Tuesday, August 4
Home>>Brand>>Netray Diluncurkan Juli 2020: Media Monitoring Terbuka untuk Pengguna Mandiri
BrandBisnisMedia

Netray Diluncurkan Juli 2020: Media Monitoring Terbuka untuk Pengguna Mandiri

Press Release

Juli 2020: Netray (https://netray.id), produk Media Monitoring berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan diluncurkan untuk pengguna mandiri pada 9 Juli 2020. Netray yang selama ini mengakomodasi pemantauan media sosial dan media berita daring untuk kepentingan bisnis korporasi, kini ingin menjadi solusi bagi kalangan yang lebih luas yang juga memiliki kebutuhan untuk mengetahui perbincangan netizen di media sosial maupun isu-isu yang sedang hangat di portal media daring. Netray menyadari bahwa kebutuhan itu tidak terbatas hanya pada perusahaan dan institusi tertentu, tetapi juga pengguna perorangan seperti mahasiswa dan para peneliti.

“Dengan diluncurkannya Netray, kami berharap bisa memberi dan menjadi solusi kebutuhan masyarakat mengenai Media Monitoring Service yang dapat diakses oleh kalangan luas dan user-friendly, terutama saat ini Netray terbuka baik untuk bisnis maupun untuk pribadi,” kata Banu Antoro, Chief Operating Officer Netray.

“Kami juga akan selalu bersemangat menghadapi tantangan-tantangan di depannya untuk terus mengembangkan Netray hingga menjadi Media Monitoring Tools yang paling unggul terutama di Indonesia,” tambah Banu.

Bagaimana Netray Bekerja?

Netray merupakan sebuah media monitoring platform tool berbasis analisis big data dan kecerdasan buatan yang dapat memproses jutaan data dengan sentimen analisis. Data ini mudah terbaca karena dikonversikan ke dalam grafik. Melalui statistik dari data yang dikumpulkan, pengguna pun bisa mendapatkan gambaran mengenai seberapa ramai suatu topik dibicarakan di sosial media maupun portal berita daring. Selain itu, Netray menerapkan metode deep learning untuk menganalisis sentimen dan meningkatkan akurasi dalam analisis big data.

“Teknologi internet yang semakin maju dan akses internet yang semakin mudah berimbas pada semakin banyaknya informasi yang beredar di internet. Netray yang memanfaatkan teknologi terbaru seperti Machine Learning dan Deep Learning, berusaha menguraikan informasi tersebut agar semakin mudah dipahami oleh masyarakat. Harapannya agar masyarakat semakin teredukasi dalam mencerna informasi dan memanfaatkannya pada hal yang positif,” kata Moch Ari Nasichuddin, Machine Learning Engineer Netray.

Dengan Netray kita dapat memantau opini publik terhadap suatu isu. Bagi pemilik usaha, mereka dapat melihat opini publik tentang brand atau trend yang sedang naik saat ini. Netray juga dapat digunakan akademisi untuk mendapatkan analisis sosial media dan pemberitaan daring terkait tugas atau penelitiannya.

Netray menganalisis suatu data dengan menggunakan kata kunci yang dpat berupa isu, kata, atau tagar yang diperoleh melalui media sosial seperti, Twitter, Instagram, Facebook, maupun media berita daring. Selanjutnya, data akan dianalisis dengan analisis sentimen berdasarkan muatan emosi yang terdapat di dalam suatu kalimat. Kemudian grafik mengenai isu atau brand akan tersaji. 

Membaca Opini dan Framing Sebuah Isu Melalui Sentimen Analisis

Analisis sentimen merupakan muatan emosi (label emosi) dalam suatu kalimat di media sosial. Netray membaginya menjadi beberapa kategori. Label positif pada suatu kalimat berarti warganet antusias, menyukai, dan senang. Label netral menunjukan suatu ekspresi tidak menyukai ataupun membenci. Sementara label negatif berisi tanggapan warganet yang tidak menyukai, marah, atau benci. 

Dalam melihat sebuah isu besar, analisis sentimen menjadi penting karena dapat diketahui secara cepat bagaimana opini yang berkembang di masyarakat terhadap isu tersebut. Bagaimana arah pembahasan dan framing media terhadap suatu isu juga dapat dilihat secara cepat melalui hasil analisis Netray.

Jaringan Percakapan Sebagai Instrumen Analisis

Dengan kecerdasannya, Netray juga mampu menyajikan jaringan percakapan sebagai instrumen analisis. Jaringan percakapan akan memperlihatkan akun-akun yang paling banyak ditandai warganet ketika membahas suatu topik. Melalui jaringan percakapan, pengguna Netray dapat mengetahui seberapa luas sebuah topik dibahas sekaligus melihat siapa akun yang paling berpengaruh dalam topik tersebut.

Membaca Topik Secara Cepat dan User-Friendly

Selain kemampuan-kemampuan di atas, Netray juga menghadirkan sensasi pembacaan data yang sangat user-friendly. Netray memiliki kemampuan membaca topik secara cepat melalui “Top Words”. Selain itu, Netray juga dapat menunjukkan topic traffic melalui “Peak Time”. Dengan Peak Time, pengguna Netray dapat mengetahui intensitas perbincangan topik per waktu. Lainnya, Netray juga dapat memudahkan penggunanya membaca isi topik melalui kicauan dan media populer.

“Bukan hanya korporasi atau politik saja, tetapi dengan adanya paket baru dari Netray, sekarang memungkinkan semua orang bisa memakai Big Data dan Artificial Intelligence untuk sebagai media monitoring dan menganalisa kebutuhannya. Apakah UMKM, influencer ataupun selebgram. Anda cukup mulai mendaftar di Netray.id dengan gratis,” tegas CEO Netray, Moho Setiya dalam keterangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: