Oh GoFood, Oh GrabFood . . . Pilih Mana Ya?

Era moderinisasi seperti sekarang memang membuat dilema. Generasi milenial serba gawai ditambah pelayanan online seperti kesatuan paket lengkap. Bisnis digital yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, ialah GoJek dan Grab. Perusahaan online yang bergerak di bidang transportasi ini semakin mengembangkan layanannya pada bidang makanan. Semula mengantarkan orang lalu berkembang pada mengantarkan makanan. Layanan pesan antar makanan dari GoJek yakni GoFood sedangkan layanan makanan dari Grab bernama GrabFood.

Layanan pesan antar makanan online ini memang memudahkan manusia. Namun terkadang membuat rasa malas untuk bergerak. Sedikit-sedikit pesan makan online, karena malas untuk keluar membeli makan. Hal itu yang membuat layanan GoFood dan GrabFood menjadi kecintaan warganet di Twitter. Apalagi tidak dipungkiri bahwa kedua layanan tersebut sering menawarkan promo, potongan harga hingga gratis ongkos kirim. Netray, menelusuri selama bulan Juli 2019 aktifitas warganet dengan topik GoFood dan GrabFood. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Infografik Cuitan Warganet Tentang GoFood dan GrabFood

Gambar 1. Total Jangkauan, Persebaran Jenis Kelamin dan Perangkat Pengguna

Gambar 1 menunjukkan jumlah total perkiraan pengguna Twitter yang menuliskan cuitan terkait GoFood dan GrabFood. Selama Juli 2019, menghasilkan 71,8 ribu akun menuliskan cuitannya dengan total penayangan sebanyak 67,5 juta kali. Persebaran pengguna dengan jenis kelamin laki-laki mendominasi jumlahnya daripada pengguna perempuan. Perangkat yang digunakan didominasi mobile phone 91% daripada website. Berikut grafik cuitan warganet berkenaan kedua brand tersebut.

Gambar 2. Grafik Cuitan Warganet Tentang GoFood dan GrabFood

Gambar 2 memperlihatkan bahwa selama satu bulan aktifitas warganet Twitter sangat intens untuk bahasan GoFood dan GrabFood. Total cuitan warganet untuk kedua brand GoFood dan GrabFood ini bisa dikatakan hampir penuh setiap harinya. Cuitannya hampir menyentuh 1000 cuitan per harinya. Keseluruhan jumlah selama Juli 2019 sebanyak 37.472 cuitan. Berikut kurva persebaran sentimen negatif dan positif berdasarkan cuitan warganet Twitter.

Gambar 3. Kurva Sentimen Warganet Terkait GoFood dan GrabFood

Gambar 3 merupakan kurva sentimen terkait GoFood dan GrabFood selama Juli 2019. Pergerakan garis kurvanya sangat konstan dari hari ke hari. Sentimen positif lebih unggul daripada sentimen negatifnya. Jumlah sentimen positif sebanyak 12.086 cuitan dan sentimen negatif sebanyak 11.109 cuitan. Nah, brand mana nih yang paling sering dibicarakan warganet? Topik perbincangan apa yang sering dibahas? Berikut kosakata yang paling sering disebut warganet dalam cuitannya, terkait kedua brand tersebut.

Gambar 4. Kosakata Populer

Gambar 4 memperlihatkan bahwa kata ‘gofood’ dengan ukuran paling besar sering diperbincangkan, diikuti oleh ‘grabfood’. Setelah itu terdapat pula kata ‘order’, ‘promo’, dan ‘diskon’. Kira-kira apa sih yang membuat GoFood lebih sering diperbincangkan daripada GrabFood? Apakah kosakata populer yang sering muncul di atas mempengaruhi topik pembicaraan kedua brand tersebut? Berikut ini, Netray akan mengulasnya satu persatu.

1. GO-FOOD

GoFood merupakan layanan pemesanan makanan pengembangan dari aplikasi GoJek. Layanan pengembangan dari GoJek sudah sangat beragam. GoJek merupakan aplikasi online yang menawarkan jasa transportasi. Berada di bawah naungan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa yang resmi berdiri pada 2010. Kini GoJek semakin berkembang pesat sampai ke Asia Tenggara. Berikut infografik cuitan warganet mengenai GoFood.

Infografik Cuitan GoFood Bulan Juli 2019

Gambar 5. Grafik Cuitan Tentang GoFood

Selama Juli 2019 cuitan warganet yang memabahs GoFood sebanyak 23.001 cuitan. Hampir setiap harinya grafik cuitan penuh dengan jumlah cuitan di atas angka 500. Puncak cuitan dengan total 900 cuitan terjadi pada 29 Juli 2019. Pada puncak cuitan tersebut, Netray menemukan bahwa warganet membahas mengenai promo restoran baru yang bekerja sama dengan GoFood. Promo meliputi pembelian melalui GoFood mendapat potongan harga.

Gambar 6. Grafik Cuitan 29 Juli 2019

Cuitan 29 Juli membahas mengenai promo yang diberikan GoFood untuk pembelian ‘roasted chicken thigh poyam’. Pada puncak tersebut cuitan warganet sebanyak 898 dengan intensitas cuitan pukul 19.00 WIB. Berikut cuitan warganet pada saat 29 Juli 2019.

Gambar 7. Cuitan 29 Juli 2019

Gambar 7 cuitan warganet akun @krdrhrdn mengenai promo pembelian ‘roasted chicken thigh’ pada tanggal tersebut. Seperti diketahui bahwa masyarakat memang menyukai hal-hal bersangkutan dengan promo. Oleh sebab itu cuitan warganet memuncak ketika membahas promo makanan.

Jaringan Percakapan Terkait GoFood

Gambar 8. Jaringan Percakapan GoFood

Gambar 8 menunjukan jaringan aktifitas warganet di Twitter berkenaan dengan topik GoFood. Jaringan yang mendominasi justru bukanlah akun @gofoodindonesia ataupun @gojekindonesia, tetapi @GrabID. Hal itu disebabkan akun @GrabID sering ditandai warganet ketika membahas GoFood. Namun akun @gojekindonesia dan @gofoodindonesia juga membentuk jairngan percakapan yang lumayan besar.

Pergerakan Sentimen GoFood Bulan Juli 2019

Gambar 9. Kurva Sentimen GoFood

Gambar 9 memperlihatkan bahwa pergerakan garis sentimen terkait GoFood lumayan fluktuatif. Garis sentimen postifnya lebih banyak daripada negatifnya. Bahkan dapat dikatan hampir sebulan selalu garis positifnya lebih tinggi daripada negatifnya. Jumlah sentimen positinya sebanyak 7.866 cuitan sedangkan sentimen negatifnya 5.561 cuitan.

2. GRAB-FOOD

GrabFood merupakan layanan antar makanan. Pengembangan jasa antar Grab yang berasal dari Singapura ini berhasil melaju dengan pesat. Grab resmi berdiri 2012 dengan nama awal Grab Taxi. Kini jasa layanan Grab sudah menyebar ke Asia Tenggara dan Indonesia. Perkembanganya sangat cepat hingga kini GrabFood bersanding dengan GoFood dan sama-sama menjadi pilihan hati masyarakat.

Infografik Cuitan GrabFood Bulan Juli 2019

Gambar 10. Grafik Cuitan Tentang GrabFood

Pada bulan Juli 2019 cuitan warganet mengenai GrabFood sebanyak 16.426 cuitan. Puncak cuitan terjadi pada 4 Juli 2019. Seperti gambar di atas terlihat bahwa warganet sangat sering membahas GrabFood di Twitter. Bahkan hampir setiap harinya cuitan selalu banyak dengan menembus angka 400 lebih cuitan. Berdasarkan penelusuran Netray, puncak cuitan 4 Juli diketahui bahwa warganet membahas mengenai promo yang diberikan GrabFood.

Gambar 11. Grafik Cuitan 4 Juli 2019

Puncak cuitan 4 Juli 2019 membahas mengenai promo yang ditawarkan oleh GrabFood. Menurut warganet, GrabFood sering sekali memberi promo pada makanan. Hal itu yang membuat warganet sering membahas GrabFood pada setiap cuitannya. Tidak hanya promo yang dibahas oleh warganet, tetapi juga keluh kesah karena kesalahan pengiriman. Berikut contoh cuitan warganet sentimen positif dan negatif.

Gambar 12. Cuitan Positif

Gambar 12 merupakan cuitan positif warganet yang membahas mengenai promo GrabFood yang banyak sekali.

Gambar 13. Cuitan Negatif

Gambar 13 merupakan cuitan negatif warganet yang mengungkapkan bahwa pesanannya belum terkirim tetapi sudah dikonfirmasi.

Kurva Sentimen Terkait GrabFood Juli 2019

Gambar 14. Kurva Sentimen GrabFood

Gambar 14 menunjukkan pergerakan kurva sentimen GrabFood selama bulan Juli 2019. Garis sentimen negatif mulai 1 Juli 2019 sampai 22 Juli 2019 lebih tinggi dari garis sentimen positifnya. Kemudian tanggal 25 Juli sentimen positifnya lebih unggul, namun tidak belangsung lama. Jumlah sentimen negatifnya sebanyak 6.030 cuitan, sedangkan sentimen positifnya sebanyak 4.975 cuitan. Dominasi cuitan netral sebanyak 5.421 cuitan.

Jaringan Percakapan Terkait GrabFood

Gambar 15. Jaringan Percakapan GrabFood

Gambar 15 merupakan jaringan percakapan yang terbentuk dari aktifitas warganet dengan topik GrabFood. Terlihat bahwa akun @GrabID membentuk jaringan paling besar dan nyambung dengan akun @grabfoodid dan @GrabMY. Namun akun-akun tersebut membentuk jaringan kecil di samping jaringan @GrabID tersebut.

Jadi, Pilih GoFood apa GrabFood Nih?

Hasil penelusuran Netray, memperlihatkan bahwa GoFood lebih sering diperbincangkan warganet sebanyak 23.001 cuitan. Sedangkan intensitas perbincangan warganet terkait GrabFood sebanyak 16.426 cuitan. Rincian sentimen kedua brand tersebut yakni GoFood sentimen positif sebanyak 7.866 sedangkan sentimen negatifnya 5.561 cuitan. Kemudian GrabFood lebih banyak sentimen negatifnya sebanyak 6.030 sedangkan sentimen positifnya sebanyak 4.975 cuitan. Artinya sentimen positif kedua brand tersebut lebih banyak GoFood daripada GrabFood.

Terlepas dari semua ulasan di atas, mau GoFood lebih unggul ataupun GrabFood lebih unggul, semua memiliki porsi dan pangsa masing-masing. Kedua brand tersebut sudah pasti menjadi pilihan hati masyarakat. Hal itu terlihat dari pemerolehan grafik yang hampir penuh setiap harinya. Membuktikan satu hal bahwa masyarakat Indonesia sangat bergantung dengan layanan online. Netray hanya berusaha menyajikan dan mengemasnya kembali berdasarkan data. Mau pilihanya GoFood atau GrabFood? Mari terus mendukung perusahaan online agar terus maju dan sukses ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: