Mengenal Big Data dan Manfaat Untuk Bisnis Anda

Apa itu big data? Di dunia modern kini big data semakin kerap didengar dan menjadi istilah yang tidak asing lagi. Melansir laman Investopedia, big data didefinisikan sebagai data yang kapasitasnya melebihi kuota normal. Data tersebut perkembangannya terlalu cepat dan ukurannya terlalu besar, sehingga tidak muat untuk dimasukkan ke dalam sistem penampung. Dengan demikian untuk dapat memuat, memproses, maupun menyaring value dari data tersebut dibutuhkan cara khusus.

Lalu data yang berjumlah besar tersebut tentu harus diolah untuk dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Penggunaan big data tentu sangat diperlukan untuk dapat menyimpan, mengelola, dan memanajemen informasi yang berbentuk data secara tersruktur dan tersistem. Penggunaan big data tentu memiliki manfaat tertentu, khususnya untuk bisnis dan bidang teknologi informasi.

Manfaat Big Data Bidang Teknologi Informasi

Media Sosial

Dewasa ini, hampir setiap orang memiliki akun di berbagai media sosial. Setiap harinya jutaan pengguna tersebut berselancar dengan membagikan teks, foto, maupun video melalui kanal media sosial tersebut. Baik teks, foto, maupun video tersebut merupakan jenis data yang akan terekam dan dalam sistem data dengan kapasitas besar. Oleh karena itu, untuk dapat menampung data setiap harinya tersebut dibutuhkan big data dengan performa terbaik dalam penanganan data berskala besar tersebut.

Media Digital

Tak hanya media sosial, dalam media digital big data juga bermanfaat bagi penggunanya. Dalam platform seperti Youtube, Sportify, dan berbagai aplikasi streaming lainnya memanfaatkan big data untuk memberikan rekomendasi penggunanya. Big data tersebut tentu didapat melalui aktivitas yang dilakukan pengguna saat menggunakan aplikasi, seperti jenis video yang baru saja diputar atau musik yang baru saja didengarkan. Kemudian dengan bantuan AI aplikasi akan dengan mudah melacak untuk kemudian merekomendasikan pada penggunanya. Hal ini tentunya dapat memudahkan pengguna mereka untuk menggunakan layanan aplikasi tersebut. Seperti halnya pada e-commerse yang memanfaatkan hal ini untuk merekomendasikan produk mereka.

Perangkat Cerdas

Semakin berkembangnya teknologi tentu didorong oleh keinginan manusia untuk memudahkan kehidupan mereka. Pengembangan perangkat cerdas menjadi salah satu upaya tersebut. Dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) kini berbagai perangkat cerdas seperti tv, ac, bahkan kulkas dapat terhubung jaringan internet, dan aktivitas tersebut dapat dikoordinir melalui satu sistem aplikasi. Untuk dapat menerapkan hal ini tentu menggunakan big data sebagai layanan penyimpan dan penyedia data.

Perangkat Mobile

Penggunaan perangkat mobile tentu menjadi hal yang biasa di jaman yang serba modern ini. Smartphone menjadi salah satu jenis perangkat mobile yang hampir digunakan oleh semua orang. Dalam penggunaannya smartphone memiliki berbagai aplikasi, seperti halnya maps yang dapat memudahkan kita untuk mencari dan menemukan lokasi. Untuk dapat menampilkan gambar, arah, dan tempat dari berbagai lokasi tersebut maps tentu membutuhkan bantuan dari big data dalam memproses dan memanajemen berbagai bentuk data.

Manfaat Big Data Untuk Memaksimalkan Bisnis

Big data menjadi begitu penting untuk memajukan bisnis di dunia modern saat ini. Penggunaan big data dapat menjadi solusi permasalahan secara real time. Tidak hanya itu, dengan menggunakan big data perusahaan dapat mengatur strategi untuk mendorong angka penjualan. Netray merangkumnya melalui beberapa poin berikut.

Pengalaman Penggunaan Aplikasi

Saat ini penggunaan smartphone menjadi salah satu kebutuhan primer manusia modern. Untuk dapat memaksimalkan penggunaan tersebut dibutuhkan penyimpanan data yang berpengaruh terhadap optimalisasi sebuah aplikasi. Dengan adanya big data manajemen data akan menjadi lebih akurat.

Customer Relationship Management

Salah satu manfaat lainnya dari big data dapat diperoleh untuk memaksimalkan penjualan. Untuk dapat memantau dan menghitung penjualan dari bisnis yang dilakukan salah satunya dapat memanfaatkan management dari big data sehingga hal ini dapat meningkatkan hubungan yang baik antara penjual dan pembeli.

Operasional Bisnis

Bila dimanfaatkan dengan baik, big data dapat menjadi solusi untuk memecahkan permasalahan umum yang dialami oleh perusahaan. Dengan memanfaatkan big data perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas bisnis. Dengan demikian big data dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan operasional dalam menjalankan bisnis.

Di dunia modern yang menawarkan berbagai kecanggihan teknologi big data menjadi begitu penting. Tidak hanya untuk kemajuan teknologi namun juga bisnis. Dengan memaksimalkan pemanfaatan big data pelaku bisnis dapat memecahkan permasalahan secara real time. Tidak hanya itu, big data dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan juga mengatur strategi pemasaran.

Simak artikel Netray lainnya melalui https://blog.netray.id/ dan deep analisys Netray melalui https://medium.com/@netrayID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: