Belum Genap Sebulan Menjabat, Menteri Sosial Risma Dinyinyiri Warganet

Belum genap sebulan menjabat sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma kini kembali menjadi sorotan. Namanya masuk dalam jajaran trending topik Twitter bersama kata mensos dan pencitraan pada 06 Januari 2021. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi perbincangan warganet, simak pantauan Netray berikut.

Seperti diketahui, pada 23 Desember 2020 lalu Presiden Joko Widodo secara resmi merombak susunan kabinet yang dipimpinnya. Salah satunya ialah Tri Rismaharini yang kini tengah menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Peter Batubara yang terlibat skandal korupsi Bansos Covid-19 pada 6 Desember 2020 lalu.

Netray memantau topik terkait Risma sejak 01 Januari 2021 sampai dengan 07 Januari 2021. Selama periode tersebut ditemukan cuitan mencapai 33.5K dengan dominasi cuitan bersentimen negatif. Berikut gambarannya.

BU Risma

Sejak dilantik menjadi Menteri Sosial, mantan Wali Kota Surabaya ini terus mendapat perhatian publik. Hal ini dapat diamati melalui grafik di atas, terlihat topik seputar Risma muncul setiap harinya dalam perbincangan warganet dan mengalami kenaikan yang signifikan sejak tanggal 05 Januari 2021 hingga memuncak pada hari berikutnya. Sedangkan melalui grafik sentimen dapat diketahui bahwa topik seputar Risma mendapatkan jumlah sentimen negatif yang mendominasi meski tidak berbanding jauh dengan jumlah sentimen positif yang mendominasi pada beberapa waktu sebelumnya. Mengapa demikian? Apa yang menjadi perbincangan warganet sehingga sentimen negatif berhasil unggul? Berikut hasil analisis Netray.

Blusukan, Risma Tuai Kritik dan Dinilai Pencitraan

Setelah resmi diangkat sebagai Menteri Sosial Risma pun mulai melaksanakan kegiatan seperti halnya menyusuri kawasan Sudirman-MH Thamrin dan Pasar Baru untuk menemui sejumlah gelandangan dan pengemis. Namun, bukannya menuai pujian aksinya tersebut justru menuai pro dan kontra dari warganet. Hal ini dapat diamati melalui Top Words pantauan Netray yang menemukan kosa kata populer terkait topik Bu Risma, di antaranya blusukan, pencitraan, kritik, peduli, dan lain sebagainya.

Tanggapan Negatif Warganet; #RismaRatuDrama

Melalui beberapa cuitan di atas terlihat tanggapan warganet terkait blusukan yang dilakukan oleh Risma. Sebagian warganet mengomentari aksinya dan menganggap hal tersebut hanya drama dan pencitraan. Tidak hanya itu, bahkan warganet juga mengusung tagar #RismaRatuDrama yang mencuat dan menduduki trending pada 07 Januari 2020.

Melalui grafik di atas dapat diamati bahwa cuitan dengan tagar #RismaRatuDrama muncul pertama kali pada 06 Januari 2020. Hal ini sesuai dengan Peak Time topik Risma pantauan Netray yang memuncak pada tanggal yang sama. Berikut beberapa cuitan dengan penggunaan tagar tersebut.

Melalui cuitannya akun-akun tersebut menaikkan tagar #RismaRatuDrama hingga menempati trending topik Twitter. Adapun akun populer dengan penggunaan tagar ini adalah sebagai berikut.

Dukungan Terhadap Risma; #KamiAdaUntukRisma

Meski ramai kritik dan tudingan pencitraan terhadap dirinya, tidak sedikit juga warganet yang memberikan dukungan. Sebagian warganet turut mengapresiasi kinerja Risma sebagai Menteri Sosial. Hal ini dapat diamati melalui beberapa cuitan warganet berikut.

Sebagian warganet menganggap apa yang dilakukan oleh Risma adalah bentuk kinerja. Bahkan akun @AmienRouf11 menyampaikan bahwa hal tersebut adalah hal yang biasa Risma lakukan selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode. Adanya pro dan kontra terhadap kinerja Mensos tersebut memantik terjadinya perang tagar, hingga warganet yang pro terhadap Risma pun mencuatkan tagar #kamiadauntukrisma.

Meski dengan jumlah yang tidak sebanding dengan cuitan tagar #RismaRatuDrama dukungan melalui cuitan ini pun terus meningkat dengan didominasi oleh cuitan bersentimen positif. Berikut beberapa cuitan warganet dengan tagar #kamiadauntukrisma.

Media Populer Netray

Melalui media populer Netray terlihat tudingan pencitraan terhadap dirinya semakin menguat. Hal ini karena dugaan settingan tunawisma yang ditemukan oleh Risma di jalanan hingga Risma disebut tengah berdrama.

Dalam kategori Top People terlihat beberapa akun terkait topik Risma, salah satunya akun @Cobeh09 dan @Donihendarto. Kedua akun tersebut merupakan akun yang kontra dengan Risma dan banyak mencuitkan opininya terkait Risma di Twitter. Hal ini membuat kedua akun tersebut juga masuk dalam kategori Akun Populer dalam topik ini. Sedangkan dalam kategori Top Facilities terlihat beberapa fasilitas umum yang menjadi sorotan dan mendapat perhatian oleh Risma hingga banyak disebut dalam cuitan warganet.

Nama kedua akun di atas terlihat dalam beberapa Top Kategori, seperti dalam Top People maupun akun Populer. Berikut beberapa cuitan akun tersebut dan juga mention yang melibatkan akun kontra lainnya.

Melalui beberapa cuitannya terlihat akun-akun tersebut melayangkan ketidaksetujuannya dengan apa yang dilakukan oleh Risma hingga menilai hal tersebut hanyalah pencitraan. Namun tidak sedikit akun yang merespon cuitan tersebut hingga dalam satu cuitannya akun @Cobeh09 mendapat retweet mencapai 1.96K.

Dalam jaringan percakapan terlihat akun @aniesbaswedan, @fadlizon , dan @KemensosRI menjadi akun yang paling banyak ditandai oleh warganet. Akun Anies Baswedan mendapat sorotan karena lokasi Risma saat melakukan blusukan merupakan wilayah yang kini tengah dipimpin olehnya. Sedangkan akun Fadli Zon juga menjadi akun yang banyak ditandai karena Fadli Zon juga sempat menanggapi sinis kinerja Risma dan menilai apa yang dilakukan Risma hanyalah pencitraan. Namun sayangnya hal ini justru memantik warganet pendukung Risma dan semakin memperpanjang persoalan.

Demikian hasil pantauan Netray terkait Menteri Sosial yang belum genap sebulan dilantik ini. Tri Rismaharini memang dikenal kerap melakukan blusukan bahkan sejak ia menjabat sebagai Wali Kota Surabaya yang terpilih selama dua periode. Namun kini saat ia telah menjabat sebagai Menteri blusukan yang dilakukannya justru menuai kontroversi.

Pantau Analisis Netray lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: