Pandemi RI Diprediksi akan Selesai dalam 10 Tahun Mendatang, Bagaimana Tanggapan Warganet?

Beberapa waktu lalu hasil prediksi selesainya masa pandemi yang dirilis oleh Bloomberg muncul dan menggemparkan media sosial di Indonesia. Seperti diketahui, Covid-19 telah menyebar di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Saat ini hampir satu tahun Covid-19 telah menyebar luas ke seluruh wilayah di Indonesia. Dampaknya terlihat di berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga ekonomi. Pemerintah telah berupaya menyelesaikan persoalan ini dengan cara mengeluarkan berbagai kebijakan baru hingga vaksinasi. Saat ini vaksinasi gelombang pertama pun telah dilaksanakan, sasaran awal vaksinasi yakni Nakes yang menjadi garda depan menghadapi Covid-19. Namun, belum lama ini warganet dihebohkan dengan munculnya hasil prediksi Bloomberg yang menyatakan bahwa pandemi di Indonesia akan selesai dalam 10 tahun mendatang. Bagaimana respon warganet terkait hal ini?

prediksi

Perbincangan terkait pandemi terus bergulir setiap harinya di berbagai media sosial, termasuk di antaranya Twitter. Media Monitoring Netray memantau perbincangan warganet Twitter terkait topik ini sejak 02 Februari 2021 sampai dengan 08 Februari 2021. Selama periode tersebut ditemukan 11.2K total cuitan dengan didominasi cuitan bersentimen negatif.

Berdasarkan grafik di atas terlihat perbincangan terkait topik ini memuncak sejak 06 Februari 2021. Hal ini bertepatan sehari setelah Bloomberg menyampaikan laporan mengenai penanganan pandemi dan upaya vaksinasi Covid-19 berbagai negara di dunia pada 05 Februari 2021.

Berdasarkan hasil laporan Bloomberg, Indonesia diprediksi akan menyelesaikan pandemi selama 10 tahun. Prediksi yang ditulis media yang berbasis di Amerika Serikat itu didasarkan pada lambannya proses vaksinasi. Hal ini berbanding jauh bila dilihat melalui beberapa negara lainnya seperti Israel dan United Arab Emirates yang hanya membutuh estimasi waktu sekitar 2 bulan. Menanggapi hal ini bagaimanakah respons warganet?

Pandemi RI Diprediksi akan Selesai dalam 10 Tahun, Warganet: Ya Kali 10 Tahun ke Depan Hidup kek Gini Aja

Menanggapi hasil prediksi tersebut warganet pun mencuitkan opini mereka. Tidak sedikit dari mereka yang merasa gusar akan kebenaran dari hasil prediksi tersebut. Hal ini dapat diamati melalui beberapa cuitan berikut.

Berbagai keresahan pun terlihat diungkapkan oleh warganet melalui cuitannya. Mulai dari keresahan harus WFH selama 10 tahun ke depan hingga bayangan bila PSBB dilaksanakan dalam jangka 10 tahun ke depan. Bahkan melalui akunnya @didimz dan @Shxxbiaa131 mengungkapkan tidak dapat membayangkan jika hidup tetap seperti ini selama 10 tahun ke depan.

Sementara itu, terdapat juga warganet yang berharap hal tersebut hanyalah sebuah prediksi dan berharap pemeritah dapat kembali menggenjot penanganan Covid-19 ini semaksimal mungkin sehingga prediksi tersebut tidak menjadi kenyataan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah pemberitaan dari media asing tersebut. Menurut Moeldoko hal tersebut berlebihan. Moeldoko juga menyampaikan bahwa dalam sidang kabinet Presiden Jokowi menginginkan vaksinasi rampung dalam jangka waktu satu setengah tahun.

Melalui kategori Top People terlihat nama Joko Widodo selaku Presiden RI menjadi nama yang paling banyak disebut oleh warganet dalam topik ini. Dalam kategori ini juga terlihat beberapa nama dan akun lain seperti Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, @dsuperboy, dan @yanuarnugroho. Berikut beberapa cuitan dan mention yang menandai akun-akun tersebut terkait topik ini.

Berdasarkan gambar di atas terlihat beberapa cuitan dari berbagai akun yang turut menanggapi hal ini. Sebagian warganet terlihat mengungkapkan keresahannya, tetapi tidak sedikit juga dari mereka yang tidak percaya akan prediksi tersebut dan berharap prediksi tersebut salah. Dalam persoalan ini warganet berharap pemerintah dapat bertindak lebih cepat seperti halnya dalam melakukan vaksinasi yang menjadi harapan besar seluruh masyarakat Indonesia.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis topik terkini lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: