Miniso Berhasil Mengungguli Usupso dalam Menarik Hati Warganet, Strategi Apa yang Digunakan?

Perkembangan toko ritel yang menjual segala barang pernak pernik dengan harga miring memang banyak menarik hati masyarakat di Indonesia. Tidak hanya harganya saja yang murah, namun produk-produknya pun lucu dan menggemaskan. Miniso dan Usupso merupakan dua toko ritel yang berasal dari Tiongkok. Keduanya cukup terkenal dan banyak menjadi perbincangan publik. Kali ini, Netray mencoba melakukan pemantauan selama sebulan terakhir, yakni periode 12 September 2020-12 Oktober 2020 untuk kedua brand Miniso dan Usupso ini.

Hasilnya, Miniso mengungguli Usupso dari berbagai kategori, seperti total tweets, total akun, impresi, hingga potential reach

Selama satu bulan pemantauan, Miniso disebut dan diperbincangkan sebanyak 1,039 kali oleh 420 akun. Frekuensi perbincangan untuk topik Miniso melonjak antara 12 September-12 Oktober 2020 mencapai 100-200 twit perhari. Berbeda jauh dari minggu sebelumnya yang hanya muncul dalam perbincangan kurang dari 10 twit dalam sehari. Potential reach yang dicapai juga naik menjadi 1,8 juta selama dua pekan terakhir. Sentimen positif mendominasi dua kali lipat pembahasan topik terkait Miniso di Twitter. Penggunaan perangkat Mobile yang mencapai angka 90% memperlihatkan antusiasme warganet Twitter dalam memperbincangkan topik ini melalui perangkat ponsel pribadi mereka.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Usupso. Selama periode satu bulan pemantauan, Usupso hanya disebut dan diperbincangkan sebanyak 49 kali oleh 23 akun. Jumlah tersebut sangat jauh dari Miniso. Demikian pula potential reach yang dicapai hanya di angka 442,9 ribu. Sentimen positifnya lebih tinggi dari sentimen negatifnya meski hanya selisih satu angka.

Apa yang membuat Miniso lebih sering diperbincangkan warganet ketimbang Usupso? Adakah strategi tertentu yang dapat dibaca Netray dari pantauan ini? Simak analisis Netray berikut.

Miniso Flash Sale 10.10 Shopee

Berdasarkan grafik di atas, dapat dilihat bahwa intensitas perbincangan topik Miniso mulai melonjak pada 6 Oktober 2020 sampai 12 Oktober 2020 dengan grafik paling tinggi sebanyak 200 cuitan terjadi pada 10 Oktober 2020. Seperti diketahui banyak online shop melakukan promo dengan tanggal dan bulan yang sama, termasuk Shopee. Flash sale dari Shopee yang bekerja sama dengan Miniso ini banyak mencuri hati warganet. Hal tersebut karena adanya potongan harga yang sangat miring untuk semua jenis barang.

This image has an empty alt attribute; its file name is shopee-miniso2-300x265.png

Cuitan Miniso pada periode ini didominasi oleh Flash Sale 10.10 Shopee dari warganet yang berharap memperoleh potongan harga dari Shopee dan Miniso. Adanya cuitan dari akun official @MinisoIndonesia juga semakin menambah keramaian perbincangan warganet di Twitter. 

Melimpah Promo dan Challenge Berhadiah di Miniso 

Toko ritel yang satu ini juga terkenal sering mengadakan challenge berhadiah dan promo dalam beberapa momen penting. Hal tersebut tentu membuat masyarakat semakin tertarik karena adanya iming-iming berhadiah. 

This image has an empty alt attribute; its file name is minso-prmo-300x117.png
This image has an empty alt attribute; its file name is miniso-offc-300x122.png

Akun resmi dari Miniso juga sangat aktif di media sosial Twitter. Hal itu membuat para warganet senang berinteraksi seperti menyebut dan menandai akun resmi tersebut. Lain halnya dengan Usupso, sejauh dari hasil pemantauan juga perbincangan warganet tidak ada pembahasan terkait promo atau brand campaign dengan online shop.

Berikut impresi warganet untuk kedua brand tersebut.

Miniso dan Usupso di Mata Warganet

cuitan Miniso
cuitan Usupso
cuitan Miniso
cuitan Usupso

Beberapa cuitan tersebut memperlihatkan bahwa perbincangan warganet seputar Usupso lebih banyak mengarah pada hal positif. Warganet mengatakan bahwa produk Usupso sangat menggemaskan dan juga berkualitas. Namun dari cuitan-cuitan itu, jarang yang membahas tentang promo atau iming-iming hadiah lainnya. Tidak sedikit pula warganet yang masih menyebut Miniso dalam cuitannya untuk Usupso. Hal itu karena Miniso dan Usupso memang dua toko ritel yang memiliki tema yang sama, yaitu berkiblat pada toko ritel Jepang, Daiso.

Top Word, Top Akun, dan Jaringan Percakapan

Berdasarkan top word diatas dapat terlihat bahwa kata miniso memang berukuran paling besar dari kata lainnya. Hal tersebut menandakan bahwa Miniso lebih sering menjadi topik pembahasan di Twitter ketimbang Usupso. Demikian pula dengan akun resmi Miniso yang menduduki urutan kedua dari jajaran Top Akun. Kemudian dalam jaringan percakapan, terlihat pula akun resmi dari @MinisoIndonesia banyak ditandai dan disebut warganet.

Strategi Brand Campaign Miniso Untuk Menarik Minat Warganet

Salah satu hal yang menyebabkan Miniso lebih unggul di Twitter ketimbang Usupso yakni terkait strategi pemasaran atau brand campaign yang dilakukannya di media sosial. Dari pemantauan Netray terlihat bahwa banyaknya promo dapat menarik hati masyarakat untuk membeli produk. Seperti yang dilakukannya dengan Shopee melalui promo Flash Sale 10.10 yang semakin membuat warganet tertarik untuk membeli produk tersebut. Selain itu, akun resmi Miniso juga aktif di Twitter sehingga terjalin interaksi antara Miniso dengan konsumennya. Hal-hal tersebut yang kurang dilakukan oleh Usupso dalam menarik hati warganet sehingga jarang menjadi topik perbincangan di media sosial.

Suatu brand campaign dapat dijadikan strategi untuk menarik konsumen agar terus datang mengunjungi brand tersebut. Melalui strategi ini pula akan menjadikan suatu brand lebih sering diperbincangkan dan dikenal semakin luas oleh banyak konsumen. Dengan demikian, berdasarkan pemantauan Netray selama sebulan terakhir, dapat dikatakan bahwa strategi brand campaign Miniso dengan Shopee berhasil, karena dengan adanya flash sale tersebut, banyak warganet yang kemudian tertarik untuk membeli produk Miniso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: