Pesona iPhone 12 Di Mata Warganet

Tepat tanggal 14 Oktober 2020, Apple resmi mengumumkan peluncuran iPhone seri terbarunya. Kabar tersebut disambut baik oleh masyarakat pecinta smartphone unggulan ini. Kehadiran iPhone 12 mengunggulkan teknologi kebaruan berupa sistem stabil gambar berbasis sensor-shift yang belum ada pada seri sebelumnya. Sensor-shift ini berfungsi untuk meminimalisasi goyangan atau gerakan ketika mengambil video atau foto. Hal itu merupakan salah satu dari beberapa teknologi kecanggihan yang ditawarkan Apple dalam iPhone 12 ini.

Media Monitoring Netray kali ini mencoba memantau topik ini selama dua pekan sebelum waktu peluncuran, yakni mulai tanggal 8 Oktober 2020-16 Oktober 2020 untuk melihat seperti apa antusias warganet menyambut kabar peluncuran gadget canggih tersebut. Pertama-tama simak dahulu sebaran kata yang paling sering dibahas warganet pada Top Words berikut.  

Berdasarkan kumpulan kata-kata dari Top Words terlihat bahwa kata iphone berukuran paling besar daripada kata lainnya. Hal ini menunjukkan antusiasme warganet dalam menyambut perilisan seri terbaru brand ini. Kemudian diikuti kata lain yang relevan seperti appleevent, apple, beli, dan kamera. Pembahasan serupa yang ramai di jagat Twitter, yakni terkait spesifikasi handphone dan keinginan para warganet untuk membelinya.

Berikut akan ditampilkan seberapa banyak warganet yang membicarakan topik iPhone 12 di Twitter, beserta total twit, total akun, impresi, hingga potential reach.

Rilisnya iPhone 12 dibicarakan warganet sebanyak 8,700 akun dengan dominasi berjenis kelamin laki-laki. Potential reach yang dicapai melonjak sekitar 125,1 juta selama dua pekan terakhir. Penggunaan perangkat Mobile mencapai angka 80% menggambarkan antusiasme warganet Twitter dalam memperbincangkan topik ini melalui perangkat ponsel pribadi mereka. 

Dari grafik di atas terlihat bahwa topik ini memuncak pada tanggal 14 Oktober 2020 dengan total 12.298. Hal itu karena pada tanggal tersebut, bertepatan dengan pengumuman dari Apple terkait peluncuran seri terbaru iPhone 12. Dalam kurun waktu tersebut, topik ini dicuitkan sebanyak 16.749 twit dengan didominasi sentiment positif. Tentu saja, perilisan yang disambut baik oleh warganet ini menyumbang nada positif pada topik ini. Cuitan sebanyak itu, kira-kira apa sih yang dibahas warganet? 

Impresi Warganet untuk Kemolekan iPhone 12

iPhone terbaru ini muncul dengan berbagai macam seri seperti iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Smartphone ini sudah menggunakan chip A14 Bionic dan menyertakan teknologi MagSafe untuk meningkatkan kemampuan pengisian daya pada perangkat. Hadir dengan IOS 14 serta fitur Smart HDR 3 untuk menghasilkan gambar yang lebih ciamik. 

Beberapa cuitan di atas merupakan kesan warganet dengan produk terbaru dari Apple. Mayoritas cuitan bersentimen positif dengan kata lain iPhone 12 mendapat kesan baik dan juga mencuri hati warganet. Banyak juga cuitan yang mengungkap spesifikasi serta keunggulan seri terbaru ini dari seri sebelumnya. Namun yang disesalkan oleh warganet adalah soal kabel charger yang dijual terpisah. Berikut beberapa kebaruan yang menonjol dari iPhone 12 yang diperbincangkan oleh warganet. 

Hadirnya Fitur Deep Fusion dan LiDAR 

Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan iPhone 12 yang paling banyak diperbincangkan warganet. Pada iPhone 12 Pro serta Iphone 12 Pro Max terdapat fitur teknologi computational photography deep fusion yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar dengan menjepret beberapa frame kemudian digabungkan menjadi satu frame. iPhone ini juga dilengkapi dengan adanya sensor LiDAR Scanner. Sensor ini berfungsi untuk memfokuskan kamera pada objek yang akan dijepret ketika malam hari. Lalu LiDAR ini juga dapat memindai objek 3D di dalam ruangan, menambahkan efek pada foto atau video, dan dapat meningkatkan realitas tambahan agar hasil foto atau videonya semakin mulus dan terlihat nyata. 

iPhone 12 Pro Max beserta Apple ProRAW

Keunggulan lain yang ditawarkan Apple dalam iPhone 12 ini ialah adanya aplikasi Apple ProRAW. Kecanggihan aplikasi ini menjadi buah bibir dan banyak menyita perhatian warganet. Mode pemotretan menggunakan Apple ProRAW ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas ruang warna yang lebih banyak dan bervariasi. Selain itu gambar yang dihasilkan adalah gambar RAW yang dapat digunakan untuk keperluan post-processing.

Soal Harga iPhone yang Mahal

Selain beberapa kebaruan yang diperbincangkan warganet di atas, terdapat pula impresi lain yang muncul dari warganet. Tanggapan lain bersentimen positif seperti rasa semangat bekerja dan menabung uang untuk membeli iPhone 12. Sedangkan tanggapan bersentimen negatifnya seperti harga iPhone yang terlalu mahal dan tidak masuk akal. Berikut cuitannya.   

This image has an empty alt attribute; its file name is kerja-300x57.png
This image has an empty alt attribute; its file name is iphon-kerja-300x55.png
This image has an empty alt attribute; its file name is iphone-kerja-300x44.png
This image has an empty alt attribute; its file name is iphone2-300x57.png
This image has an empty alt attribute; its file name is ngatttiiiiiiffff-300x90.png
This image has an empty alt attribute; its file name is negtif-ip-300x54.png
This image has an empty alt attribute; its file name is ngaaatttiiii--300x72.png

Harga iPhone 12 ini memang dapat dikategorikan cukup mahal. Banyak warganet yang merasa seperti harus mengeluarkan effort lebih atau terkesan memaksakan diri apabila ingin membeli iPhone ini. Namun, sebagian warganet tetap mempunyai keinginan untuk membeli dan memiliki iPhone 12 tersebut. Karena harganya yang masih mahal banyak warganet yang mencuitkan harus bekerja lebih keras untuk mengumpulkan uang demi memperoleh iPhone terbaru ini. Sehingga adanya iPhone 12 ini dapat membawa dampak positif juga karena dijadikan motivasi untuk bekerja lebih giat.

Sambutan Baik Si Pendatang Baru

Perilisan seri baru iPhone yang disambut hangat warganet ini tentunya memberi keuntungan bagi brand tersebut. Dalam hal ini juga memperlihatkan betapa warganet telah menanti seri ini. Kecanggihan dan keunggulan fitur yang ditawarkan perusahaan berlogo apel ini mampu menghipnotis pecintanya untuk selalu menantikan seri terbarunya. Dengan hadirnya seri ini diharapkan mampu memberi kemudahan kinerja dalam satu genggaman tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: