Memperingati Hari Film Nasional, Warganet Rindu ke Bioskop

hari film

Belum lama ini, tepatnya pada 30 Maret 2021 Indonesia baru saja memperingati Hari Film Nasional ke-71. Tahukah kamu? Tanggal ini diambil dari hari pertama Usmar Ismail mengambil gambar film Darah & Doa. Usmar Ismail merupakan perintis Pusat Perfilman Nasional Indonesia. Ia dianggap sebagai warga Indonesia pelopor perfilman di Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor drama modern di Indonesia. Dikenal sebagai Bapak Film Indonesia Usmar Ismail bahkan telah membuat 33 film.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada dua tahun ini momen peringatan dilaksanakan dalam suasana pandemi yang masih berlangsung. Warganet pun ramai-ramai memperingati momen ini dengan mengunggah cuitan terkait perfilman di Tanah Air. Netray pun turut melakukan pemantauan terkait topik Hari Film Nasional. Simak hasilnya dalam infografik berikut.

  • sejarah hari film nasional
  • Film Rekomendasi Warganet

Perbincangan warganet terkait topik ini mengalami kenaikan signifikan pada tanggal 30 Maret 2021. Hal ini bertepatan dengan momen peringatan Hari Film Nasional yang jatuh pada waktu yang sama. Sementara itu, melalui Top Words dapat dilihat beberapa kosa kata yang kerap digunakan warganet saat membahas topik ini, seperti perfilman, industri, merayakan, pandemi, streaming, dan lain sebagainya. Selain kosakata tersebut terlihat juga kemunculan tagar yang berkaitan dengan topik ini, yaitu #bersamafilmindonesia dan #harifilmnasional. Lalu seperti apakah perbincangan warganet terkait topik ini?

Tetap Bersemangat Rayakan Hari Film di Tengah Pandemi

Menyebarnya Covid-19 ke berbagai wilayah di Indonesia berimbas pada multisektor. Demikian halnya dunia perfilman di Indonesia, terbatasnya akses untuk dapat menikmati film ke bioskop menjadi salah satu kendala sehingga banyak produksi film yang terhambat. Akibatnya, tidak sedikit insan perfilman tanah air yang kehilangan pemasukannya.Tahun ini menjadi kali kedua peringatan Hari Film Nasional terjadi di tengah suasana pandemi. Warganet pun berharap agar industri perfilman Indonesia dapat segera bangkit kembali.

Warganet Rindu Nonton Film ke Bioskop

Warganet juga menyampaikan kerinduannya untuk menyaksikan film secara langsung di bioskop-bioskop kesayangannya. Itulah sebabnya Cinema21 terus melakukan penelitian terkait kemungkinan penyebaran Covid-19 melalui udara di dalam studio Cinema21. Hal ini pun dilakukan guna meningkatkan kepercayaan pengunjung agar dapat datang kembali dan menyaksikan film di bioskop.

Melihat Rekomendasi Film Warganet Melalui Media Populer Netray

Melalui kategori media populer Netray terlihat beberapa judul film di bawah menjadi film-film yang banyak disukai oleh warganet. Apa sajakah?

Penutup

Tahun ini menjadi tahun kedua peringatan Hari Film Nasional di masa pandemi yang masih terus berlangsung. Tidak sedikit dari warganet yang merindukan menyaksikan berbagai film secara langsung di bioskop. Meski demikian peringatan momen ini ramai digaungkan oleh warganet melalui akun dan aktivitas mereka di sosial media Twitter. Ucapan semangat dan harapan agar industri perfilman Indonesia terus bangkit pun ramai dicuitkan tak heran topik ini pun didominasi oleh cuitan bersentimen positif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: