Mengupas Keramaian Sosial Media Bahas Odading Melalui Mesin Netray

Beberapa waktu belakangan, media sosial diramaikan dengan celotehan warganet membahas dan mengupas video ‘odading mang oleh’ yang sedang viral. Dalam video tersebut, Ade Londok membuat ulasan singkat tentang makanan odading dengan bahasa Sundanya yang khas dan sedikit ngegas. Ikan hiu makan tomat dan odading rasanya anjing banget yang khas dalam video tersebut kemudian banyak dikutip dan dibahas warganet di Twitter dengan berbagai muatan sentimen.

Infografik Pembahasan Odading di Twitter

Keramaian sosial media membahas odading terlihat sejak 11 September 2020. Frekuensi pembahasan topik ini terus meningkat dari hari ke hari hingga memuncak pada 17 September. Sebanyak 70,5 ribu akun di Twitter larut dalam perbincangan topik ini dengan dominasi sentimen negatif. Selama periode 11-17 September, topik ini mendapat 866,7 ribu impresi dengan total Potential Reach di atas 170 juta akun. Bukankah ini luar biasa untuk topik ringan semacam odading, roti goreng manis dari Bandung?

Berangkat dari fenomena ini, Netray melakukan pemantauan untuk mengetahui bagaimana topik ini mendapat banyak perhatian dari warganet dan terus menerus dibahas selama sepekan. Kemudian juga terkait impact yang diterima Ade Londok (influencer) hingga Mang Oleh (penjual odading) pada kenyataannya.

Odading Trending, Apa yang Dibahas?

Dari kumpulan Top Words di atas setidaknya kita dapat mengetahui apa saja yang paling banyak dicuitkan warganet ketika membahas odading. Selain odading, sejumlah kata seperti mang, banget, makan, goblok, rasanya, anjing, dan sejumlah kata lain yang mengacu pada template ulasan Ade Londok banyak dikutip ketika membahas odading.

odading mang oleh euhh rasanya seperti anda menjadi ironman belilah odading mang oleh di dieu karena lamun teu ngadahar odading mang oleh maneh teu gaul jeung aing, lain balad aing goblog ikan hiu makan eu.. tomat Goblog mun teu ka dieu odading mang oleh rasanya anjing banget

https://video.twimg.com/ext_tw_video/1305520765098311681/pu/vid/320×320/pcd7qXhYR5i4ru5C.mp4?tag=10

Sementara jika diulik dari nama lokasi yang paling banyak muncul ketika membicarakan odading, didapatkan nama Bandung, DKI, Solo, Medan, Malang, Magelang, hingga Jogja. Bandung banyak muncul dalam cuitan karena odading adalah roti goreng khas Bandung. Sementara sisanya adalah menyangkut pengenalan nama roti tersebut di masing-masing daerah seperti yang dicuitkan @ivanlanin berikut.

Apa saja yang membuat pembahasan odading terus membludak di Twitter? Mari mengamati deretan Popular Tweets berikut.

Jika dikelompokkan, ada beragam model cuitan yang dapat menaikkan isu ini. Pertama, berhubungan dengan odading itu sendiri “apakah itu odading?” sehingga informasi tentang odading baik bentuk, rasa, maupun asal-usul nama odading menjadi menarik untuk dibahas. Temuan bahwa odading adalah roti goreng yang memiliki julukan berbeda di tiap daerah juga menimbulkan diskusi yang menarik. Kedua, berkaitan dengan ketakjuban warganet terhadap bakat promosi Ade Londok yang berhasil membuat orang-orang mengantre di lokasi untuk membeli odading.

Kreativitas warganet dalam mengedit video odading mang oleh karya Ade Londok dalam berbagai bahasa juga memperlihatkan bahwa warganet tertarik dan menaruh apresiasi terhadap video karya Ade Londok. Meskipun ada sejumlah warganet yang kontra terhadap diksi yang dipilih Ade Londok dalam mengungkapkan ekspresinya, seperti goblok hingga anjing, lebih banyak lagi warganet yang merasa terhibur dengan Ade.

Saking fenomenalnya video tersebut di media sosial, warganet seolah sepakat bahwa di luar nama makanan, odading dapat mengacu pada segala perasaan yang sangat ‘anjing’. Ungkapan ‘anjing’ di sini dapat berarti kacau, berantakan, menyedihkan hingga tak terdefinisikan. Sehingga tak jarang ditemui cuitan warganet yang berisi cuhatan tentang hidup seperti berikut.

Siapa Saja yang Meramaikan?

Suatu topik menjadi populer dan ramai diperbincangkan selain karena menarik pasti juga kerap terjadi karena turut dibahas oleh akun-akun yang berpengaruh. Berikut akun-akun yang punya andil besar dalam menaikkan topik odading.

Di sebelah kiri adalah Top Akun berdasarkan perolehan jumlah impresi terbanyak, baik dari jumlah like, retweet, maupun komentar ketika membahas topik ini. Akun @kegblgmunfaedh membagikan video cuplikan asal muasal nama odading dan potret keramaian pembeli odading setelah viral. Akun @FiersaBesari juga turut meramaikan pembahasan dengan mempuisikan template promosi odading karya Ade Londok.

Sementara Top Akun di sebelah kanan tersusun berdasarkan total cuitan masing-masing akun yang membahas odading. Dalam hal ini akun @MuftiAkmaal paling menggebu-gebu membahas odading selama sepekan hingga mencapai 800 cuitan. Menjadi hal wajar apabila topik odading muncul dalam lebih dari 133 ribu kali selama sepekan karena banyak disumbang oleh deretan akun di atas.

Odading di Media Berita Daring

Selain ramai diperbincangkan dan membuat jagat maya Twitter penasaran dengan odading, media berita daring juga melaporkan sejumlah dampak positif dari viralnya topik ini. Pertama adalah penjualan odading meningkat karena pembeli mendadak berbondong-bondong ke lapak Odading Mang Oleh untuk menuntaskan rasa penasarannya. Kedua, Ade Londok mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan diberi mandat untuk mempromosikan kuliner khas Jawa Barat. Demikian ulasan Netray terkait keramaian sosial media Twitter selama seminggu terakhir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: