Newbie Super Air Jet, Si Pesawat Nyentrik yang Menyita Hati Warganet

Dunia penerbangan dihebohkan dengan munculnya maskapai pesawat terbaru bernama Super Air Jet. Maskapai pendatang baru ini merujuk segmen anak muda milenial. Super Air Jet menyasar calon penumpang kalangan anak muda karena dianggap berpeluang lebih besar. Pasalnya anak milenial membutuhkan penerbangan yang relatif low cost untuk keperluan wisata ataupun bisnis. Hal ini sesuai dengan fokus utama dari maskapai Super Air Jet, yakni menawarkan konsep penerbangan langsung antar kota atau point-to-point dengan biaya rendah. Hadir dengan tatanan konsep yang berbeda, Super Air Jet optimis dapat memberikan sensasi kebaruan daripada pesawat komersial lainnya. 

Melihat keramaian media akan hadirnya Super Air Jet, Media Monitoring Netray melakukan pemantauan terkait maskapai baru tersebut. Seperti apa antusias masyarakat yang diwakili oleh warganet menyambut hadirnya maskapai Super Air Jet? Simak selengkapnya. 

Melalui Top Words dapat terlihat secara garis besar apa yang diperbincangkan warganet terkait Super Air Jet.  

Perbincangan warganet apabila dilihat dari gambaran Top Words di atas ialah seputar munculnya maskapai baru di masa pandemi dengan sasaran calon penumpang kaum milenial. Selain itu, warganet juga membahas terkait izin penerbangan dari maskapai Super Air Jet yang siap mengudara tidak lama lagi. Antusias warganet juga terlihat dari munculnya kata seragam dan murah dalam perbincangan tersebut. Kemudian pada gambar di atas muncul nama rusdi kirana yang turut terseret dalam perbincangan terkait Super Air Jet. Bagaimana impresi warganet tentang Super Air Jet yang menyangkutpautkan dengan seragam para awaknya? Lalu apa hubungan Rusdi Kirana dengan maskapai Super Air Jet? 

Statistik Twitter untuk Super Air Jet

Kabar munculnya Super Air Jet mencuat dalam media massa pada 2 Mei 2021. Media berita membagikan informasi pengenalan atas kemunculan maskapai newbie Super Air Jet.

Hasil pemantauan Netray selama sepekan dengan periode 30 April-6 Mei 2021, topik Super Air Jet telah diperbincangkan warganet sebanyak 618 cuitan. Pada statistik di atas angka potential reach lebih unggul daripada jumlah impresinya. Potential reach Super Air Jet menyentuh angka 63 juta, artinya kemunculan topik Super Air Jet mencapai jangkauan yang luas. Namun hasil jangkauan tersebut tidak memancing interaksi warganet dalam mendiskusikan topik sehingga jumlah impresinya lebih rendah.

Sedikitnya intensitas ketertarikan warganet dalam mendiskusikan Super Air Jet, dapat terlihat dari gambar grafik berikut. Persebaran grafik di bawah memperlihatkan bahwa awal mula cuitan muncul pada 2 Mei hingga puncak cuitan terjadi di tanggal 4 Mei. Perbincangan tersebut didominasi dengan cuitan bersentimen netral.

Melihat Grafik Puncak 4 Mei

Apa yang membuat perbincangan warganet paling tinggi terjadi di 4 Mei? Pada gambar di atas, intensitas warganet berselancar dalam Twitter pada pukul 17.00-18.00 WiB. Sebanyak 400 cuitan, diramaikan oleh cuitan dari akun resmi portal media yang membagikan informasi terkait Super Air Jets serta menautkannya dengan artikel pemberitaan.  Beberapa informasi tersebut mendapat interaksi berupa retweet dari warganet. 

Tanggapan Warganet tentang Super Air Jet

Cuitan dari akun resmi portal media yang dilemparkan ke Twitter, membuat penasaran hingga memancing warganet untuk berkomentar.

Warganet menuliskan tanggapan bahwa pesawat Super Air Jet sangat keren dan tidak sabar ingin segera mengudara bersama pesawat tersebut. Tidak lupa sebagian warganet juga mengucapkan selamat datang pada Super Air Jet di dunia penerbangan Indonesia. Hadirnya pesawat tersebut dinilai menambah pilihan penerbangan bagi masyarakat.

Warganet Salfok dengan Seragam Awak Kabin Super Air Jet

Di samping memberikan tanggapan tentang maskapai, jenis pesawat ataupun memberikan ucapan selamat datang, terdapat warganet yang justru salah fokus dengan seragam cabin crew Super Air Jet. Berikut tanggapannya. 

Warganet memuji seragam awak kabin Super Air Jet yang terlihat lebih kasual. Menurut warganet seragam yang dikenakan terkesan lebih cocok untuk kinerja flight attendant yang harus bolak-balik kabin. Sepatunya pun menyesuaikan yakni sepatu kets sehingga tidak menyebabkan kaki kram seperti sepatu hak tinggi yang dikenakan pramugari maskapai lainnya. Lalu tanggapan lainnya datang dari cuitan @prinxeus_ yang menyebutkan seragam Super Air Jet mirip dengan seragam petugas taman safari.

Spekulasi tentang Rusdi Kirana Sebagai Pendiri Super Air Jet

Setelah pembahasan dalam Top Words di atas, terdapat satu nama yang muncul di tengah-tengah topik Air Jet. Sebenarnya siapa Rusdi Kirana? Mengapa nama Rusdi terseret dalam kemunculan Super Air Jet? 

Rusdi Kirana adalah pendiri Lion Air sekaligus pencetus penerbangan dengan tarif murah kepada masyarakat. Rusdi lahir di Cirebon tahun 1963, sebagai pengusaha Rusdi mengembangkan maskapai Lion Air menjadi sebuah perusahaan bernama Lion Group. Kini ekspansi perusahaan yang dipimpinnya tersebut telah membawahi anak perusahaan seperti Batik Air, Wings Air, Malindo Air, dan Thai Lion Air.  

Gambar cuitan di atas merupakan tulisan dari akun portal media yang memberitakan tentang keterkaitan Rusdi Kirana dalam pembentukan Super Air Jet. Menurut pemberitaan tersebut, Super Air Jet digadang-gadang merupakan anak perusahaan dari Lion Group karena tipe tarif kelas pesawat yang sama, yakni berharga ekonomis. Selain itu, anak Rusdi Kirana pun diberitakan turut andil dalam kepemilikan Super Air Jet.

Izin Terbang Super Air Jet dalam Proses

Meski kemunculannya sudah menggemparkan lini media sosial di Indonesia, tetapi Super Air Jet belum memiliki izin terbang. Pasalnya pengurusan izin terbang dan sertifikasi operasi masih dalam proses dan akan segera selesai dalam waktu dekat. Apabila semua berkas izin terbang sudah digenggam, maka Super Air Jet akan menggelar launching resmi pesawat nyentrik ini.  

Contoh cuitan tersebut berisi kumpulan akun portal media yang memberitakan terkait izin terbang Super Air Jet. Izin terbang merupakan syarat wajib untuk melengkapi operasional penerbangan perdana Super Air Jet. 

Melihat Top Akun

Dalam gambar susunan Top Akun tersebut, terlihat bahwa akun portal media pemberitaan mendominasi cuitan atas pembahasan Super Air Jet. Hal ini selaras dengan jumlah potential reach yang tinggi sebab topik Super Air Jet paling banyak disebarluaskan oleh akun portal media. Sisi kiri merupakan jajaran top akun berdasarkan populer, sebagai akun portal media yang menarik intensitas warganet paling sering. Akun @GNFI menempati urutan pertama sebagai akun yang paling gencar interaksi cuitannya terkait kemunculan pesawat baru tersebut. Kemudian sisi kanan merupakan jajaran top akun berdasarkan count. Urutan akun portal media yang paling banyak menuliskan cuitan tentang kemunculan Super Air Jet.

Penutup

Super Air Jet merupakan angin segar bagi dunia penerbangan yang muncul ditengah-tengah pandemi. Sebagai pendatang baru di Indonesia, Super Air Jet berhasil membuat masyarakat penasaran. Antusias warganet terlihat dari cuitan-cuitannya yang bersentimen positif. Perhatian warganet banyak tersita kepada seragam awak kabin Super Air Jet yang berbeda dari seragam awak kabin maskapai penerbangan pada umumnya. Seragam awak kabin Super Air Jet terkesan lebih kasual dan sesuai dengan pangsa pasar yang dituju yakni kaum anak muda. Menyuguhkan tampilan yang berbeda, kasual dan elegan, bertarif rendah, Super Air Jet siap melayani segala keperluan masyarakat terfokus pada kalangan milenial. Demikian analisis Netray. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: