Pagelaran Miss Universe 2020, Impresi Warganet Hingga Indonesia Masuk 21 Besar

Ajang pagelaran Miss Universe baru saja selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu setelah hiatus di tahun 2020 karena pandemi Covid-19 yang menyebar ke berbagai belahan dunia. Sebanyak 73 kontestan dari berbagai negara tersebut pun bersaing pada malam final Miss Universe 2020 yang digelar di Seminole, Hard Rock and Casion, Hollywood, Florida, Minggu 16 Mei 2021. Hal ini cukup menyita perhatian warganet terkait tebakan siapakah yang berhasil menjadi ratu sejagad pada tahun ini. Di Indonesia bahkan ajang ini sempat mendominasi perbincangan warganet hingga menduduki trending topik. Seperti apakah perbincangan warganet terkait topik ini? Simak pantauan Netray berikut.

Miss Universe

Netray memantau perbincangan terkait topik ini sejak 12 Mei 2021 sampai dengan 18 Mei 2021. Berdasarkan pantauan Netray ditemukan sebanyak 414 total cuitan dengan didominasi oleh cuitan bersetimen positif. Sementara itu, adapun jumlah impresi terkait topik ini mencapai 1,947 dengan menjangkau sebanyak 26.5 juta akun. Pagelaran Miss Universe memang selalu menarik perhatian, tak heran warganet selalu penasaran dengan siapa pemenang ratu sejagad di setiap tahunnya.

Melalui grafik di atas terlihat puncak perbincangan warganet yang meningkat secara signifikan pada tanggal penayangan ajang tersebut di televisi Indonesia, yakni 17 Mei 2021. Mayoritas warganet memperbincangkan terkait dukungan yang mengalir untuk setiap kontestan yang berasal dari 73 negara dari seluruh penjuru dunia. Tak heran bila topik ini kemudian didominasi oleh cuitan bersentimen positif. Lalu apa sajakah yang menjadi perbincangan warganet dalam membahas topik Miss Universe 2020 ini?

Bila diamati melalui Top Words terlihat beberapa kosa kata yang mendominasi perbincangan warganet, seperti Miss Universe, Vote, Ayuma, Thailand, Puerto Rico, Myanmar, Africa, dan beberapa kosa kata lainnya. Selain itu, terlihat juga beberapa tagar yang diusung warganet dalam perbincangan terkait topik ini, yaitu #missuniverse, #missuniverse2020, #missuniverse2021, dan #ayuniverse.

Pagelaran Miss Universe 2020, Dukungan Untuk Ayu Maulida Hingga Meksiko Sebagai Pemenang

Ayu Maulida Putri, namanya kian santer setelah menjadi Putri Indonesia yang bertanding di ajang Miss Universe 2020. Pemilik nama lengkap Raden Roro Ayu Maulida Puteri ini disebut memiliki potensi untuk melenggang ke babak final. Dengan tinggi menjulang 179 sentimeter, berwajah Indonesia, cakap dalam public speaking, dan amat percaya diri, Ayu diharap dapat membawa nama Indonesia di kancah Internasional. Dukungan untuk dirinya pun terus mengalir, hal ini dapat diamati melalui beberapa cuitan berikut.

Terlihat bagaimana warganet memberikan dukungannya terhadap Ayu Maulida yang menjadi perwakilan Indonesia. Terlebih saat dirinya tampil dengan mengenakan kostum bertemakan Komodo Dragon yang menjadi heritage of Indonesian. Warganet pun kagum dengan keanggunan Ayu Maulida yang memukau. Tak heran warganet berharap Ayu Maulida dapat menjadi pemenang ajang bergengsi ini. Namun sayangnya langkah Ayu Maulida harus terhenti di babak 21 besar. Meski demikian warganet tetap merasa puas dan bangga akan sosoknya dan tidak berkecil hati.

Selain dukungan kepada wakil dari negaranya sendiri, terlihat sebagian warganet juga memberi dukungan dan menjagokan beberapa kontestan dari berbagai negara lain. Seperti halnya kontestan asal Puerto Rico, Thailand, Myanmar, hingga South Africa. Berbagai kontestan tersebut pun dinilai memiliki keunikan masing-masing, seperti halnya Miss asal Myanmar Thuzar Wint Lwin yang memenangkan Best National Costume.

Myanmar berhasil menyabet penghargaan Best National Costume di Miss Universe 2020 meski kostum awal yang harusnya dikenakan saat ajang itu hilang selama perjalanan. Hingga dirinya harus memakai kostum pengganti dengan bantuan sesama warga Myanmar yang tinggal di Amerika. Ia pun tampil dengan membawa pesan Pray For Myanmar melalui gaun yang dikenakannya. Hal ini pun berhasil mencuri perhatian para juri hingga dirinya dinobatkan sebagai pemenang kategori Best Costume National Miss Universe 2020.

Lalu siapakah negara yang berhasil keluar menjadi pemenang ajang yang digelar tahunan ini? Ya, Andrea Meza. Gadis kelahiran Chihuahua Meksiko, 13 Agustus 1994 ini berhasil keluar sebagai pemenang yang tidak diduga oleh warganet. Perempuan bernama lengkap Alma Andrea Meza Carmona berhasil menyabet mahkota gelar Miss Universe 2020.

Top Categories

Selain beberapa akun portal media pemberitaan daring, terlihat sepuluh akun lain yang menempati kategori Top Accounts sebagai akun populer dalam topik ini. Salah satunya akun @sbyfess yang dalam pantauan akun Netray terlihat menyuarakan ajakan untuk mendukung Ayu Maulida sebagai perwakilan ajang Miss Universe yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, pada kategori Top People terlihat Presiden Joko Widodo dan Ayu Maulida sebagai perwakilan dari Indonesia menjadi nama paling populer dalam perbincangan warganet terkait topik ini. Pada kategori Top Locations juga terlihat beberapa negara lain yang menyita perhatian warganet, seperti halnya Filipina, Thailand, India, hingga Malaysia. Beberapa negara tersebut bahkan muncul dalam Top Words pantauan Netray.

Kontes kecantikan ratu sejagad selalu menjadi ajang yang mencuri perhatian warganet. Terlebih saat akhirnya kontes ini kembali disiarkan secara langsung setelah 1,5 tahun lamanya harus tidak terlaksana karena pandemi Covid-19. Berbagai perwakilan dari 73 negara pun turut meramaikan ajang ini, termasuk Indonesia. Meski tidak keluar sebagai pemenang, dukungan terhadap Ayu Maulida terus mengalir. Demikian halnya ucapan untuk pemenang, Alma Andrea Meza Carmona yang berasal dari Meksiko dan berhasil dinobatkan sebagai Miss Universe 2020.

Demikian hasil pantauan Netray, simak hasil analisis Netray lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: