keyword setelah mengeklik Create Topik. Jika kamu ingin lebih fleksibel, kamu dapat beralih ke paket premium Netray. Di paket premium kamu bebas mengubah atau mengganti keywordmu meski hanya memiliki satu slot keyword. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Kontak Netray.

Mau Coba Netray Secara Gratis, Ini Fitur yang Dapat Kamu Cicipi di Paket Trial

1

Sejak Juli 2020 lalu, Media Monitoring Netray telah dibuka untuk pengguna mandiri. Media monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan ini tak hanya mengakomodasi kepentingan bisnis dan korporasi, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan perorangan, sebagai sumber penelitian. Netray juga menyediakan paket Trial untuk kamu yang ingin mencoba Netray secara gratis. Agar kamu dapat memanfaatkan fitur Netray Trial secara maksimal simak tutorial berikut ini.

1. Masuk halaman Netray kemudian klik Register

2. Lalu kamu akan dialihkan ke halaman registrasi. Pilih Trial untuk melakukan demo.

3. Isi data diri (nama lengkap, nama pengguna, e-mail, password, dan nomor telepon). Pastikan semua data terisi dengan benar lalu klik Persetujuan Kebijakan Privasi dan konfirmasi bahwa kamu bukanlah bot.

5. Klik Register untuk mendaftarkan akunmu pertama kali. Akun yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa mendaftar kembali. Klik Login untuk masuk jika sudah punya akun.

6. Buka email kamu untuk melihat link aktivasi yang dikirimkan Netray dan lakukan verifikasi akun. Berikut tampilan dashboard-mu setelah berhasil verifikasi.

Untuk paket Trial, kamu hanya bisa mencoba fitur Twitter dan News. Instagram dan Facebook akan aktif apabila kamu telah meng-upgrade akunmu ke premium (Upgrade Membership) atau berlangganan Netray.

7. Klik menu profil di pojok kanan lalu pilih Edit Profil. Lengkapi profilmu terlebih dahulu agar kamu dapat mengaktifkan fitur Twitter dan News. Jika sudah, klik Submit.

8. Fitur monitoring Twitter dan News sudah aktif. Kamu dapat mulai memasukkan topik yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana cara membuat topik dan membaca data di dashboard Netray? Simak tips dan triknya berikut.

Membuat Topik di Dashboard Netray (Trial)

1. Klik menu Create Topic. Masukkan judul topikmu pada kolom Name kemudian masukkan keywords topikmu pada kolom Keyword. Kamu punya 2 slot keyword yang dapat kamu maksimalkan.

Tips: Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum karena akan menyulitkanmu dalam melakukan analisis (misal; penyakit, pemerintah, pandemi dsb). Gunakanlah keyword yang spesifik (misal; covid-19, psbb, atau nama brand). Akan tetapi, jangan terlalu spesifik (psbb di Bandung) karena data yang akan ditampilkan hanyalah data yang mengandung rangkaian kata tersebut. Alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur penggabungan. Gunakan tanda && di antara dua kata yang wajib ada dalam data (misal psbb && bandung). Keyword ini akan lebih spesifik dan maksimal daripada keywordpsbb di bandung‘ (terlalu spesifik) ataupun ‘psbb’ saja atau ‘bandung‘ saja (akan menyangkut semua topik tentang pssb dan topik tentang bandung).

2. Jika semua sudah lengkap terisi klik Save. Dalam beberapa detik, dashboard Netray akan muncul. Crawling data akan berjalan beberapa menit tergantung frekuensi kemunculan topik. Untuk paket Trial, Netray membatasi jumlah data maksimal hingga 2000 dengan periode seminggu ke belakang. Meskipun topik yang dicari mungkin mengandung banyak data, Netray akan berhenti setelah mengumpulkan jumlah tersebut.

Fitur Apa Saja yang Dapat Diakses Ketika Mencoba Netray Trial?

Kamu dapat mengakses semua fitur yang ada di menu Overview. Selanjutnya, Account Monitoring, Social Network Analysis, Reporting, dan Comparing hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu melakukan upgrade ke premium.

Nah, di Overview ini apa saja sih yang bisa ditampilkan Netray untuk kamu?

  1. Data Statistik : meliputi total Impression, Potential Reach, Account (Male or Female), Persebaran Perangkat, Total Tweets.
  2. Grafik Peak Time : frekunsi sebuah topik diperbincangkan dalam sebuah periode.
  3. Sentiment Trend : kurva untuk melihat perbandingan sentimen di tiap periode.
  4. Tweets : semua tweet yang berhubungan dengan kata kunci. Kamu dapat melihat lebih detail dengan mengeklik View All Tweets. Kamu juga dapat memfilter tweet mana yang ingin kamu lihat berdasarkan sentimen (negative/neutral/positive) atau berdasarkan urutan (paling populer, paling baru, hinga yang paling lawas). Jika ingin melihat tweet mana yang paling mempengaruhi perbincangan topik secara umum lakukan filter berdasarkan yang paling populer. Jika ingin melihat akun yang paling awal memperbincangkan topik gunakan filter Older. Ini akan berguna ketika kamu mencari tahu inisiator sebuah topik atau tagar yang sedang trending.
  5. Top Words : kosakata populer yang paling banyak muncul dalam tweet warganet. Kamu juga dapat mengeklik masing-masing kata untuk melihat apa saja tweet yang mengandung kata tersebut dalam topik terkait.
  6. Top Accounts : akun yang paling berpengaruh dalam perbincangan topik, baik berdasarkan pada impresi yang diperoleh (sort by Popular) atau berdasarkan frekuensi kemunculannya (sort by Count).
  7. Top Entitas : People, Organization, Facilities, Complains, Locations.
  8. Popular Media : video atau gambar populer yang berhubungan dengan kata kunci topik.

Rekomendasi Tabir Surya ala Warganet TikTok, Merk Asal Jepang jadi Terpopuler

0

Cuaca panas ekstrem mulai melanda Indonesia meski masih berselingan dengan hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa suhu udara permukaan rata-rata di wilayah Indonesia tahun 2024 bakal lebih hangat daripada tahun sebelumnya. BMKG juga menyebut jika sebagian besar wilayah akan mengalami awal musim kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024.

Musim kemarau ditandai dengan intensitas hujan sedikit dan matahari yang bersinar terik. Apabila kalian kerap beraktivitas di luar rumah, perlu perlindungan khusus bagi kulit agar tidak terbakar oleh sinar ultraviolet. Perlindungan paling populer adalah dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Tak hanya itu, dilansir dari alodokter, tabir surya memiliki manfaat lain seperti mencegah penuaan dini, mencegah bercak gelap pada kulit, hingga menurunkan risiko kanker kulit.

Dewasa ini terdapat bermacam-macam merek sunscreen di pasaran. Netray mencoba mengulik merek tabir surya apa yang banyak banyak diminati warganet TikTok selama 11 – 17 April 2024. Dengan menggunakan kata kunci sunscreen, rekomendasi sunscreen dan tabir surya, ditemukan 676 unggahan video yang membahas topik ini selama sepekan. Berikut ulasannya tabir surya rekomendasi dari warganet TikTok.

tabir surya
Gambar 1. Statistik unggahan video TikTok topik rekomendasi sunscreen

Rekomendasi Tabir Surya ala Warganet TikTok

  1. Biore UV Fresh & Bright

Produk global asal Jepang ini direkomendasikan akun @clariceecutie, seorang aktris sekaligus pemengaruh kecantikan (beauty influencer). Ia menyukai tabir surya Biore ini karena memiliki perlindungan maksimal dengan kandungan Sun Protection Factor (SPF) 50. Menurutnya, sunscreen ini dapat digunakan bagi mereka yang memiliki wajah dengan kulit berminyak. Sebab, produk ini memiliki shine control formula sehingga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. 

Gambar 2. video rekomendasi @clariceecutie

Setelah menggunakan tabir surya ini Clarice merasa wajahnya terlihat lebih cerah. Biore UV ini juga dapat digunakan bersama make up karena tidak menyebabkan make up geser maupun tidak menempel. Selain itu, bagi Clarice kelebihan sunscreen Biore ini memiliki tekstur ringan dan mudah meresap di kulit. Unggahan ini sekaligus menjadi yang terpopuler selama periode pemantauan dengan 7,8 ribu likes, 45 komentar, serta, dibagikan ulang sebanyak 30 kali.

  1. Azloe Tinted Sunscreen

Tabir surya dengan pigmen warna tambahan sesuai warna kulit ini disarankan oleh akun @viviratu8 sekaligus founder merk Azloe. Unggahannya berhasil memperoleh 5 ribu likes, 60 komentar serta dibagikan ulang sebanyak 35 kali. Meski tak menjelaskan secara panjang lebar, Vivi menyarankan agar wanita pengguna tinted sunscreen Azloe untuk saling mendukung agar memiliki kulit yang sehat bukan sekadar putih saja. Azloe sendiri merupakan skincare lokal asal Bandung yang sudah meluncur sejak tahun 2021. Penggunanya ditargetkan usia remaja hingga dewasa muda (16-25 tahun). Azloe telah mengantongi sertifikat BPOM.

Gambar 2. video rekomendasi @viviratu8
  1. UnitAry Sun Face Protection Serum

Sunscreen yang diklaim cocok untuk segala jenis kulit ini, terlihat direkomendasikan akun @tiwirhma. UnitAry Sun Face Protection SPF 50 ini menurutnya sangat makeupable alias bisa menyatu dengan makeup tanpa menyebabkan pilling (menggumpal) karena produk yang tidak terserap baik di kulit. Ketika dipakai pun tabir surya ini terasa ringan dan membuat wajah tampak lebih glowing. Unggahan rekomendasi tabir surya merk UnitAry ini mampu memperoleh 5 ribu likes, 20 komentar, serta dibagikan ulang sebanyak 7 kali oleh warganet TikTok.

Gambar 3. video rekomendasi @tiwirhma
  1. UV Sunscreen Serum Amaterasun

Akun @shelaamaliyaputri menobatkan produk ini sebagai best sunscreen untuk oily skin. Tabir surya dengan SPF 50 PA++ yang dikhususkan bagi jenis kulit yang kombinasi hingga berminyak. Ia menyukai tekstur sunscreen yang begitu cair serta mudah menyatu dengan kulit hingga tidak terasa lengket pada permukaan wajah. Ia juga menyukai hasil sunscreen yang tidak menimbulkan white cast (noda putih yang tertinggal) serta terasa ringan di wajah. Unggahan rekomendasi sunscreen Amaterasun ini disukai oleh 2,3 ribu pengguna TikTok, memperoleh 29 komentar, serta dibagikan ulang sebanyak 9 kali.

Gambar 4. video rekomendasi @shelaamaliyaputri
  1. Garnier Super UV Invisible Serum Sunscreen

Influencer sekaligus model Jessica Bandit yang bisa ditemui di akun TikTok @jessbandit merekomendasikan sunscreen ini bagi orang-orang yang sering melakukan aktivitas luar ruangan. Keseringan terpapar sinar matahari dapat menyebabkan sunspots atau bercak hitam pada wajah.

Jess menyarankan tabir surya ini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang dapat mengurangi bercak kulit. Menurutnya kelebihan sunscreen ini yakni memiliki power by airlock technology yang membuat teksturnya ringan, no white cast serta ringan di kulit. Ia pun telah membuktikan setelah memakainya seharian sunscreen ini tak tampak berminyak di wajah. Dengan harga yang terjangkau sebesar Rp 69 ribu sudah mendapatkan tabir surya SPF 50 PA++++ yang diklaim mampu melindungi hingga 99% dari paparan sinar UV matahari.

Gambar 5. video rekomendasi @jessbandit
  1. Sun Battle Emina

Sunscreen lokal ini terlihat direkomendasikan akun @bukancecil. Cecil merasa produk ini sangat cocok bagi yang memiliki kulit berjerawat hingga sensitif. Dengan tekstur yang ringan ditambah kandungan cica alias centella asiatica atau di Indonesia lebih dikenal dengan daun pegagan yang mampu menenangkan kulit kemerahan. Dia juga menjabarkan bahwa kelebihan tabir surya ini karena harga terjangkau, membuat kulit terlihat lebih sehat dan glowing, tekstur yang mudah meresap di kulit, dan tidak berminyak. Unggahannya ini berhasil menarik perhatian warganet berupa 1,3 ribu likes, 6 komentar, serta dibagikan ulang sebanyak 10 kali.

Gambar 7. video rekomendasi @bukancecil
  1. The Originote Ceramella Sunscreen

Tabir surya dari merk asal China ini disarankan pengguna TikTok @always.denia. Ia menyukai produk ini karena tidak membuat kulit terlihat kusam dengan tekstur creamy sehingga mudah diaplikasikan pada wajah. Sunscreen yang mengandung SPF 50 PA+++ ini mudah meresap di kulit serta cocok untuk semua jenis kulit. Unggahan tanpa voice over ini berhasil memperoleh 1,2 ribu likes serta 2 komentar dari warganet.

Gambar 8. video rekomendasi @always.denia

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Pantauan Sidang MK Sengketa Pemilu, Penggugat dan Warganet Tak Terkejut dengan Hasil Putusan

Sidang putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa hasil Pilpres 2024 akhirnya digelar pada Senin (22 April 2024). Setelah sebelumnya capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mengajukan gugatan karena tidak terima akan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyatakan Prabowo-Gibran sebagai pemenang dalam Pilpres 2024. Hasil sidang MK menyebutkan bahwa gugatan yang diajukan Anies maupun Ganjar seluruhnya ditolak oleh para hakim.

Terdapat delapan hakim yang memutuskan perkara ini yakni Suhartoyo sebagai Ketua MK, Wakil Ketua MK Saldi Isra, serta enam hakim anggota; Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic, Guntur Hamzah, Ridwan Mansyur, dan Arsul Sani. Para hakim MK mengeluarkan keputusan tersebut tersebab seluruh permohonan sengketa tidak beralasan menurut hukum. Putusan tersebut pun sudah dapat dibaca langsung pada website MK.

Netray mencoba menilik ragam berita yang sering muncul selama sebelum hingga sesudah dibacakannya putusan MK. Dengan menggunakan kata kunci putusan&&mk selama periode 21-23 April 2024 muncul pemberitaan yang begitu masif sebanyak 1355 artikel terbit dari 176 media massa. Bahkan intensitas pemberitaannya pada hari-H sidang mencapai 879 artikel.

Gambar 1. Statistik pemberitaan sidang putusan sengketa pilpres
Gamba2. Intensitas pemberitaan

Melalui fitur Top Words atau kata- kata yang paling sering digunakan oleh media massa. Dalam grafik di bawah tampak kata 2024, pilpres, konstitusi, dan presiden menjadi yang paling banyak disebut. Selain itu kata hakim juga menjadi sorotan media dalam memberitakan sengketa pilpres ini. Berita terkait kata ini adalah adanya dissenting opinion atau beda pendapat dari tiga hakim. Dissenting opinion dalam sidang PHPU ini baru kali ini terjadi sepanjang sejarah. Perbedaan pendapat ini berasal dari hakim Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat.

Gambar 3. Jajaran kata populer

Pendapat dari Arief menyatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 cenderung menandakan kualitas demokrasi Indonesia yang menurun bahkan mengalami defisit. Sedangkan Saldi meyakini bahwa telah terjadi upaya politisasi bansos dan mobilisasi aparat dengan tujuan keuntungan elektoral sehingga seharusnya diadakan pemungutan suara ulang. Begitu pun Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih menginginkan pemilu ulang terkait adanya mobilisasi aparat negara dalam Pilpres 2024. Namun dari ketiga perbedaan pendapat tersebut tak ada satu pun yang menyinggung soal diskualifikasi. Berita ini seperti yang disampaikan oleh portal Ayo Jakarta, RMOL, dan Pikiran Rakyat.

Lalu terdapat pula nama Anies yang jadi sorotan media massa. Pemberitaannya begitu beragam. Sehari sebelum sidang MK, Anies beserta tim kuasa hukum yakin bisa menang dalam gugatan PHPU kali ini. Co-captain Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Sudirman Said meyakini bahwa paling tidak hakim akan mendiskualifikasi untuk cawapres nomor urut 2. 

Sementara Anies Baswedan tak menyebutkan secara detail hanya ia meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) akan membuat keputusan berani dan berdasarkan hati nurani. Warta ini seperti yang dituliskan Tribun Medan dan Kompas.

Gambar 5. Sampel berita kata ‘anies’

Topik lain yang juga dihadirkan media terkait Anies terkait dengan apakah dia akan kembali maju menjadi cagub Jakarta masih mencuat. Namun hal tersebut sudah dijawab oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin karena harus melalui proses Pilpres hingga tuntas. Seperti yang tampak diberitakan Realita Rakyat serta Rakyat Merdeka pada gambar di bawah ini.

Gambar 6. Sampel berita kata ‘anies’

Adapun setelah putusan selesai dibacakan, tim Anies-Imin tidak pecaya bahawa para hakim MK menolak gugatan timnya. Seperti yang terungkap dari Pengacara Anies, Wakil Kamal yang menyerukan kalimat istighfar usai hakim MK membacakan putusan. Portal Bisinis Bandung terlihat menerbitkan terkait bahasan ini.

Gambar 7. Sampel berita kata ‘anies’

Di sisi lain, usai putusan Anies justru legowo menerima keputusan tersebut. Bahkan ia sempat menilai Prabowo sebagai sosok patriot yang berpendidikan. Sehingga mampu mengembalikan dan akan menjaga nilai-nilai demokrasi ini di masa-masa Indonesia ke depan.

Gambar 8. Sampel berita kata ‘anies’

Kata lain yang banyak disebut media massa adalah nama Cak Imin. Terlihat nama muhaimin tampak menonjol dalam jajaran Top Words. Muhaimin banyak dikutip pernyataannya usai sidang MK selesai. Cak Imin, mengaku tidak terkejut dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatannya. Lebih lanjut munculnya putusan ini mengkonfirmasi bahwa pihaknya termasuk MK tak mampu menghentikan laju pelemahan demokrasi di Tanah Air. 

Gambar 9. Sampel berita kata ‘muhaimin’

Muhaimin juga menegaskan ia bersama Anies akan terus berada pada gerakan perubahan dengan cita-cita jangka panjang memperkuat pilar-pilar demokrasi serta menghadirkan keadilan. Sedangkan terkait langkah partainya PKB akan menjadi oposisi atau bergabung dengan pemerintah Cak Imin belum menjelaskan secara gamblang karena masih menampung aspirasi dari para kader PKB seluruh Indonesia, terutama dari para kiai pada Dewan Syura.

Gambar 10. Sampel berita kata ‘muhaimin’

Kemudian nama Ganjar juga menonjol dalam pemberitaan terkait sengketa Pilpres 2024. Meski tak banyak mengeluarkan pernyataan, pemberitaan soal Ganjar lebih banyak tentang kehadirannya secara langsung dalam sidang MK bersama Mahfud MD. Sedangkan Prabowo-Gibran tak tampak hadir di tempat hanya diwakili oleh pengacaranya. 

Ganjar hanya merespon putusan ini dengan mengatakan bahwa semoga keputusan Mahkamah Konstitusi benar-benar lahir dari kejernihan hati dan pikiran serta sesuai dengan hati nurani dan profesionalisme.

Usai sidang MK, Ganjar bersama Mahfud langsung menyambangi kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan tertutup tersebut berlangsung kurang lebih selama dua jam. Ganjar pun tak banyak bicara kepada awak media setelah pertemuannya dengan sang Ketum PDIP.

Pemantauan Linimasa X Terkait Sidang MK

Pemantauan kanal media sosial X menunjukan data antara lain seperti jumlah unggahan, yakni sebanyak 39.140 kali. Jumlah tersebut dihasilkan dari unggahan langsung dan repost atas unggahan dengan kata kunci. Reaksi warganet sendiri atas unggahan-unggahan tersebut berjumlah 76,7 ribu kali yang membentuk sebuah gelembung perbincangan dari topik sidang sengketa MK. Secara potensial gelembung perbincangan tersebut dapat menjangkau 164,2 juta akun.

sidang mk
Gambar 12 . Statistik pemantauan topik sidang MK

Secara garis besar, perbincangan warganet banyak didominasi unggahan dengan sentimen netral dibanding sentimen lainnya. Pasalnya Netray hanya menemukan 9.751 unggahan dengan sentimen positif dan 10.688 unggahan dengan sentimen negatif. Sedangkan total unggahan dengan sentimen netral tercatat sebanyak 18.701 kali.

Tingginya unggahan dengan sentimen netral tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah antusiasme warganet menunggu berlangsungnya sidang Mahkamah Konstitusi pada hari Senin lalu. Antusiasme tersebut dicurahkan dengan membanjiri unggahan yang bersifat informatif alih-alih mencurahkan pada unggahan dengan pendapat atau sikap politik. Sebagai contoh adalah unggahan dari akun media massa atau unggahan yang berisi semacam pengumuman dari public figure.

Gambar 13. Unggahan dengan sentimen netral

Mengamati perluasan perbincangan warganet, Netray mendapatkan sejumlah topik yang direpresentasi dengan kata yang kerap digunakan warganet. Salah satunya adalah kata anies yang tentu saja merujuk pada nama Anies Baswedan. Usut punya usut naiknya nama Anies adalah buah dari pendukungnya semasa Pilpres seperti akun @Mdy_Asmara1701 dan @Yurissa_Samosir. Mereka membagikan sikap kubu Anies-Cak Imin dalam menghadapi sidang Mahkamah Konstitusi.

Gambar 14. Top Words X sidang MK
Gambar 15. Unggahan yang menyebut kata anies

Terdapat pula kata dissenting yang merujuk pada posisi sejumlah hakim MK dalam persidangan. Diketahui bahwa terdapat 3 hakim yang memiliki dissenting opinion, atau pendapat yang memberatkan dari putusan sidang MK. Meskipun akhirnya pendapat yang memberatkan ini harus berseberangan dengan keputusan sidang.

Warganet yang berharap gugatan dalam sidang MK ini berhasil dari awal sudah merasa mereka akan kalah. Adanya dissenting opinion juga tidak membantu memenangkan kasus. Jadi warganet tidak terlalu terkejut dengan keberadaan perkembangan sidang tersebut. Meskipun tidak sedikit yang masih mengapresiasi sikap sejumlah hakim ini.

Gambar 16. Unggahan yang membahas dissenting opinion

Sedangkan untuk Top Complaint warganet yang biasanya menjadi sarang unggahan sentimen negatif terpantau muncul kata tidak terbukti dan kecewa. Kata tidak terbukti menjadi ungkapan dari pendukung pemerintah yang menyebut bahwa gugatan ini hanya aksi sakit hati dari pemohon 01 dan 03 seperti unggahan dari akun @ferrykoto.

Gambar 17. Top Complaints topik sidang MK
Gambar 18. Unggahan dengan ungkapan complaint

Kekecewaan atas hasil sidang MK tentu saja akan diwakili oleh kata kecewa dalam daftar di atas. Kekecewaan tersebut jelas tertulis dari unggahan milik akun @panduwisnubroto. Akan tetapi lagi-lagi warganet tidak terlalu terkejut dengan hasil sidang sengketa pemilu ini. Warganet kembali ditunjukkan bahwa hukum adalah instrumen politik yang hanya membelenggu kebenaran.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Lifestyle Fancy Penerima KIP Kuliah Jadi Ajang Kritik Warganet

Program pemerintah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kembali menjadi sorotan warganet setelah sebuah akun menfess di X menguak gaya hidup mahasiswa penerima bantuan tersebut. Disinyalir, penerima program ini dinilai  banyak salah sasaran. Warganet pun menyayangkan hal tersebut lantaran bantuan ini seharusnya dapat dinikmati oleh mahasiswa yang benar-benar membutuhkannya. 

Memantau kericuhan ini, Netray Media Monitoring menggunakan kata kunci KIP dan KIPK untuk melihat seberapa besar atensi warganet atas isu ini. Hasilnya ialah ditemukan sebanyak 4,3 ribu unggahan tentang kedua kata kunci ini. Unggahan-unggahan tersebut memperoleh 114,7 ribu reaksi dari warganet lainnya.

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet

Isu santer diunggah oleh lebih dari 2 ribu akun dengan potential reach mencapai 19,6 juta akun. Sementara itu, akun yang paling banyak menyuarakan dan mendapat impresi tentang hal ini ialah akun @UGM_FESS. Akun tersebut telah membagikan 135 cuitan dengan total 56,8 ribu impresi.

Gambar 2. Jajaran akun terpopuler berdasarkan impresi
Gambar 3. Jajaran akun terpopuler berdasarkan total unggahan

Tidak hanya mengunggah tentang kritik atau sindiran terhadap oknum penerima KIPK. Merasa geram dengan gaya hedon dan fancy para oknum, akun ini juga telah ‘me-spill’ sosok dan juga akun-akun medsos dari mahasiswa tersebut.

Gaya Hidup Penerima KIP Kuliah Dirujak Warganet

Perbincangan warganet tentang kedua kata kunci ini tampak memuncak di tanggal 22 April 2024 dengan total 2,9 ribu twit dalam sehari. Tampak unggahan warganet tentang isu ini didominasi dengan cuitan bersentimen negatif sepanjang pemantauan. Unggahan warganet tersebut banyak didominasi dengan ungkapan kritik terkait gaya hidup penerima KIPK. Terlihat dari jajaran top words di bawah ini, kosakata hedon, gayakaya, mahal, branded, bahkan iphone.

Gambar 4. Grafik intensitas perbincangan warganet
Gambar 5. Jajaran kosakata dominan di isu KIPK

Gaya hidup mahasiswa penerima KIP tidak hanya menjadi sorotan melainkan menjadi ajang kritik warganet. Tidak sedikit warganet yang mengunggah dan membongkar hal tersebut ke khalayak umum. Bahkan warganet tak segan ‘mengutuk’ perbuatan oknum mahasiswa tersebut dengan mendoakannya agar benar menjadi seorang yang miskin. 

Gambar 6. Sampel unggahan kritik warganet
Gambar 7. Sampel unggahan kritik warganet

Lifestyle serba fancy seolah-olah sudah melekat di kehidupan oknum mahasiswa ini. Banyak warganet yang mengungkap gaya busana, makanan, barang, hingga tempat nongkrong penerima KIP Kuliah ini semuanya serba mewah dan ‘bermerek’. Seperti halnya gadget para mahasiswa tersebut yang berasal dari merek ternama dan dikenal mahal. 

Gambar 8. Sampel unggahan kritik warganet
Gambar 9. Sampel unggahan kritik warganet

Warganet sangat menyayangkan kejadian-kejadian tersebut. Bantuan pemerintah berupa pembiayaan kuliah ini seharusnya tepat sasaran. Warganet pun merasa permasalahan beasiswa salah sasaran ini sudah bukan menjadi hal yang baru. Bahkan salah satu akun menyampaikan bahwa adanya permainan ‘monopoli’ administrasi tentang beasiswa ini di beberapa daerah. Oleh karena itu, informasi tentang beasiswa ini hanya bisa diakses oleh masyarakat kalangan menengah ke atas bahkan keluarga pejabat daerah. 

Gambar 10. Sampel unggahan kritik warganet
Gambar 11. Sampel unggahan kritik warganet
Gambar 12. Sampel unggahan kritik warganet

Program beasiswa pengganti bidikmisi ini tentu saja seharusnya menyasar mahasiswa dari kalangan kurang mampu dengan potensi akademik yang baik. Melansir dari laman Puslapdik Kemendikbudristek, tahun 2023 total penerima KIPK sebanyak 161.953 mahasiswa. Besaran bantuan biaya hidup yang diberikan dari beasiswa ini ialah terbagi menjadi 5 klaster, mulai dari Rp800.000 hingga Rp1.400.000 per bulan.

Meskipun memiliki persyaratan dan seleksi yang begitu ketat, beasiswa pengganti Bidikmisi ini nyatanya masih memiliki permasalahan yang sama dari tahun ke tahun. Banyak laporan dari publik yang menemukan fakta lapangan jika penerima beasiswa ini banyak salah sasaran. Bahkan mereka yang seharusnya mendapatkan beasiswa ini justru hingga saat ini harus berjuang membiayai pendidikan dan hidupnya di tengah keterbatasan.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Langganan Netray Media Monitoring Satu Bulan Hanya 350 Ribu, Coba Sekarang!

Memahami kebutuhan pengguna yang ingin selalu mendapatkan layanan terbaik dengan harga terjangkau, Netray Media Monitoring menyediakan paket ekonomis. Memantau percakapan di berbagai platform media online dan media sosial pun kini menjadi lebih praktis dan efisien. Tidak perlu khawatir dengan budget yang harus disiapkan. Netray menyediakan layanan monitoring dengan harga yang terjangkau.

1. Paket Standard, 1 Bulan 1 Channel Hanya 350 Ribu

Bagi kamu yang ingin menikmati layanan Netray dengan budget terbatas, paket ini cocok untukmu. Hanya dengan 350 ribu rupiah, kamu bisa dapatkan kuota 4 keyword yang dapat diedit sesuai kebutuhan dan akses dashboard Netray tanpa batas selama satu bulan penuh. Kamu bebas memilih channel mana saja yang ingin kamu pantau: Twitter, Instagram, News, YouTube, atau Facebook masing-masing dengan harga yang sama. Fitur sentiment analysis, social network analysis, reporting, dan comparison juga langsung bisa dinikmati. Jangan khawatir, meski harganya paling murah, kamu tetap dapat dukungan dari client support kami. 

Netray Paket Standard

2. Paket Premium, Lebih Hemat Akses Semua Channel Netray Media Monitoring

Jika kamu ingin menikmati semua layanan Netray, kamu bisa memilih paket premium. Layanan ini memungkinkan kamu menikmati semua channel dan akses dashboard Netray tanpa batas selama satu bulan penuh. Kuota 4 keyword untuk setiap channel atau total 36 kuota (keyword, account, hashtag, dan channel) dapat diedit sesuai kebutuhan. Paket ini termasuk fitur sentiment analysis, social network analysis, reporting, dan comparison serta dukungan client support.

Netray Paket Premium

Layanan yang Pasti Kamu Dapatkan Jika Berlangganan Netray

Satu-satunya yang membedakan antara paket standard dan paket premium adalah batasan channel yang bisa dipilih untuk dimonitor. Di paket standard seharga 350 ribu kamu hanya bisa menggunakan 4 keyword di salah satu channel yang ingin dipantau. Sedangkan di paket premium seharga 2 juta kamu bisa mengakses semua channel dengan total 36 keyword atau masing-masing 4 kuota untuk tiap channel yang dipantau. Tidak perlu khawatir, layanan Netray berikut ini pasti kamu dapatkan setelah berlangganan Netray, baik di paket standard maupun di paket premium.

1. Kuota 4 keyword yang dapat diedit sesuai kebutuhan

2. Monitoring keyword, hashtags, account monitoring, dan atau channel 

3. Default Netray Media Monitoring Dashboards

4. Sentiment Analysis, Social Network Analysis, Comparisons, dan atau Reporting*

5. Unlimited user

6. Bebas request penambahan portal media

7. Application & Technical Supports

Ingin menikmati pengalaman menggunakan Netray secara gratis, kamu juga bisa mencoba Paket Trial Netray terlebih dahulu. Apabila ada pertanyaan seputar layanan Netray silakan hubungi Kontak Netray untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Berharap Lanjutkan Kesuksesan, Film Siksa Kubur dan Badarawuhi Tuai Sentimen Negatif

Dua film horor kembali rilis tepat di hari kedua lebaran, 11 April 2024. Film berjudul Siksa Kubur dan Badarawuhi di Desa Penari hingga kini bersaing ketat mencuri perhatian penonton. Akan tetapi, jumlah penonton dua film ini hingga pada hari kelima penayangannya masih di bawah 2 juta. Padahal film sebelumnya dari kedua sineas ini merupakan film horor terlaris pada saat itu. 

Selang satu minggu dari penayangannya, Film Siksa Kubur dan Badarawuhi masih santer diperbincangkan warganet Twitter. Memantau dengan kata kunci siksa kubur dan badarawuhi, Netray Media Monitoring menemukan puluhan ribu unggahan dalam sepekan ini. Secara rinci, kata kunci badarawuhi lebih banyak disebut dengan total 20,9 ribu twit sedangkan siksa kubur disebutkan dalam 17,5 ribu twit. Meski demikian, jumlah impresi unggahan tentang Siksa Kubur lebih banyak dibandingkan Badarawuhi. 

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet tentang Badarawuhi
Gambar 2. Statistik perbincangan warganet tentang Siksa Kubur

Unggahan tentang kedua film ini banyak dinaikkan oleh akun resmi dari rumah produksi atau akun sutradara. Seperti gambar di bawah ini, cuitan terkait Film Badarawuhi banyak diunggah oleh akun twitter @KKNMovie, @MdPictures, hingga @MDEntertainment. Sementara itu, unggahan tentang film Siksa Kubur banyak diunggah oleh sang sutradara, yakni @jokoanwar. 

Gambar 3. Jajaran top akun berdasarkan jumlah unggahan tentang Badarawuhi
Gambar 4. Jajaran top akun berdasarkan jumlah unggahan tentang Siksa Kubur

Meski banyak diperbincangkan warganet, unggahan terkait kedua kata kunci justru dominan memiliki sentimen negatif dibandingkan positif. Ulasan hingga kritik penonton tentang film ini banyak menyumbang sentimen negatif terhadap kedua film horor ini. 

Jika dibandingkan dengan unggahan bersentimen positif, unggahan bersentimen negatif lebih mendominasi. Film Badarawuhi mendulang 6,2 ribu cuitan bersentimen negatif atau sebanyak 30% dari keseluruhan tweet (Gambar 1). 

Film prekuel dari KKN Desa Penari ini dinilai ‘gagal’ oleh banyak penontonnya. Seperti yang diunggah oleh kedua akun di bawah bahwa film garapan Kimo Stamboel ini dinilai kurang memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penonton tentang Badarawuhi ataupun tentang misteri Desa Penari. Meski secara teknis dinilai lebih bagus dibandingkan KKN Desa Penari. Namun secara alur cerita Film Badarawuhi dinilai gagal menyampaikan jalan ceritanya.

Unggahan bersentimen positif tentang film ini hanya ditemukan dalam 3,6 ribu cuitan atau 17% dari total unggahan (Gambar 1). Twit bersetimen positif ini didominasi dengan unggahan tentang pujian warganet terhadap garapan Kimo Stamboel yang dinilai lebih epic secara visual dibandingkan film prekuelnya. Warganet juga memuji pemilihan aktor yang dianggap sesuai dan dapat memberikan efek seram terkait penggambaran sang Badarawuhi.

Sama halnya dengan Badarawuhi, film karya Joko Anwar juga banyak mendulang sentimen negatif dari warganet. Sebanyak 7,4 ribu unggahan atau 42% dari total cuitan merupakan twit bersentimen negatif (Gambar 2). Unggahan bersentimen negatif ini juga banyak didominasi dari unggahan yang mengkritik tentang alur atau plot cerita yang dinilai kurang jelas. Bahkan warganet berpendapat jika film Joko Anwar kali ini memiliki jalan cerita yang terlalu ‘lambat’. Tidak hanya itu, warganet juga mengkritik adegan ‘gore’ yang disuguhkan film Siksa Kubur yang bahkan membuat psikis warganet terganggu pasca menontonnya.

Sedangkan unggahan bersentimen positif masih berasal dari pujian warganet untuk Joko Anwar. Banyak warganet yang selalu dibuat kagum dengan karya Joko Anwar. Pesan tersirat dari sang sutradara yang kadang sulit ditangkap penonton justru memberikan nilai plus. Dengan kata lain, teori-teori yang dibuat oleh Joko Anwar dalam film-filmnya berhasil membuat penontonnya ketagihan.

Gambar 5. Sampel unggahan tentang pujian untuk filmJoko Anwar
Gambar 6. Sampel unggahan tentang pujian untuk filmJoko Anwar

Secara keseluruhan, kedua kata kunci ini justru didominasi oleh unggahan bersentimen netral. Dilihat dari statistik sebelumnya, kata kunci badarawuhi menuai 52% unggahan bersentimen netral sedangkan siksa kubur memperoleh 45% dari total penyebutan. Hal ini banyak ditemukan dalam unggahan yang berisikan tentang teori dan spoiler dari warganet. Banyak warganet yang membagikan teori-teori dari kedua film ini untuk selanjutnya dibuat sebagai ajang diskusi bagi sesama warganet atau penikmat film.

Adu Strategi Marketing Badarawuhi & Siksa Kubur

Dirilis di hari yang bersamaan, kedua film horor dari dua sutradara ternama ini memiliki strategi marketing masing-masing yang begitu menarik. MD Entertainment tidak hanya memasarkan filmnya di Indonesia, melainkan di kancah internasional. Melansir dari KapanLagi.com, Badarawuhi telah menggelar gala premiere di studio IMAX MCA, Wesfield Century City, Los Angeles pada 4 April pekan lalu. Manoj Punjabi menggaet Lionsgate untuk membantu pendistribusian filmnya di negeri Paman Sam ini. Film ini dikabarkan akan tayang di beberapa bioskop Amerika Serikat mulai 26 April esok. 

Sementara itu, Joko Anwar tidak memberikan strategi khusus bagi filmnya kali ini. Hanya saja, trailer film yang menggunakan latar belakang lagu berjudul Bila Waktu Tlah Berakhir dari Opick sudah berhasil menyedot animo penonton yang dibuat penasaran dengan jalan ceritanya. Tidak hanya itu, pemasaran terselubung dari Joko Anwar yang menarik perhatian publik ialah terkait unggahannya di X yang mempersilahkan UMKM untuk menggunakan logo film ini sebagai bahan dagangan.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Polemik Serangan Iran ke Israel, Isu Syiah Memecah Kubu Warganet

Konflik kontemporer di Timur Tengah memasuki babak baru. Pada 14 April lalu, Iran meluncurkan serangan rudal dari teritorinya langsung ke sejumlah titik di wilayah Israel. Klaim serangan ini adalah upaya pembalasan atas pengeboman konjen Iran di Damaskus, Suriah oleh militer Israel yang menewaskan 13 orang. Tel Aviv sendiri mampu menghalau serangan rudal jarak jauh tersebut berkat sistem pertahanan iron dome mereka.

Aksi militer yang dilakukan Republik Islam tersebut cukup mengejutkan dunia, termasuk masyarakat Indonesia yang memiliki perhatian khusus atas isu perang dan politik Timur Tengah. Sebagai negara yang memiliki populasi umat Islam yang besar, gerakan solidaritas menentang okupasi Israel berkembang subur di Indonesia. Solidaritas tentu saja ditujukan untuk rakyat Palestina sebagai target okupasi tersebut.

Akan tetapi konflik dengan Iran membawa dimensi berbeda bagi solidaritas masyarakat Indonesia. Meskipun Iran adalah negara yang menganut asas Islam dalam pemerintahannya, mazhab yang dianut di sana berseberangan dengan mazhab yang dianut mayoritas umat muslim di Indonesia. Iran dikenal menganut pandangan Syiah, sedangkan sebagian besar umat muslim di sini menganut aliran Sunni.

Layering konflik semacam ini tergambarkan dengan jelas di linimasa media sosial Indonesia dan menjadi salah satu corong opini publik yang mudah diakses. Netray Media Monitoring lantas memantau unggahan-unggahan warganet di kanal X guna menangkap perbincangan atau opini publik tersebut. Pemantauan ini dilakukan selama periode 11 April – 17 April menggunakan kata kunci iran&&israel. Hasilnya bisa disimak di bawah ini.

Pemantauan Serangan Iran ke Israel di Media Sosial X

Secara total, pemantauan atas topik serangan Iran menghasilkan volume perbincangan sebanyak 23.429 unggahan. Animo masyarakat kala menanggapi isu ini terpantau cukup tinggi, yakni mendatangkan 751,2 ribu impresi dalam rupa reply, repost, dan favorites. Dengan respons setinggi ini, perbincangan dan unggahan yang mengandung kata kunci secara potensial dapat menjangkau hingga 180,3 juta akun X berbahasa Indonesia.

Gambar 1. Statistik pemantauan topik serangan Iran

Intensitas perbincangan warganet X Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan pada tanggal 16 April 2024 atau dua hari setelah serangan Iran ke Israel. Pada tanggal tersebut, volume yang dihimpun Netray mencapai angka 14 ribu lebih titik perbincangan. Sedangkan intensitas pada tanggal 14 dan 15 tidak sampai menyentuh angka 2 ribu. Hingga Rabu siang 17 April, volume perbincangan menurun dan kemungkinan tidak akan bertambah lagi kecuali terjadi perkembangan isu.

Gambar 2. Peak time perbincangan warganet X

Terlepas dari intensitas dan volume perbincangan, perbincangan juga diwarnai perbedaan sentimen dari warganet. Sentimen ini bisa dimaknai sebagai sudut pandang hingga posisi pendirian warganet kala melihat isu serangan Israel. Guna menyelaraskan sentimen, Netray berasumsi bahwa unggahan positif sebagai unggahan yang mendukung aksi militer Iran serta menyerang Israel. Sedangkan unggahan yang terindeks negatif adalah yang mencela serangan tersebut.

Melalui grafik Top Accounts dengan sentimen positif, Netray menemukan akun-akun yang unggahannya meraup impresi terbanyak. Mereka antara lain adalah akun @RJLetsGo, @kegblgnunfaedh, dan @brgsjks. Akun @RJLetsGo membuat unggahan yang menyebutkan sejumlah informasi yang bersifat positif. Ia membagikan strategi militer Iran seperti melarang kapal yang berhubungan dengan Israel beroperasi di Teluk Persia dengan ancaman penyitaan. 

Gambar 3. Top Account sentimen positif isu serangan Iran
Gambar 4. Unggahan dengan sentimen positif

Begitu juga dengan akun @kegblgnunfaedh yang menceritakan bagaimana peristiwa serangan roket Iran yang membuat iron dome Israel harus bekerja keras. Sedangkan akun @brgsjks malah membuat seruan kepada anak muda Indonesia karena akhirnya ada negara yang secara terbuka menyerang Israel.

Gambar 5. Unggahan dengan sentimen positif

Top Account sentimen netral menampilkan deretan akun seperti @kiddiejaemin, @numanmazlan, dan @superbeyinsiz. Berbeda dengan sentimen lainnya, unggahan dengan sentimen netral ini terpantau cenderung berisi konten yang informatif alih-alih menjatuhkan justifikasi atas serangan Iran ke Israel. Contoh unggahan dari akun-akun tersebut bisa disimak di bawah ini.

Gambar 6. Top Account dengan sentimen netral
Gambar 7. Unggahan dengan sentimen netral
Gambar 8. Unggahan dengan sentimen netral

Untuk sentimen negatif, akun yang meraup impresi terbanyak antara lain adalah akun @JatIkhwan, @SoftWarNews, dan @erlanishere. Namun, unggahan dengan sentimen negatif justru bertujuan untuk semakin mendiskreditkan Israel. Seperti pernyataan @JatIkhwan yang menyebut bahwa Israel selama ini hanya berlindung di balik sekutu-sekutunya seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Gambar 9. Top Account dengan sentimen negatif
Gambar 10. Unggahan dengan sentimen negatif
Gambar 11. Unggahan dengan sentimen negatif

Wacana Syiah dalam Topik Serangan Iran

Narasi tentang aliran Syiah bahkan hampir tidak termanifestasi secara vulgar di linimasa X. Netray tidak menemukan kata tersebut dalam deretan kata paling sering digunakan warganet untuk semua kategori sentimen. Kata Syiah baru muncul ketika daftar tersebut dikhususkan untuk unggahan dengan sentimen negatif.

Gambar 12. Top Words all sentiment
Gambar 13. Top Words sentimen negatif

Menariknya, tak semua unggahan dengan sentimen negatif adalah unggahan yang menyebarkan kebencian terhadap golongan tersebut. Meskipun masih bisa ditemukan seperti pada unggahan dari akun @SammiSoh dan @ProfOnline_id

Gambar 14. Unggahan yang berisi kebencian terhadap Syiah

Sebagian besar unggahan yang menyebut kata Syah justru malah menjadi otokritik bagi solidaritas umat Sunni kepada rakyat Palestina. Pandangan akun @manshur_39, @mihrabku, dan @maymarmas terpantau senada. Mereka kecewa dengan pendengungan isu “syiah” ketika malah Iran menjadi negara pertama yang melakukan aksi nyata menyerang Israel. Ketika sebagian besar umat Sunni hanya kencang memberi dukungan saja.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

5 Kedai Kopi Favorit Rekomendasi Warga Twitter

Jumlah kedai kopi di Indonesia terus bertambah secara signifikan seiring tingginya minat minum kopi masyarakat. Bahkan, kini asupan kafein menjadi salah satu kebutuhan harian bagi sejumlah orang. Pada 3 April lalu, Netray menemukan obrolan menarik soal kopi kafe paling diminati. Setidaknya ada 13 kedai kopi populer yang jadi bahasan. Dari daftar tersebut, berikut kedai kopi favorit yang kini jadi jujugan warganet dalam memenuhi asupan kafein hariannya?

  • 1. Kopi Tuku
  • 2. Kopi Fore
  • 3. Kopi Kenangan
  • 4. Tomoro Coffee
  • 5. Point Coffee

1. Kopi Tuku (2015)

Kopi Susu Tetangga adalah menu favorit di kedai Kopi Tuku yang paling banyak direkomendasikan. Rasanya yang creamy, perpaduan kopi susu dan aren berhasil membuat warganet ingin terus menikmati kopi ini. Sayangnya, kedai kopi ini baru membuka cabang di Jabodetabek dan Surabaya. 

2. Fore Coffee (2018)

Startup kopi retail yang kini memiliki 175 cabang di berbagai kota di Indonesia ini juga banyak direkomendasikan. Meskipun harga kopi Fore sedikit lebih mahal, warganet tidak masalah karena Fore rutin memberikan promo di aplikasi. Menu favorit warganet adalah varian butterscooth latte dan americano.

3. Kopi Kenangan (2017)

Memiliki 800 lebih cabang di 64 kota di Indonesia membuat Kopi Kenangan gampang ditemui. Selain karena mudah ditemukan, Kopi Kenangan jadi pilihan warganet karena harganya murah dan sering memberikan promo. Menu favorit adalah americano dan kopi kenangan mantan. 

4. Tomoro Coffee (2022)

Paling baru di antara kedai kopi di list ini, tapi saat ini sudah memiliki 360 cabang di kota-kota besar seperti Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Bali, Yogyakarta, dan Malang. Menu favorit adalah oat latte, americano, dan caramel macchiato

5. Point Coffee (2016)

Memiliki 1200 outlet yang tersebar di 120 kota/kabupaten di seluruh Indonesia membuat Point Coffee paling dekat dengan konsumen. Menu favorit di Point Coffee menurut warganet adalah americano, palm sugar latte, dan caramel macchiato.

Ekskul Pramuka Tak Lagi Jadi Wajib, Pro dan Kontra Aturan Menteri Nadiem

0

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menetapkan aturan baru yakni ekstrakurikuler Pramuka tak lagi wajib bagi murid jenjang SD hingga SMA. Sebelumnya, selama satu dekade ekskul Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib. Aturan tersebut berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permedikbud) No 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Mohammad Nur.

Gambar 1. Permendikbud 63/2014

Keputusan Nadiem tersebut lebih lengkapnya tercantum dalam Permendikbudriistek No 12/2024 Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah. Tepatnya pada pasal 24 yang berbunyi “Keikutsertaan Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler bersifat sukarela”. Regulasi ini ditetapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta pada 25 Maret 2024 dan mulai berlaku pada tanggal diundangkan 26 Maret 2024.

Gambar 2. Permendikbudristek 12/2024

Penetapan aturan yang baru ini menjadi perbincangan yang hangat. Netray Media Monitoring mencoba menangkap respon publik terutama pendapat berbagai tokoh terkait perubahan aturan ini pada media massa online. Dengan menggunakan kata kunci pramuka&&wajib selama periode 29 Maret hingga 4 April 2024 ditemukan 335 artikel dari 161 media massa daring yang membahas topik ini.

Gambar 3. Statisktik pemberitaan topik pramuka tidak wajib

Melalui jajaran entitas top people terlihat bahwa Nadiem Makarim sebagai tokoh utama pemberitaan disebut dalam 132 artikel. Namanya banyak disoroti setelah mengeluarkan permendikbud baru. Seperti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka yang menyayangkan keputusan tersebut serta meminta Nadiem untuk meninjau ulang terkait pencabutan kegiatan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah. 

Gambar 4. Jajaran tokoh populer
Gambar 5. Sampel berita nadiem makarim

Selain itu kritik keras dilontarkan mantan politisi Akbar Faizal melalui media sosial X @akbarfaisal68. Ia menilai Menteri Nadiem menyempurnakan  kinerja buruknya dengan merusak tools pembentukan karakter siswa, padahal ekskul Pramuka bisa membentuk jiwa siswa jadi tangguh. Selain itu ia juga tampak mencolek akun Jokowi serta menuliskan “Nadiem anak kota yang kaya. Nggak paham yang gini-ginian. Jiwanya adalah cuan. Saya protes keras. Menteri online ini merusak karakter bangsa.” Warta tersebut dapat diamati pada Gambar 5 dan Gambar 6.

Gambar 6. Sampel berita nadiem makarim

Persepsi publik sempat menyimpang bahwa Nadiem akan menghapus ekstrakurikuler Pramuka. Akhirnya untuk menjawab ketidakjelasan tersebut, Nadiem melakukan klarifikasi bahwa ekstrakurikuler tersebut tidak akan dihapus ataupun dihilangkan dari sekolah, namun keikutsertaannya bersifat sukarela.

Gambar 7. Sampel berita klarifikasi nadiem

Kemudian di urutan kedua terdapat Anindito Aditomo disebut dalam 53 artikel. Sosoknya merupakan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek. Ia banyak disebut dalam pemberitaan terkait kelanjutan klarifikasi yang telah disampaikan oleh Mendikbud Nadiem.

Anindito menegaskan bahwa setiap sekolah wajib menyediakan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa Kemendikbud Ristek juga tengah mempertimbangkan terkait pengintegrasian pola pendidikan kepramukaan beserta perangkat ajarnya, termasuk modul dan silabusnya ke dalam kurikulum merdeka belajar. Lebih singkatnya nantinya bisa saja Pramuka termasuk dalam kokurikuler dan jam pelajaran.

Gambar 8. Sampel berita anindito aditomo

Anindito juga memaparkan dengan adanya aturan baru ini kegiatan perkemahan yang ada dalam ekskul Pramuka tak lagi wajib diselenggarakan sekolah. Sekolah bisa mengadakan perkemahan jika dalam keadaan siap dan aman.

Gambar 9. Sampel berita anindito aditomo

Di urutan selanjutnya terdapat nama Ahmad Muzani yang disebut dalam 49 artikel. Wakil Ketua MPR ini meminta Nadiem Makarim membatalkan rencana menghapus ekstrakurikuler wajib Pramuka di sekolah-sekolah. Menurutnya menghapus ekskul Pramuka wajib di sekolah-sekolah justru akan mengikis pemahaman kebangsaan, cinta tanah air, dan Pancasila terhadap anak-anak di sekolah. Beritanya seperti yang dituliskan portal Kompas dan CNN Indonesia pada gambar di bawah ini.

Gambar 10. Sampel berita ahmad muzani

Urutan ke empat ada nama Syaiful Huda yang muncul dalam 13 artikel. Ketua Komisi X DPR RI ini menilai kebijakan yang dikeluarkan Nadiem sudah kebablasan. Menurutnya selama ini Pramuka telah terbukti memberikan dampak positif bagi upaya pembentukan sikap kemandirian, kebersamaan, cinta alam, kepemimpinan, hingga keorganisasian bagi peserta didik. Ia juga menekankan semestinya Nadiem memahami bahwa tidak semua peserta didik maupun wali murid memiliki preferensi untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan mereka.

Gambar 11. Sampel berita syaiful huda

Pro Konta Ekskul Pramuka di Linimasa X

Netray juga coba menjaring respon warganet terhadap aturan bahwa Pramuka tak lagi wajib diikuti oleh siswa. Dengan menggunakan kata kunci nadiem&&pramuka, nadim&&pramuka, pramuka&& wajib, selama sepekan yakni 29 Maret hingga 4 April 2024 warganet ternyata begitu antusias menanggapi isu ini. Terlihat muncul 13,6 ribu unggahan dari kurang lebih 7,5 ribu akun membincangkan soal ekskul Pramuka.

Gambar 12. Statistik perbincangan sosial media X topik pramuka tidak wajib

Reaksi warganet X cenderung beragam ada yang setuju dengan keputusan ini ada pula yang tidak. Hal ini dapat diamati melalui jajaran akun populer pada grafik di bawah ini.

Gambar 13. Jajaran akun populer

Akun terpopuler terkait topik ini jatuh pada @MorphoMenelausX yang memperoleh 7,6 ribu reaksi dari warganet. Ia cenderung lebih setuju apabila Ekskul Pramuka tetap eksis karena kegiatan ini memiliki banyak manfaat. 

Gambar 14. Opini warganet

Okky Madasari, seorang penulis novel melalui akunnya @okkymadasari mengungkapkan bahwa ia justru lebih senang akan keputusan Nadiem ini dan seharusnya dilakukan sejak dulu, unggahannya ini berhasil memperoleh 7,2 ribu reaksi dari warganet.

Gambar 15. Opini warganet

Kemudian akun @nengsyifa tampak membagi video saat Anies masih menjadi Mendikbud. Anies menyadari bahwa ekskul Pramuka belum tentu diminati semua anak namun harus diberi ruang yang cukup. 

Gambar 16. Opini warganet

Opini selanjutnya datang dari politisi yang juga cawapres Mahfud MD melalui akunnya @mohmahfudmd. Dia tampak memohon kepada Nadiem agar tetap mempertimbangkan Pramuka sebagai ekskul wajib. Tersebab Mahfud sendiri merupakan alumni Pramuka yang merasa memperoleh banyak manfaat dari kegiatan tersebut.

Gambar 17. Opini warganet

Hal serupa juga dilontarkan akun @langitan99, tampak membagikan video para murid SD yang menyumbangkan makanan-minuman untuk THR sang wali kelas. Dengan adanya praktik ini justru ia tak ingin ekskul Pramuka menjadi tak wajib.

Gambar 18. Opini warganet

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai kontroversi. Film bergenre horor religi ini banyak mendapat kritik dari publik. Bahkan film ini juga mendapat sorotan tokoh agama hingga MUI yang akhirnya membuat pihak PH memutuskan untuk mengganti nama hingga poster film tersebut. 

Netray Media Monitoring memantau perbincangan warganet Twitter tentang film ini menggunakan kata kunci film && kiblat dalam periode pemantauan 21 Maret – 3 April 2024. Hasilnya, ditemukan sebanyak 1,6 ribu unggahan berkaitan dengan kata kunci. Unggahan-unggahan ini dinaikkan oleh lebih dari sembilan ratus akun dengan potential reach mencapai 74,1 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet tentang kata kunci film && kiblat

Perbincangan tentang film ini sudah terlihat sejak awal perilisan trailer. Meski sepi di lima hari pertama penayangan, di hari keenam yakni 26 Maret 2024 perbincangan warganet tentang kata kunci ini tampak menjulang tinggi dan memuncak di hari berikutnya dengan total 592 unggahan dalam sehari. 

Gambar 2. Grafik intensitas perbincangan warganet

Kritik Warganet dan Tokoh Publik atas Trailer Film Kiblat

Di awal penayangan, warganet mulai memberikan kritik tentang cuplikan dari film Kiblat tersebut. Salah satu unggahan kritik pada hari H perilisan trailer menjadi unggahan terpopuler. Akun @gf0rcex berpendapat jika film Kiblat ini hanya akan membuat parno orang yang akan melakukan ibadah sholat. Selain itu, ia juga beranggapan jika ‘kiblat’ merupakan hal yang sakral.

Gambar 3. Sampel unggahan tentang kritik warganet

Hal senada juga dicuitkan oleh akun-akun X di bawah ini. Kiblat yang merupakan arah Ka’bah sebagai bagian dari ibadah umat muslim dianggap menjadi hal yang sakral bagi warganet. Sehingga kritik atas judul hingga cerita yang menyuguhkan kejadian seram saat sholat menjadi ajang kritik warganet. Warganet merasa geram atas penggambaran ibadah yang dibuat begitu menyeramkan.

Gambar 4. Sampel unggahan tentang kritik warganet
Gambar 5. Sampel unggahan tentang kritik warganet

Film Kiblat yang belum resmi tayang ini juga mendapat perhatian dari tokoh agama. Warganet Twitter kerap mengunggah ulang pernyataan dan komentar Ustadz Adi Hidayat terkait film horor ini. Seperti unggahan dari akun berita @eradotid yang membagikan artikel pemberitaan yang mengutip pendapat tokoh tersebut.

Ustadz Adi Hidayat berpendapat jika tidak sah apabila membuat judul film yang bertentangan dengan nilai moral yang telah mengakar di masyarakat. Pernyataan Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini diharapkan warganet dapat didengar dan dijadikan masukan untuk para sineas yang akan membuat film.

Gambar 6. Sampel unggahan tentang film Kiblat disoroti pemukan agama
Gambar 7. Sampel unggahan tentang film Kiblat disoroti pemukan agama

Film garapan Bobby Prasetyo ini juga mendapat sorotan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait judul dan poster yang disuguhkan. Melansir dari unggahan OposisiCerdas.com, Ketua MUI KH Cholil Nafis beranggapan jika judul ‘Kiblat’ yang digunakan pada film tersebut dinilai terlalu mendiskreditkan agama. 

Gambar 8. Sampel unggahan tentang kampanye hitam
Gambar 9. Sampel unggahan tentang kampanye hitam

Senada dengan pernyataan Ketua MUI, beberapa warganet juga menilai film Kiblat ini bahkan dianggap sebagai kampanye hitam ajaran agama Islam. Tidak hanya itu, seperti yang diungkap oleh akun @sexy_ killer404, film horor satu ini juga terkesan melecehkan agama islam sehingga ia berharap kecaman ini dapat menjadi pelajaran bagi para sineas. 

Gambar 10. Sampel unggahan tentang kampanye hitam
Gambar 11. Sampel unggahan tentang kampanye hitam

Tak berselang lama setelah adanya kontroversi ini, tim rumah produksi Film Kiblat pun menanggapi isu ini. Mengutip dari unggahan @yan_widjaya yang menyebut produser Leo Pictures telah bertemu dengan pengurus MUI untuk meminta maaf atas kegaduhan tersebut. Tidak hanya itu, Agung Saputra dan tim juga berencana akan mengganti judul dan poster sesuai himbauan MUI. 

Gambar 12. Sampel unggahan tentang klarifikasi Leo Pictures
Gambar 13. Sampel unggahan tentang klarifikasi Leo Pictures

Mengapa Genre Horor Religi Naik Daun?

Film horor religi sudah ada sejak era Orde Baru. Di masa tersebut, melalui Badan Sensor Film (BSF) pemerintah mengeluarkan Kode Etik Produksi Film yang mengontrol layar kaca secara ketat. Seperti dalam jurnal yang diunggah Raka Putra Pratama dalam Medium Blog, film horor pada masa itu diwajibkan untuk menampilkan unsur agama agar lulus sensor. Sehingga film horor era Orde Baru banyak yang memunculkan sosok kyai yang bahkan seringkali dinilai tidak menyatu dengan alur cerita.

Mengutip dari Good News From Indonesia, lambat laun aturan perfilman Orde Baru tak lagi menjadi patokan para sineas. Unsur agama dalam film horor Indonesia pun mulai absen dari layar kaca di awal Reformasi. Hingga kemudian agama kembali menjadi trend di era modern ini.

Menurut Joko Anwar, agama merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat Indonesia sehingga memasukkan unsur agama dalam film horor juga diperlukan agar terlihat relevan. Menurutnya, unsur agama yang dimuat dalam sebuah film harus ditujukan sebagai penguatan pesan atau dakwah dan bukan untuk menakut-nakuti penonton. 

Tren horor religi juga menjadi sorotan sutradara dan penulis skenario Gina S. Noer. Menurutnya, unsur keagamaan seringkali digunakan hanya untuk pemicu jumpscare. Penikmat film horor selalu menjadikan unsur ini sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah film. Akan tetapi, Gina S. Noer menilai film horor Indonesia saat ini telah mereduksi pesan tentang penguatan keyakinan hanya untuk menciptakan adegan jumpscare tersebut.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti layaknya jersei tim olahraga lainnya, jersei timnas ini dibuat oleh vendor khusus. Kali ini pembuat seragam yang dikenakan oleh tim asuhan pelatih Shin Tae-yong adalah brand apparel Erspo. Akan tetapi pemilihan Erspo sebagai produsen seragam timnas justru mengundang kontroversi.

Publik, melalui media sosial, menilai ada bau-bau busuk dari pemilihan Erspo sebagai vendor. Alasannya adalah Erspo bukanlah merek yang memenangkan tender untuk membuat jersei timnas. Dari penelusuran warganet, proyek ini awalnya diterima oleh Erigo. Akan tetapi nama Erigo menghilang dan diganti dengan Erspo.

Tak hanya masalah ini, warganet juga menyebut bahwa desain dari seragam terbaru timnas ini tidak memiliki daya tarik visual, atau jelek. Melihat kisruh ini, Netray Media Monitoring ingin memantau topik terkait di linimasa media sosial X agar lebih jelas. Netray memantau unggahan-unggahan warganet X yang mengandung kata kunci antara lain erigo, erspo, dan jersey timnas. Hasilnya bisa disimak berikut ini.

Pemantauan Topik Jersei Timnas di Media Sosial X

Selama periode pemantauan dari tanggal 30 Maret hingga 2 April 2024, Netray menemukan 18.533 unggahan yang mengandung kata kunci. Sebagian besar sentimen perbincangan warganet X merupakan unggahan dengan sentimen negatif. Unggahan tersebut bisa berupa ungkapan kekecewaan, ketidakpuasan, kritik, dan berbagai macam respons negatif lainnya.

Gambar 1. Statistik pemantauan perbincangan jersei timnas

Dari total unggahan, Netray menemukan setidaknya 9.433 unggahan merupakan ujaran warganet dengan sentimen negatif, atau sekitar 50,1%. Sedangkan unggahan dengan sentimen positif sebanyak 738 unggahan saja. Sisanya adalah unggahan dengan sentimen netral yang memiliki volume hampir setara dengan unggahan sentimen negatif. Berikut adalah contoh unggahan dengan sentimen negatif.

Gambar 2. Contoh unggahan dengan sentimen negatif

Perbincangan terkait jersei timnas cukup menarik atensi publik dengan volume yang tinggi. Dalam empat hari pemantauan, belasan ribu unggahan tersebut mendapat respons sebesar 209.604 kali impresi. Tingginya impresi dan atensi warganet penggemar sepakbola nasional membuat perbincangan ini secara potensi dapat menjangkau hingga 98,6 juta akun X berbahasa Indonesia.

Apabila memantau intensitas unggahan perhari, puncak perbincangan terjadi pada tanggal 1 April 2024 atau Senin lalu. Sepanjang 24 jam Netray menjaring 11.108 unggahan dengan kata kunci. Sejak awal periode pemantauan memang sudah ditemukan unggahan dengan kata kunci. Akan tetapi perbincangan bisa dikatakan mulai naik pada tanggal 31 Maret 2024, yakni ketika intensitas meningkat di angka 1.285 unggahan.

Gambar 3. Peak time perbincangan warganet X

Akun-akun yang memulai keramaian isu jersey timnas turut masuk dalam jajaran akun yang meraup impresi terbanyak, terutama akun @BolaBolaAja yang meraup impresi mencapai 19 ribu kali. Akun @BolaBolaAja merasa malu mendengar kabar “bentrok” antara desainer jersei timnas dan pihak produsen seragam.

Gambar 4. Daftar akun dengan impresi tertinggi
Gambar 5. Unggahan dari akun @BolaBolaAja
Gambar 6. Unggahan dari akun @idextratime

Sedangkan unggahan terpopuler dari akun @idextratime pada hari itu berisi informasi pernyataan resmi dari Erspo terkait hubungan mereka dengan Makna Group. Makna sendiri adalah perusahaan yang menaungi desainer jersei timnas Ernanda Putra.

Unggahan lain dari akun @BolaBolaAja menuding Erigo ‘cuci tangan’ atas kasus ini ketika nama brand tersebut masuk ke dalam kubangan perbincangan. Selain sempat disebut memenangkan tender pembuatan jersei timnas, pendiri Erigo, yakni Muhammad Sadad ternyata juga pendiri Erspo. Akun ini juga meminta Erick Thohir memberi klarifikasi terkait pindahnya tender dari Erigo ke Erspo. Kebingungan terkait posisi Erigo dan Erspo ini juga dibahas oleh akun @idextratime.

Gambar 7. Unggahan dari akun @idextratime
Gambar 8. Unggahan dari akun @BolaBolaAja

Mengamati daftar akun dengan impresi tertinggi, Netray melihat beberapa akun yang unggahan-unggahannya menarik untuk disimak. Seperti akun @CoachJustinL yang dikelola oleh seorang pengamat sepakbola bernama Justinus Lhaksana. Dari pantauan Netray, Coach Justin atau Koci memang menjadi salah satu pemantik isu yang mengkritik kualitas jersei timnas dan akhirnya menjadi sasaran kemarahan Ernanda Putra.

Gambar 9. Unggahan dari akun milik Koci yang memantik isu
Gambar 10. Unggahan dari akun milik Koci
Gambar 11. Unggahan dari akun milik Koci

Karena perseteruan ini naik ke ruang publik, Erspo akhirnya memutus hubungan dengan Ernanda dan Makna Group. Koci memberi apresiasi atas langkah ini, dan berharap Erspo bisa membuat jersei timnas yang lebih baik ke depannya.

Namun permasalahan tidak berhenti di sini, pasalnya publik sudah kepalang tahu bahwa Erspo pun bermasalah. Akun @MafiaWasit mempertanyakan status Erspo sebagai pemenang tender padahal merek dagang Erspo masih dalam proses pendaftaran HAKI. Sama seperti akun @BolaBolaAja, PSSI dan Erick Thohir harus memberi klarifikasi atas hal ini. Hal yang tidak jauh berbeda juga disampaikan oleh akun @utdabout dengan sedikit twist bahwa Erspo belum membayar desain buatan Ernanda.

Gambar 11. Unggahan dari akun @MafiaWasit
Gambar 12. Unggahan dari akun @utdabout

Mengingat perbincangan ini didominasi dengan sentimen negatif, Netray juga mengamati grafik Top Complaint dan Top Hashtags. Pada daftar Top Hashtags, tagar seruan berhenti membeli produk Espro menjadi yang teratas. Selain itu terdapat tagar #JerseyTimnas, #Erspo, #Erigo, dan #JustinusLaksana. Berikut adalah contoh unggahan dengan tagar #BoikotErspo.

Gambar 13. Tagar yang paling sering digunakan warganet X

Begitu juga dengan daftar kata keluhan dari warganet media sosial X. Yang paling banyak tentu saja adalah kata jelek. Keluhan dan keresahan ini selain dilayangkan untuk desain seragam, warganet juga menyerang sosok Ernanda Putra. Ernanda disebut anti-kritik atas karyanya yang dinilai jelek oleh warganet. Berikut adalah contoh keluhan warganet yang berhasil dihimpun Netray.

Gambar 14. Keluhan yang sering dilayangkan warganet X

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Atau untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang secara real time dapat menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah