Meneropong Fiersa Besari Lewat Fitur Netray

fiersa besari

Setelah bulan lalu Media Monitoring Netray memantau sosok Ganjar Pranowo dalam portal media berita dan Twitter. Kali ini Netray memilih salah satu public figure yang dikenal sebagai penulis dan musisi Indonesia yang juga dinilai cukup aktif dalam menyuarakan isu-isu dan polemik di Indonesia dalam media sosial Twitter miliknya. Ia adalah Fiersa Besari.

Bagaimana eksistensi sosok ini di media massa dan jagat Twitter? Dan fitur Netray apa saja yang dapat merangkum sosok Fiersa dalam perselancaran dunia maya?

Fiersa Besari dalam Sorotan Media Massa

Fiersa Besari tak hanya dikenal sebagai penulis buku, kini sosoknya juga dikenal sebagai public figure yang aktif dalam menyuarakan kritikan terhadap isu yang tengah terjadi di Indonesia. Dalam pantauan Netray pada periode 1-21 April 2021 nama Fiersa Besari telah dicatut oleh 40 media berita daring dalam 161 artikel. Sosoknya yang dikenal dari dunia entertainment, ternyata juga terjaring dalam pemberitaan yang masuk ke dalam ranah pemerintahan dan politik. Pemberitaan apa yang tengah menyeret Fiersa dalam kategori tersebut?

Dilihat dari fitur Word Cloud dan Top Entitas (Top People) milik Netray, pemberitaan yang membawa nama Fiersa Besari juga turut serta membawa nama sosok pemimpin, politisi, hingga Youtuber Indonesia. Pada Word Cloud, terlihat kosa kata pernikahan memiliki ukuran yang besar dibanding dengan yang lain. Kosa kata berikutnya ialah atta, aurel, dan jokowi. Dengan kumpulan kata-kata tersebut tentunya kita bisa menebak apa yang menjadi pemberitaan media massa dalam hal ini?

Kemewahan pernikahan Atta dan Aurel di tengah pandemi telah menggelitik publik. Tak hanya itu, hadirnya sosok pemimpin hingga petinggi negara semakin membuat gusar masyarakat. Salah satu kritikan atas kejadian ini tentunya datang dari Fiersa Besari. Dalam cuitan di akun Twitternya, Fiersa mengatakan bahwa izin resepsi masyarakat umum telah dipersulit. Akan tetapi, hal ini berbanding terbalik dengan resepsi selebritis yang dalam acaranya dihadiri langsung oleh pemimpin negara. Sontak cuitan tersebut pun menjadi sorotan dan bahan pemberitaan media massa. 

Fiersa Besari dalam Media Twitter

Setelah membahas dalam media pemberitaan, kali ini kita akan membahas figur ini di dalam media sosial Twitter. Dengan periode pemantauan yang sama dengan media berita, Netray telah menangkap sebanyak 61.723 twit dari 41 ribu akun membicarakan atau menandai kata kunci fiersa besari dan fiersabesari. Dari 61 ribu twit tersebut, 55 ribu di antaranya terlabeli negatif oleh mesin Netray. Apa yang tengah ditwitkan warganet terkait kata kunci ini hingga menyumbang sentimen negatif hingga 90 persen?

Apabila dilihat dari dari grafik Peak Time pada gambar sebelumnya, terlihat garis merah mendominasi hingga menjulang tinggi di beberapa tanggal pemantauan. Untuk melihatnya secara detail, Netray akan memfilter tanggal pemantauan per 7 hari. Seperti apa gambarannya?

Periode 1-7 April 2021

Pada periode ini, terlihat dari gambar di atas bahwa sentimen negatif terkait kata kunci ini mendominasi dengan jumlah 50.793 dari 52.001 twit. Dengan kata lain, 97 persen twit terindikasi negatif. Topik perbincangan apa yang tengah diperbincangkan warganet yang menandai sosok ini hingga hampir seluruh cuitan bernada negatif? Fitur Top Words Netray sedikit menjelaskan garis besar perbincangan warganet. Dengan kumpulan kosa kata tersebut, kita dapat melihat apa yang tengah menjadi pembahasan warganet.

Twit Pernikahan Atta-Aurel

Topik pernikahan Atta dan Aurel yang dikritisi oleh Fiersa ternyata tak hanya menjadi sorotan media, tetapi juga menjadi buah bibir warganet. Berawal dari twit Fiersa yang diunggah di akun miliknya, beberapa akun juga ikut serta membagikan ulang dengan retweet hingga kembali mengutip dan membagikan komentarnya. Salah satunya ialah dari akun @jeffren_aditya yang mengutip twit Fiersa terkait izin pernikahan selebriti yang juga menurut Jeffren semua hal bisa diatur jika ada yang ‘mengucur’. Tentunya, twit ini terindikasi negatif karena berisikan kalimat kritik dan sindiran terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai kurang relevan. Oleh sebab itu, pada periode ini perbincangan terkait pernikahan selebriti tersebut telah menjadi isu hangat terkait kebijakan yang dinilai ‘pilih kasih’ terlebih lagi pemerintah dinilai abai akan adanya bencana alam yang terjadi di NTT kala itu.

Twit Kebijakan Mudik

Cuitan Fiersa tak hanya mengkritik terkait izin pernikahan di tengah pandemi, tetapi juga kebijakan terkait larangan mudik lebaran pada tahun ini. Kebijakan ini dinilai plin-plan karena hal ini berbanding terbalik dengan kebijakan dibuka lebarnya pintu pariwisata. Sontak kritikan warganet lainnya pun membanjiri topik ini. Twit-twit ini pun juga terindikasi negatif oleh mesin Netray karena kosa kata yang digunakan warganet dinilai telah menyentil pemerintah.

Periode 8-14 April 2021

Pada periode ini, perbincangan terkait kata kunci tak sebanyak periode minggu sebelumnya. Namun, apabila dilihat dari grafik sentiment trend di atas garis merah tetap mendominasi. Total 1.182 dari 1.657 twit terindikasi negatif. Kali ini apa yang sedang ramai dibahas warganet?

Isu Keadilan

Sosok Fiersa yang dikenal sering menyuarakan isu telah dicatut namanya oleh warganet dalam mencari keadilan atas kasus AXA Mandiri dan KIP Kuliah. Seperti cuitan @ObikAdam yang mengomentari kasus AXA Mandiri dan meminta beberapa akun, salah satunya Fiersa untuk ikut menyuarakan kasus tersebut. Sama halnya dengan cuitan @prengky07 yang menginginkan Fiersa untuk ikut menyuarakan terkait kebijakan KIP Kuliah Merdeka.

Periode 15-21 April 2021

Meski jumlah twit pada periode ini cukup banyak dibanding dengan minggu sebelumnya, tetapi perbandingan jumlah sentimen negatif dan positif tidak menunjukkan jumlah yang signifikan. Namun, pada Top Words ditemukan nama Fiersa Besari mendominasi perbincangan warganet. Dengan fitur kecanggihan yang dimiliki Netray kita dapat menilik cuitan apa yang terkandung dalam kosa kata tersebut. Berikut hasilnya.

Fiersa yang memiliki background sebagai penulis memanfaatkan akun Twitternya untuk membagikan kalimat mutiara ataupun jenaka. Dapat dilihat dari beberapa contoh twit di atas, warganet telah membagikan ulang kalimat mutiara atau jenaka yang pernah dicuitkan oleh Fiersa. Selain itu, bukan Fiersa Besari apabila ia tak membuat geger warganet. Salah satu twit warganet yang mendapat ratusan impresi ialah dari @Egilitarian yang mengomentari cuitan Fiersa tentang Nicholas Saputra yang antre saat divaksin. Egi berkomentar bahwa sosok Fiersa belum bisa dibandingkan dengan Nicholas Saputra meski keduanya dinilai sama-sama humble.

Pantauan Akun Fiersa Besari

Media Monitoring Netray memiliki fitur Account Monitoring yang dapat digunakan sebagai media untuk melihat seberapa tinggi intensitas suatu akun dalam bermedia sosial pada periode tertentu. Berikut ini kita akan ulas seberapa aktif Fiersa Besari dalam menggunakan media sosial Twitter?

Gambar di atas merupakan secuil tampilan fitur Account Monitoring Netray yang memantau akun milik Fiersa Besari. Pemilik akun ber-follower 8 juta tersebut dalam periode pemantauan memiliki total retweet 349.8 K. Artinya, dalam periode tersebut twit Fiersa telah dibagikan ulang oleh warganet sebanyak hampir 350 ribu. Sedangkan itu, total mentions yang diterima Fiersa selama periode ini ialah 9.479.

Selanjutnya, dari fitur Account Monitoring ini dapat dilihat contoh twit dari Fiersa, twit yang menandai Fiersa, hingga twit yang telah dibagikan ulang warganet. Dari gambar di atas dapat kita lihat beberapa contoh twit dari fitur tersebut, terlihat (kolom Tweets) cuitan Fiersa terkait kritik terhadap pemerintah atas larangan mudik dan izin pernikahan menjadi popular twit dengan impresi mencapai 182 ribu likes.

Gambar di atas menunjukkan akun yang ikut menandai Fiersa dalam twitnya. Berdasarkan banyaknya jumlah impresi (kolom sort by popularity)  dapat kita lihat akun @jeffren_aditya menduduki peringkat teratas. Lalu, berdasarkan jumlah twit yang menandai Fiersa terdapat akun @LuckyCharmMe menempati perinkat pertama dengan jumlah twit sebanyak 67 cuitan.

Demikian pantauan Media Monitoring Netray terkait sosok Fiersa Besari dalam pemberitaan media massa dan jagat Twitter. Meski dikenal sebagai musisi dan penulis, Fiersa Besari juga dikenal sebagai public figure yang aktif dalam menyuarakan polemik dan isu-isu yang tengah terjadi di Indonesia. Fiersa memanfaatkan akun Twitternya untuk menyuarakan kritik terhadap kebijakan pemerintah. Di sisi lain, backgorundnya sebagai penulis juga dimanfaatkan Fiersa untuk mengihibur pengikut atau warganet Twitter dengan membagikan cuitan berisikan kalimat motivasi ataupun kalimat jenaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: