Perbincangan Warganet Terkait Tahun 2024, dari Baliho Parpol hingga Olympic

Beberapa waktu belakangan topik seputar tahun 2024 menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh warganet. Bagaimana tidak, tanpa disadari saat ini para aktor politik mulai gencar memasang foto mereka di baliho-baliho jalanan di berbagai wilayah. Menanggapi hal tersebut warganet pun bereaksi dengan mengunggah opini mereka di kanal Twitter. Tidak sedikit dari mereka yang menilai panggung politik 2024 telah dimulai. Sebagaimana diketahui, tahun 2024 mendatang merupakan tahun pemilihan presiden. Menariknya 2024 ternyata tak hanya persoalan pesta demokrasi, namun juga digelarnya kembali ajang olahraga internasional yakni Olympic Paris. Lalu bagaimana perbincangan warganet terkait topik ini? Simak hasil pantauan Media Monitoring Netray berikut.

tahun 2024

Netray mengamati laju perbincangan warganet terkait topik ini selama 30 hari, yaitu sejak 14 Juli 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021. Selama periode pantauan tersebut terlihat beberapa kosakata terkait topik ini, seperti capres, pilpres, 2024, partai, baliho, olympics, dan beberapa kosakata lainnya. Beberapa kosakata populer tersebut berkaitan dengan topik perbincangan warganet terkait tahun 2024.

Sementara itu, berdasarkan statistik hasil pantauan Netray terlihat total tweets pada topik 2024 mencapai 60.5 ribu dengan didominasi oleh tweets bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi warganet terkait topik ini mencapai 350.4 juta dengan potensi jangkauan sebesar 199.5 juta. Jumlah tersebut membuktikan bahwa tahun 2024 merupakan topik yang menjadi perbincangan hangat warganet. Padahal saat ini tahun 2021 masih belum berlalu. Lalu mengapa tahun 2024 menjadi begitu menarik? Apa yang memantik warganet untuk memperbincangkan topik ini?

Bila diamati melalui grafik di atas perbincangan terkait topik ini muncul di setiap harinya dan semakin meningkat secara siginifikan pada beberapa waktu belakangan. Tahun 2024 menjadi tahun pesta demokrasi kembali digelar. Meski 2024 masih beberapa tahun lagi euforia terkait pemilihan Presiden tersebut telah dimulai oleh para parpol.

Namun, sepertinya tahun 2024 tak melulu persoalan pemilihan Presiden namun juga digelarnya kembali pesta olahraga dunia Olympic pada 2024 mendatang. Hal ini diamati dari laju perbincangan warganet yang terlihat melalui Top Words sebelumnya dan pada Media Populer pantauan Netray.

Baliho Politisi Menghiasi Jalanan, Warganet: Ternyata 2024 Udah Mulai Gais

Agaknya perbincangan terkait tahun 2024 memang tidak dapat terlepas dari pesta demokrasi yang akan digelar pada tahun tersebut. Periode kepemimpinan Jokowi akan habis pada tahun 2024 dan akan dilakukan kembali pemilihan Presiden untuk Indonesia. Setelah dua periode menjabat Jokowi tidak dapat kembali mencalonkan diri. Itulah sebabnya pemilihan kali ini dinilai lebih menarik karena warganet mulai menduga-duga siapakah bakal calon presiden Indonesia di 2024 mendatang.

Namun beberapa waktu belakangan warganet mulai menyadari akan hadirnya baliho-baliho di bahu jalanan yang memuat foto tokoh dan partai politik naungan mereka. Menanggapi hal tersebut warganet pun ramai menyampaikan opini. Simak beberapa tweet berikut.

Terlihat warganet mengomentari baliho-baliho parpol yang mulai menghiasi jalanan. Sebagian warganet pun merasa kesal akan hal ini. Mereka menilai timing dari ‘kampanye’ tersebut tak tepat waktu. Pasalnya saat ini Indonesia masih mengalami masa sulit akibat pandemi yang terus berlangsung. Tak heran bila kemudian warganet menanggapi sinis hal ini, bahkan terdapat warganet yang berniat golput pada 2024 mendatang.

Tahun 2024 Tak Melulu Soal Politik, Warganet Juga Menanti Olympic Paris

Setelah Olimpiade Musim Panas Tokyo berakhir, kini warganet menantikan ajang olahraga internasional tersebut yang akan kembali digelar pada tahun 2024 mendatang di Paris. Sebagaimana diketahui, ajang olahraga yang digelar di Tokyo berlangsung pada 23 Juli 2021-8 Agustus 2021. Setelah ajang olahraga dunia tersebut selesai kini warganet Indonesia pun mengucapkan selamat tinggal dan bersiap menyambut Olympic Paris 2024. Mereka juga berharap Indonesia dapat tampil dengan lebih baik di ajang olahraga tersebut.

Top Categories

Pada kategori Top Accounts terlihat akun @kanyamary menempati urutan teratas kategori ini. Hal ini berkaitan dengan tweetnya yang menunjukkan foto baliho para politisi dan bersanding dengan papan reklame milik Traveloka yang menampilkan seorang aktor Korea. Ia pun beropini lebih memilih Han Ji Pyeong dibanding dengan dua foto di/belakangnya. Hal ini pun mencuri perhatian warganet hingga tweet tersebut ramai dengan like, komentar, dan re-tweet warganet lainnya.

Pada kategori Top People terlihat akun @kanyamary juga menempati urutan teratas kategori ini. Selain itu, terlihat beberapa nama lainnya, seperti Anies Baswedan, Ganjar, dan lain sebagainya. Pada kategori Top Organization terlihat Indonesia menempati urutan teratas, diikuti oleh akun @bulutangkisRI serta beberapa nama Parpol.

Perbincangan terkait tahun 2024 agaknya semakin hari semakin mengalami peningkatan secara siginifikan. Berdasarkan pantauan Netray hal ini dipengaruhi oleh dua hal; pertama terkait pemasangan baliho Parpol yang mulai mengkampanyekan tahun pesta demokrasi pada 2024 mendatang dan kedua perbincangan seputar Olympic Paris yang akan digelar pada tahun yang sama.

Demikian hasil pantauan Netray simak informasi terbaru lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: