Menyimak Perbincangan Warganet Terkait Ridwan Kamil

Ridwan Kamil atau yang kerap disapa dengan Kang Emil merupakan seorang Gubernur Jawa Barat yang dilantik sejak 05 September 2018 lalu. Namanya kian mencuat di kancah politik Indonesia sejak dirinya menjabat sebagai Wali Kota Bandung pada periode 2013-2018. Berbagai program yang dilaksanakannya membuat ia kerap menjadi perbincangan publik bahkan hingga saat ini. Nama Ridwan Kamil bahkan digadang-gadang oleh warganet untuk menjadi calon RI 1 pada 2024 mendatang. Lalu apa saja perbincangan warganet seputar topik Ridwan Kamil?

Ridwan Kamil

Media Monitoring Netray memantau topik seputar Ridwan Kamil sejak 03 Januari 2021 sampai dengan 01 Februari 2021. Selama periode tersebut terlihat topik seputar Ridwan Kamil dibicarakan hingga mencapai 2,092 cuitan. Menariknya, cuitan tersebut didominasi oleh cuitan bersentimen positif. Mengapa demikian?

Melalui grafik di atas terlihat puncak cuitan terjadi sebanyak dua kali dalam satu periode pemantauan. Pertama, pada tanggal 14 Januari 2021 kemudian pada 01 Februari 2021. Lalu apa yang menjadi perbincangan warganet pada tanggal tersebut?

Peak Time 14 Januari 2021

Pada tanggal tersebut ditemukan cuitan sebanyak 297. Adapun puncak cuitan terjadi pada sekitar pukul 15.00 WIB. Adapun topik yang menjadi perbincangan warganet yakni seputar vaksinisasi yang dilaksanakan oleh Ridwan Kamil dan beberapa tokoh lainnya di Jawa Barat, termasuk di antaranya Ariel Noah.

Peak Time 01 Februari 2021

Seperti halnya pada grafik di atas terlihat jumlah cuitan pada 01 Februari 2021 mencapai 312 cuitan dengan didominasi oleh perbincangan seputar penanganan Covid-19 di Jawa Barat. Sebagai kepala daerah, Ridwan Kamil mendapat sorotan publik terkait upayanya dalam menangani Covid-19 yang kian meluas, termasuk di Jawa Barat. Ia pun meresmikan program Puskesmas Terpadu guna memaksimalkan fungsi Puskesmas dalam menangani Covid-19. Tidak hanya itu, perbincangan terkait dirinya juga kian mencuat karena sebagian warganet menggadang-gadang Ridwan Kamil akan menjadi salah satu kandidat calon presiden RI di masa mendatang. Hal ini dapat diamati melalui beberapa cuitan berikut.

Melalui beberapa cuitan di atas terlihat nama Ridwan Kamil dianggap sebagai salah satu tokoh yang menarik perhatian publik untuk menggantikan Jokowi sebagai Presiden. Bukan tanpa alasan, kinerja dirinya selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar dianggap memumpuni oleh masyarakat.

Ridwan Kamil Cari 5000 Petani Pemuda

Selain perbincangan terkait penanganan Covid-19 dan kandidat calon presiden RI di masa mendatang, topik lainnya yang cukup ramai diperbincangkan yakni program Petani Muda. Ridwan Kamil mengumumkan kepada masyarakat Jawa Barat bahwa Pemprov Jabar tengah berupaya mencetak para petani muda yang akan mendapat fasilitas dari pemprov, seperti halnya lahan, modal, hingga distributor.

Dalam cuitannya tersebut terlihat Ridwan Kamil ingin mencari petani muda di era 4.0 saat ini. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya minat bertani di era milenial saat ini hingga berbagai kendala lain, seperti ketersediaan lahan, mahalnya harga pupuk, tidak tersedianya distributor, hingga minimnya pengetahuan membuat pertanian tidak menjadi sektor yang dilirik anak muda pada masa ini. Padahal dengan kemajuan teknologi saat ini dapat menjadi salah satu manfaat untuk memajukan sektor pertanian hingga upaya ketahanan pangan.

Kebijakan ini pun mendapat berbagai tanggapan dari warganet, mulai dari antusiasme hingga saran sektor yang harus diperbaiki. Melalui program ini Pemprov Jabar akan meminjamkan lahan subur seluas 2.000 meter persegi dan pinjaman modal dari bank BJP. Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa hasil panen tersebut nantinya akan ditampung langsung oleh Agro Jabar.

Top Kategori

Berdasarkan pantauan Netray terlihat beberapa akun populer dalam topik Ridwan Kamil dan beberapa akun yang paling banyak mencuitkan nama beliau. Beberapa akun tersebut didominasi oleh portal pemberitaan daring dan beberapa akun lainnya, seperti @OposisiCerdas dan @geloraco.

Dalam cuitannya kedua akun ini terlihat membicarakan topik seputar tongkat estafet kepemimpinan RI yang memunculkan nama Ridwan Kamil sebagai salah satu kandidat. Tidak hanya itu, perbincangan seputar topik ini pun turut memunculkan nama lainnya dalam kategori Top People pantauan Netray, seperti halnya Anies Baswedan. Selain merupakan kepala daerah keduanya digadang-gadang menjadi calon terkait pada Pilpres mendatang.

Sementara itu, kemunculan sejumlah nama puskesmas dalam kategori Top Facilities disebabkan oleh adanya program Puskesmas Terpadu yang direalisasikan oleh Ridwan Kamil sebagai salah satu upaya penanganan wabah Covid-19 di Jawa Barat.

Ridwan Kamil menjadi sosok yang tak lepas dari sorotan publik hingga kerap diperbincangkan oleh warganet. Pembawaannya yang santai dan kerap guyon di media sosial pun membuat masyarakat antusias dengan kebijakan yang akan diterapkannya. Termasuk dua kebijakan yang belakangan menjadi perbincangan, yakni puskesmas terpadu dan 5000 petani muda yang mendapat respon positif dari masyarakat. Tak heran bila namanya kerap muncul sebagai calon Presiden RI yang dinilai cukup potensial bersanding dengan beberapa nama kandidat lainnya. Demikian hasil pantauan Netray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: