Menyambut Lebaran Ala Warganet: Dari Nastar Hingga Khong Guan Isi Rengginang

Menjelang lebaran, biasanya orang-orang akan mulai sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatu. Mulai dari beres-beres rumah, membeli baju baru, membuat kue lebaran, dan menyetok makanan. Namun, bagaimana dengan kondisi pandemi saat ini? Apakah masyarakat masih bersemangat menyambut lebaran? Kali ini, Netray akan memantau aktivitas warganet Twitter membahas persiapan menyambut lebaran. Kira-kira apa yang menjadi tren pembahasan warganet seminggu jelang lebaran ini? Berikut pantauan Netray.

Antusiasme Warganet Menyambut Lebaran di Twitter

Netray memantau aktivitas warganet membahas persiapan lebaran di media sosial Twitter selama periode 1-15 Mei 2020.

Netray menemukan 32,4 ribu cuitan yang membahas topik terkait persiapan lebaran selama periode 1-15 Mei 2020. Topik ini dibahas oleh 17,8 ribu warganet Twitter.

Dari grafik di atas, dapat diamati bahwa topik terkait persiapan lebaran di minggu pertama Mei atau minggu kedua Ramadan masih sepi. Barulah pada minggu kedua Mei atau seminggu jelang lebaran frekuensi pembahasan topik ini melonjak naik. Setidaknya, topik ini dibicarakan lebih dari seribu kali dalam sehari. Bahkan frekuensi pembahasan topik ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama seminggu terakhir. Lalu, apa yang menjadi tren pembahasan warganet dalam topik persiapan lebaran kali ini?

Tren Pembahasan Warganet Menyambut Lebaran

Kata nastar, kastengel, rengginang, putri salju, toples, kaleng hingga brand khas lebaran seperti khong guan dan monde tak luput dari daftar Kosakata Populer. Dari sini dapat diamati bahwa tren pembahasan warganet dalam menyambut lebaran kali ini mengarah pada jajanan atau sajian saat lebaran. Tren pembahasan topik terkait sajian lebaran didukung oleh akun @FOODFESS2, @FOOD_FESS, dan @kompasiana.

Nastar

Kue kering berbentuk bulat kecil-kecil dengan isian selai keju ini hampir selalu dapat ditemui di meja rumah-rumah ketika momen lebaran tiba. Seolah menjadi sajian wajib, warganet berlomba-lomba memamerkan persiapannya membuat kue nastar, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Berikut beberapa potret nastar ala warganet yang dibagikan di Twitter.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-191.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-194.png

Kastengel

Kue kering berbahan dasar keju berbentuk persegi panjang ini juga tak luput jadi buruan wajib ketika lebaran. Berikut potret cuitan dan media populer yang dibagikan oleh warganet pecinta kastengel.

Putri Salju

Masih satu rumpun dengan nastar dan kastengel, kue kering yang berselimutkan gula halus seputih salju ini juga digemari warganet. Kadang kala warganet menjajarkan putri salju dengan nastar dan kastengel sebagai trio tak tergantikan. Namun, kadangkala warganet berdebat soal mana yang paling nikmat dari ketiga kue kering tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-188.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-186.png

Khong Guan

Biskuit Khong Guan sepertinya tak pernah ketinggalan disebut ketika sedang membahas soal sajian lebaran. Bahkan, saking melegendanya biskuit ini, tak jarang orang-orang terdahulu masih menyimpan kaleng warna merah bergambar ibu dan kedua anaknya ini. Kaleng legendaris ini disajikan kembali ketika lebaran dengan isi yang lain; rengginang. Inilah yang menjadikan kaleng biskuit Khong Guan dengan isi rengginang seolah menjadi tren di kalangan warganet ketika membahas momen lebaran.

Monde

Selain Khong Guan, butter cookies Monde juga jadi salah satu sajian lebaran yang dinanti warganet. Hampir senasib dengan Khong Guan, saking cintanya dengan Monde, ibu-ibu kadang tidak mau membuang toples bundar berwarna biru ini. Alhasil, fenomena Khong Guan berisi rengginang dan Monde berisi keripik pun jadi perbincangan warganet.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-207.png

Demikian pantauan Netray terkait pembahasan warganet Twitter seminggu jelang lebaran. Dari pantauan ini, setidaknya dapat diketahui bahwa warganet masih antusias menyambut lebaran. Meskipun ada larangan mudik dan himbauan untuk lebaran di rumah saja, aktivitas warganet membahas sajian lebaran, memamerkan kue-kue kering khas lebaran tetap mengalir deras. Jadi bagaimana? Sudah siap menyambut lebaran dengan trio kue kering; nastar, kastangel, dan putri salju? atau mau Khong Guan isi rengginang dan Monde isi keripik saja?

Gambar sampul: Tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: