Menyimak Pesan dalam Gelombang Tagar #IndonesiaTerserah dan #TerserahIndonesia

Tagar #TerserahIndonesia masuk dalam deretan trending topik menyusul tagar serupa; #IndonesiaTerserah yang terpantau ramai sejak beberapa hari terakhir. Netray mencoba mengamati aktivitas warganet Twitter yang ikut terjun dalam kedua tagar tersebut selama seminggu terakhir untuk melihat bagaimana tagar tersebut berkembang dan menjadi trending selama beberapa hari. Apa yang menjadi pemicu naiknya kedua tagar? Apakah kedua tagar diinisiasi oleh akun yang sama? Lalu, apa pesan yang ingin disampaikan warganet dalam kedua tagar tersebut? Berikut hasil pantauan Netray selengkapnya.

Infografik Penggunaan Kedua Tagar di Twitter

Netray menemukan 71,2 ribu cuitan yang menggunakan kedua tagar tersebut. Sementara akun yang terlibat sebanyak 52,4ribu dengan dominan laki-laki. Kedua tagar tersebut memperoleh 614,3 ribu keterlibatan dengan potensi jangkauan mencapai 106,2 juta akun. Berikut grafik penggunaan tagar selama periode 14-19 Mei 2020.

Dari kedua grafik di atas terlihat bahwa tagar #IndonesiaTerserah muncul lebih dahulu ketimbang tagar #TerserahIndonesia. Namun kedua tagar tersebut masih tetap eksis hingga sekarang meskipun penggunaan tagar #TerserahIndonesia lebih banyak ketimbang tagar sebelumnya. Secara umum, berikut gambaran isu yang berkembang dalam kedua tagar melalui analisis Kosakata Populer.

Dari kumpulan kosakata populer di atas dapat diamati bahwa tiga elemen pokok yang disorot warganet adalah tenaga medis, pemerintah, dan masyarakat. Sementara topik yang menjadi persoalan adalah terkait psbb dan pandemi covid-19. Termasuk di dalamnya adalah perilaku egois.

Awal Mula; Tagar #IndonesiaTerserah

Dari pantauan Netray, tagar #IndonesiaTerserah mulai naik ke Twitter pada 14 Mei 2020 sekitar pukul 17:00-18:00 WIB dengan paling banyak dinaikkan oleh @JaveLiN_Jr

This image has an empty alt attribute; its file name is Screenshot-from-2020-05-19-11-52-02.png
#IndonesiaTerserah pada 14 Mei 2020
This image has an empty alt attribute; its file name is image-233.png
Top 3 Inisiator

Tagar ini pertama kali digunakan oleh akun @saulatu pada pukul 17.11 WIB. Ia mengunggah gambar seorang petugas medis membawa kertas dengan tulisan “Indonesia??? Terserah!!!” kemudian menandai akun @RachlanNashidik @OssyDermawan @AgusYudhoyono, @jovanamel @DidikMukrianto dan @jansen_jsp.

Pada 15 Mei tagar #IndonesiaTerserah perlahan-lahan mulai melambung naik diikuti penggunaan tagar #TerserahIndonesia yang masih berada di angka 31 cuitan.

#IndonesiaTerserah
#TerserahIndonesia

Netray menemukan dua pola penggunaan tagar tersebut; secara terpisah maupun berdampingan dengan tagar #IndonesiaTerserah. Akun @Pejantang_ pertama kali menggunakan tagar tersebut karena kecewa dengan pelanggaran PSBB di Bandara Soekarno-Hatta.

This image has an empty alt attribute; its file name is Screenshot-from-2020-05-19-13-32-16.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-234.png

Puncak Popularitas Tagar

Tagar #IndonesiaTerserah memuncak pada 16 Mei kemudian surut pada 17 Mei dan kembali naik pada 18 Mei. Sementara tagar #TerserahIndonesia terus mengalami kenaikan sejak digunakan pada 15 Mei. Hingga saat ini (19/05) tagar #TerserahIndonesia masih berada di puncak popularitas dengan total mencapai 26,127 cuitan.

Jaringan Percakapan Berdasarkan Akun yang Paling Banyak Disebut

Akun Presiden Joko Widodo, @jokowi menjadi yang paling banyak disebut dalam cuitan warganet menggunakan kedua tagar tersebut. Selain itu, terlihat akun @TheRapUp_ID, Kemenkes dan sejumlah portal media seperti @detikcom dan @CNNIndonesia.

This image has an empty alt attribute; its file name is Screenshot-from-2020-05-19-14-08-50-2.png
Node hijau untuk jaringan tagar #IndonesiaTerserah.
Node merah muda untuk jaringan tagar #TerserahIndonesia.

Akun @TheRapUp_ID paling banyak mendapatkan impresi terkait penggunaan tagar #IndonesiaTerserah. Ia mengunggah sebuah video rapp mengkritisi sejumlah fenomena pelanggaran PSBB dan beberapa kebijakan yang diambil pemerintah selama pandemi, seperti membuka bandara, menaikkan iuran BPJS hingga mengesahkan RUU Minerba.

Isu dan Pesan yang Ingin Disampaikan

Berangkat dari keresahan warganet akan situasi Indonesia saat ini dan kepedulian terhadap tenaga medis, tagar #IndonesiaTerserah dan #TerserahIndonesia naik. Maraknya pelanggaran PSBB dan beberapa kebijakan pemerintah yang sedikit melonggarkan aturan terkait penangan Covid-19 menjadi pemicu tagar tersebut ramai di Twitter. Mulai dari relaksasi aturan mudik yang menyebabkan membludaknya penumpang di Bandara Soekarno-Hatta tanpa menerapkan physical distancing hingga sejumlah perilaku masyarakat yang tidak disiplin dan terkesan menyepelekan Corona menjadi sorotan warganet.

Selain soal penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, antrean jumlah pengunjung mall dan pusat perbelanjaan jelang lebaran juga menjadi sorotan warganet. Pernyataan beauty vlogger Indira Kalista dalam menyikapi protokol kesehatan dalam menangani Covid-19 yang terkesan santai juga turut memantik emosi warganet. Warganet resah karena orang-orang semakin tidak peduli dengan virus mematikan tersebut. Perjuangan tenaga medis dan kedisiplinan sejumlah pihak menajlani karantina berbulan-bulan dan mengikuti protokol kesehatan seolah sia-sia. Warganet kesal, kecewa, sekaligus putus asa. Begitulah setidaknya sebagian besar emosi yang tertuang dalam gelombang tagar #IndonesiaTerserah dan #TerserahIndonesia.

Namun, di tengah kekecewaan dan keputusasaan warganet, pesan untuk tidak egois dan berjuang bersama melawan Corona masih tetap digaungkan oleh beberapa pihak.

Demikian pantauan Netray terkait gelombang tagar #IndonesiaTerserah dan #TerserahIndonesia yang menduduki deretan trending topik Twitter selama 6 hari terakhir. Semoga, melalui kedua tagar tersebut masyarakat semakin menyadari pentingnya bekerja sama, tidak egois, dan saling meringankan perkerjaan, baik itu pemerintah maupun tenaga medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: