Pasang Surut Citra Awkarin di Twitter

Belakangan ini, nama Awkarin kembali menjadi perbincangan hangat di jagat maya Twitter setelah ia banyak membagikan aktivitas sosialnya. Banyak yang kagum dan mendukung apa yang dilakukannya tersebut. Namun, tidak sedikit pula yang menganggap kemunculannya di berbagai kegiatan sosial hanya sebuah sensasi dan sebagai ajang untuk pamer. Bahkan, beberapa waktu terakhir Awkarin banyak mendapat komentar negatif terkait sikapnya dalam menangani kasus pelanggaran hak cipta yang diungkit sang seniman, Nadiyah Rizki di Twitter.

Netray mencoba memantau aktivitas Awkarin di media sosial Twitter dan interaksi warganet, baik yang terlibat secara langsung dengan Awkarin maupun membahas Awkarin dalam topik tersendiri. Berikut pantauan Netray.

Infografik Pembahasan Topik Awkarin di Twitter

Gambar 1. Infografik Aktivitas Warganet Bahas Awkarin

Sepanjang bulan Oktober, aktivitas warganet Twitter yang membahas Awkarin ialah sebanyak 27,686 cuitan. Secara umum, pembahasan terkait Awkarin didominasi oleh sentimen positif. Namun dari kurva pergerakan sentimen terkait cuitan bertopik Awkarin di atas dapat dilihat pola yang menarik. Topik Awkarin dipenuhi sentimen positif pada periode 1-14 Oktober 2019. Kemudian, frekuensi pembahasan topik ini menurun pada 15 Oktober dan seterusnya sebelum kembali naik pada 29 Oktober 2019 dengan lonjakan sentimen negatif.

Berikut adalah jaringan percakapan terkait topik Awkarin selama bulan Oktober 2019.

Gambar 2. Jaringan Percakapan Warganet Bahas Awkarin

Dalam jaringan tersebut terdapat dua akun yang menjadi pusat arus percakapan, yaitu @awkarin dan @nadiyahrs. Arus percakapan untuk @awkarin didominasi oleh garis hijau atau sentimen positif. Namun, jaringan percakapan @awkarin dihiasi warna merah ketika bersinggungan dengan akun @nadiyahrs.

Untuk mengetahui isu apa saja yang menjadi bahasan warganet sehingga menimbulkan lonjakan sentimen pada tiap periode, Netray akan membahasnya menjadi dua bagian; gelombang positif dan gelombang negatif. Berikut selengkapnya.

Gelombang Positif Awkarin

Periode positif warganet bahas Awkarin terjadi pada 1-14 Oktober 2019. Berikut grafik cuitan warganet dan pergerakan sentimen terkait topik Awkarin pada periode tersebut.

Gambar 3. Periode Positif Warganet Bahas Awkarin

Dari grafik di atas terlihat bahwa bahasan topik ini didominasi oleh sentimen netral. Namun, dilihat dari pergerakan sentimen, terlihat bahwa sentimen positif tetap mengungguli sentimen negatif pada periode ini. Berikut jaringan percakapan warganet terkait topik pada 1-14 Oktober 2019.

Gambar 4. Jaringan Percakapan Warganet Bahas Awkarin 1-14 Oktober 2019

Jaringan percakapan terkait topik Awkarin berpusat pada akun @awkarin. Artinya, banyak aktivitas warganet yang menyebut dan menandai akun tersebut selama periode 1-14 Oktober. Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa garis putih menyala terang diikuti garis hijau dan beberapa garis merah. Hal ini menandakan banyaknya bahasan netral dan positif selama periode tersebut. Untuk mengetahui isu apa saja yang menjadi bahasan warganet pada periode tersebut, berikut Netray sajikan kumpulan kosakata yang kerap muncul dalam pembahasan terkait Awkarin pada 1-14 Oktober 2019.

Gambar 5. Kosakata Populer Topik Awkarin

Dari ilustrasi di atas, dapat diketahui bahwa selain awkarin, warganet banyak menyebut kata macbook, giveaway, iphone, dan ungkapan positif seperti proud dan love.

Gambar 6. Grafik Cuitan Warganet Bahas Awkarin

10 Oktober: Awkarin Adakan Giveaway

Total terdapat 7,662 cuitan pada 10 Oktober 2019. Dari penelusuran Netray, warganet banyak membahas dan menanggapi giveaway yang diselenggarakan Awkarin di Twitter.

Gambar 7. Cuitan Warganet Bahas Giveaway
Gambar 8. Cuitan Awkarin Soal Giveaway

14 Oktober 2019: Dukungan Untuk Awkarin

Pada 14 Oktober, sentimen positif juga mendominasi cuitan warganet yang membahas dan menyebut Awkarin. Netray menemukan bahwa pada tanggal tersebut warganet membahas isu yang menimpa Awkarin soal aktivitasnya yang dianggap memiliki maksud tertentu.

Gambar 9. Cuitan Warganet Bahas Awkarin

Meski begitu, banyak warganet yang tetap mendukung dan menyemangati Awkarin agar tetap berlaku baik seperti biasanya tanpa mempedulikan tuduhan dan penilaian orang lain.

Gelombang Negatif Awkarin

Periode negatif warganet bahas Awkarin terjadi pada 25-31 Oktober 2019. Berikut pergerakan sentimen terkait topik Awkarin pada periode tersebut.

Gambar 10. Kurva Sentimen Topik Awkarin 25-31 Oktober 2019

Dari kurva pergerakan sentimen di atas terlihat bahwa bahasan topik terkait Awkarin pada periode 25-31 Oktober 2019 didominasi oleh sentimen negatif. Dari 4,959 cuitan total pada periode tersebut, 2,348 di antaranya bersentimen negatif. Berikut jaringan percakapan warganet pada 25-31 Oktober 2019.

Gambar 11. Jaringan Percakapan Warganet Bahas Awkarin (25-31 Oktober)

Jaringan percakapan terkait topik Awkarin berpusat pada dua akun besar, yaitu @awkarin dan @nadiyahrs. Hal ini menandakan banyaknya aktivitas warganet dalam menyebut dan membahas topik terkait kedua akun tersebut selama periode 25-31 Oktober. Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa akun @awkarin dominan dikelilingi warna merah, khususnya ketika disinggungkan dengan akun @nadiyahrs. Sementara itu, akun @nadiyahrs justru memiliki jaringan pengikut berwarna hijau. Dalam hal ini, dapat dipahami bahwa akun @nadiyahrs banyak mendapat dukungan dari warganet.

Warganet Bahas Apa?

Gambar 12. Grafik Cuitan Warganet Bahas Awkarin (25-31 Oktober)

Untuk mengetahui isu apa saja yang menjadi bahasan warganet pada periode tersebut, berikut Netray sajikan kumpulan kosakata yang kerap muncul dalam pembahasan terkait Awkarin pada 25-31 Oktober 2019.

Gambar 13. Kosakata Populer Topik Awkarin (25-31 Oktober)

Dari ilustrasi di atas, dapat diketahui bahwa selain awkarin, warganet banyak menyebut kata nadiyah, lawyer, nadiya, karin, salah, minta, karya, hukum, mediasi, speak, hapus, kasus, credit, dan lain-lain. Dari penelusuran Netray, pada periode tersebut Awkarin banyak mendapat komentar negatif terkait kasusnya dengan Nadiyah. Lawyer menjadi kosakata yang sering disebut selain kedua tokoh tersebut karena warganet banyak menyoroti sikap yang diambil Awkarin ketika isu pelanggaran hak cipta di masa lalunya kembali diungkit dan ia memilih untuk mengambil lawyer dalam menangani masalah tersebut.

Dari penelusuran Netray, isu tersebut naik ke media sosial Twitter sejak 26 Oktober 2019.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Sejak itu, banyak warganet yang ikut mengomentari. Sebagian besar mendukung @nadiyahrs untuk memperjuangkan haknya sebagai seorang seniman dan menyayangkan tindakan Awkarin yang justru bersikap santai ingin menyelesaikan kasusnya dengan lawyer dan bukan mengkredit karya yang ia cantumkan dalam media sosialnya.

Cuitan memuncak pada 29 Oktober 2019 karena banyak selebtwit yang ikut mengomentari kasus ini. Awkarin pun akhirnya membuat klarifikasi dan meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan dan dibuat salah paham.

Demikian pantauan Netray terkait topik Awkarin pada bulan Oktober 2019. Sebagai public figur, citra Awkarin mengalami pasang surut seiring dengan aktivitas dan isu yang melingkupinya. Dari pantauan ini juga dapat diamati bahwa setiap kasus yang menyangkut seorang public figur dapat bergulir cepat di sosial media. Berlaku pula ketika sebuah kasus ditanggapi oleh tokoh public di Twitter maka tidak heran jika kasus tersebut akan semakin besar dan mempengaruhi citra dari tokoh yang bersangkutan.

Foto: wanitaindonesia.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: