Perbincangan THR ala Warganet

THR

Lebaran, yang tinggal menghitung hari, selalu identik dengan perbincangan seputar Tunjangan Hari Raya (THR). Nah kalau ngomongin THR di dunia maya, khususnya Twitter, tentunya bukan hanya tentang tunjangan gaji bagi pekerja atau pegawai. THR yang dimaksud mencakup banyak hal seperti angpao atau hadiah berupa uang yang didapatkan dari orang tua atau sanak saudara. 

Seperti apa sih perbincangan warganet tentang THR di akun Twitter mereka? Apakah tahun ini mereka senang mendapat THR banyak ataukah sebaliknya? Berikut pantauan Media Monitoring Netray.

Statistik THR

Untuk melihat perbincangan warganet tentang THR, Netray menggunakan kata kunci THR dan angpau && lebaran dalam pemantauannya. Hasilnya, dengan kata kunci ini dalam periode 1-10 Mei 2021 Netray berhasil menghimpun sekitar 230 ribu lebih twit dengan total impresi sebanyak 836 juta. Dari gambar di atas juga dapat kita lihat total twit bersentimen positif dan negatif yang telah berhasil terlabeli oleh mesin Netray, yakni sebanyak 90.965 twit positif dan 85.566 twit negatif. Dengan total twit tersebut, perbincangan seputar THR ini diperkirakan dapat menjangkau hingga 346 juta akun

Lalu apa yang tengah menjadi perbincangan warganet? Mari kita simak dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada Netray di bawah ini.

Top Words

Pada fitur ini kita dapat mengetahui garis besar perbincangan warganet dengan melihat kumpulan kosakata yang mendominasi topik THR. Dari gambar di atas terlihat kosakata like, dapet, follow, saldo, serta giveaway memiliki ukuran besar dibanding kosakata lainnya. Hal ini menunjukkan perbincangan THR di media Twitter didominasi oleh twit giveaway sebagai hadiah THR. 

Top Akun dan Top Entitas

Selanjutnya pada fitur ini, kita dapat mengetahui akun-akun yang paling banyak mendapat impresi dari warganet lainnya. Dilihat dari gambar di atas, akun @xsnangang berada di urutan pertama pada fitur Top People dan Top Accounts (by popolarity). Dengan topik ini akun tersebut mendapatkan impresi hingga sebanyak 67 ribu. Pada Top Organizations, akun resmi dari e-commerce @LazadaID dan @ShopeeID menduduki dua peringkat teratas sebagai official account yang paling banyak ditandai warganet.

Kata Warganet; THR Enggak, Body Shaming Iya

Apa sih yang ditwitkan @xsnangang sehingga ia menjadi Top People pada topik ini?

Dari potongan gambar di atas dapat kita lihat, akun @xsnangang mencuitkan opini perihal keluh kesahnya saat lebaran. Dalam twit tersebut, @xsnangang mengatakan bahwa saat lebaran ada kemungkinan yang akan diterima, yakni THR atau body shaming. Sontak cuitan ini mencuri perhatian warganet hingga berduyun-duyun untuk berkomentar dan me-retweet cuitan tersebut.

Kata Warganet; Pengen THR Banyak

Dari sekian ratus ribu twit, 90 ribu di antaranya merupakan twit yang terjaring sebagai twit positif. Twit seperti apa yang bersentimen positif ini? Berikut beberapa contohnya.

Dari beberapa contoh di atas, terlihat keinginan warganet saat Lebaran ialah mendapatkan THR banyak. Salah satu cuitan tersebut datang dari akun @mhdarief2208 yang mengatakan ingin mendapatkan THR sebanyak 1 miliar. Wah, banyak juga ya, gais! Kamu ingin juga gak?

Ada harapan maka ada pula kekecewaan. Di balik harapan yang dibayangkan ternyata masih saja ada penantian yang tidak kunjung datang. Dari periode pemantauan, Netray juga menemukan twit yang berisikan keresahan warganet yang tak kunjung mendapatkan THR. Belum cairnya tunjangan tersebut diungkapkan warganet di akun Twitter mereka. Warganet merasa resah karena H-5 lebaran THR tersebut belum juga didapatkannya. Padahal jika sesuai kebijakan pemerintah, perusahaan wajib membayarkan tunjangan tersebut maksimal H-7 lebaran.

Top Complaints

Meski momen lebaran adalah hal yang membahagiakan, namun topik THR ternyata masih menyisakan sejumlah keluh kesah dari warganet. Keluhan apa yang dirasakan oleh warganet terkait kata kunci ini?

Netray berhasil menjaring beberapa kosakata yang terkategorikan sebagai keluhan pada topik ini. Dari gambar di atas dapat dilihat beberapa kosakata yang menjadi perwakilan untuk mengungkapkan hal tersebut. Seperti ‘gak bisa nyicil kerjanya’, apa yang tengah diungkapkan warganet? Pada tabel di bawah ini (kolom gak bisa nyicil) terlihat twit teratas berasal dari akun @HailArmani yang menyatakan kritikannya atas pencairan THR yang tak sesuai harapan. Twit ini pun mengundang perhatian warganet lainnya hingga berhasil mendapatkan ribuan impresi.

Twit keluhan lainnya juga terjaring dengan rangkaian kata yang mengandung ‘bangsat’ dan ‘kecewa’. Jika diamati dari gambar tabel di atas (kolom bangsat), secara garis besar keluhan warganet pada topik ini ialah seputar perbincangan tidak adanya THR pada tahun ini. Sedangkan kumpulan kosakata ‘kecewa’ garis perbincangan warganet ialah kritikan atau opini tentang THR yang diterima oleh PNS.

Top Media

Dari fitur Top Media, dapat ditemukan beberap gambar atau video yang dibagikan warganet terkait dengan topik THR ini. Pada gambar di atas, terlihat beberapa meme yang menggambarkan penantian warganet akan datangnya THR menjelang hari Raya Idul Fitri ini.

Nah, itu tadi perbincangan warganet seputaran THR yang berhasil dirangkum oleh Media Monitoring Netray. Meskipun pandemi menghalangi datangnya THR, semoga tidak menghalangi datangnya silaturahmi kita di momen penuh ampunan ini. Selamat menjelang Lebaran. 

Simak analisis peristiwa terkini lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: