Nadiem Makarim, Menteri Termuda yang Menyita Perhatian Warganet

Nadiem Makarim seperti yang kita ketahui merupakan pendiri sekaligus pencetus Go-jek, perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dengan inovasi pengembangan digital dan teknologi informasi. Bisnis tersebut berkembang pesat dengan berbagai macam pengembangan inovasi. Sukses menjadi pebisnis, kini sosok Nadiem Makarim menyita perhatian warganet dengan diberi amanah sebagai menteri di kabinet pemerintahan Bapak Jokowi jilid 2. Nadiem Makarim ditunjuk untuk membantu Bapak Jokowi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Banyak respons warganet mengenai Menteri Nadiem Makarim sebagai wajah baru dan fresh. Perbincangan warganet mengenai Menteri Nadiem menjadi trending dengan tanda pagar #mendikbud #nadiemmakarim.

Berikut Netray, melakukan pengambilan data mengenai perbincangan warganet yang membahas Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2019 – 2024. 

Gambar 1. Persebaran Jenis Kelamin, Perangkat dan Penayangan

Gambar 1 merupakan pengambilan data pada 18 sampai 24 Oktober 2019, sebanyak 158,2 ribu tanggapan dengan 128,9 juta kali penayangan. Persebaran jenis kelamin sebanyak 8,012 jenis kelamin laki-laki dan sebanyak 2,634 perempuan. Penggunaan mobile phone sebanyak 81% dan website lebih sedikit sekitar 19%.  Berikut grafik cuitan warganet mengenai Nadiem Makarim dengan rentang pengambilan selama satu minggu. 

Gambar 2. Grafik Cuitan Warganet

Gambar 2 memperlihatkan grafik dengan selisih jumlah cuitan yang sangat jauh. Mulai 23 Oktober 2019 grafik memuncak dengan jumlah cuitan mendominasi. Pada tanggal tersebut merupakan hari pengumuman serta pelantikan Menteri baru di kabinet pemerintahan Bapak Joko Widodo jilid 2. Jumlah keseluruhan sebanyak 13.412 cuitan. Rincian cuitan pada Rabu, 23 Oktober 2019 total cuitan sebanyak 12.039 dengan 2.701 cuitan bersentimen positif, 7.305 cuitan bersentimen netral, dan 2.033 cuitan bersentimen negatif. Berikut kurva penggambaran sentimen negatif dan positif yang disoroti Netray, mengenai Nadiem Makarim. 

Gambar 3. Kurva Sentimen Cuitan Warganet

Gambar 3 menjelaskan kurva perbincangan warganet dengan garis hijau positif lebih unggul daripada garis merah negatifnya. Rincian sentimen positif sebanyak 3.080 cuitan, dan sentimen negatif sebanyak 2.290 cuitan. Pada gambar tersebut pergerakan kurva mulai 18 Oktober 2019 datar, kemudian mulai mengalami kenaikan pada 22 Oktober dan puncak kurva tertingginya pada 23 Oktober 2019. Terlihat bahwa kurva dengan garis sentimen hijau positif mendominasi dengan jumlah cuitan lebih banyak daripada negatif. Hal tersebut memperlihatkan bahwa warganet mendukung hadirnya wajah baru yang fresh di kabinet Indonesia Maju. Berikut beberapa cuitan warganet dengan menandai Nadiem Makarim. 

Gambar 4. Contoh Cuitan Warganet Bersentimen Positif

Gambar 4 merupakan salah satu tanggapan atau cuitan warganet yang memberikan komentar bahwa Nadiem orang yang progresif dengan pemikiran out of the box. Diharapkan dapat memberi warna dan gebrakan baru untuk pendidikan Indonesia. 

Gambar 5. Contoh Cuitan Warganet Bersentimen Negatif

Gambar 5 memperlihatkan cuitan respons warganet yang diselingi lawakan. Akun tersebut dalam komentarnya menandai perusahaan milik Nadiem Makarim yaitu Gojek Indonesia, dengan cuitan “guru setelah mengajar siswanya harus memberi bintang 5” seperti penggunaan aplikasi Gojek. Beberapa contoh cuitan warganet tersebut, merupakan respons bahwa warganet mendukung dan sangat antusias dengan wajah baru menteri di jajaran kabinet Bapak Jokowi jilid 2, Indonesia Maju.

Paparan di atas merupakan hasil dari pencarian data menggunakan Netray mengenai sosok Menteri baru di kabinet Indonesia Maju. Netray, hanya menyajikan data berdasarkan fakta perbincangan warganet di sosial media. Sukses terus untuk Pak Nadiem, selamat mengemban amanah sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2019-2024. Semoga dibawah kepemimpinan Bapak Nadiem Makarim, pendidikan dan kebudayaan Indonesia semakin lebih baik dan mendunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: