Melacak Tren Baju Lebaran 2022 ala Warganet

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, umat muslim di dunia siap untuk menyambut hari kemenangan. Pemeluk agama Islam di Indonesia menyebutnya dengan istilah Hari Raya Idul Fitri. Setiap daerah di dalam negeri biasanya memiliki adat dan kebiasaan yang berbeda-beda untuk merayakan euforia hari kemengangan ini. 

Mulai dari sajian makan yang berbeda hingga tradisi halal bihalalnya. Namun dari sederet tradisi yang mewarnai perayaan Idul Fitri tersebut terdapat satu hal yang identik dilakukan oleh masyarakat. Yakni tradisi membeli atau mempersiapkan pakaian terbaru untuk dikenakan ketika hari raya. 

Menjelang 2 minggu perayaan Idul Fitri, masyarakat sudah membicarakan rekomendasi model baju yang akan digunakan ketika lebaran. Netray mencoba melakukan pemantauan selama satu pekan dengan periode 10-17 April 2022. Bagaimana euforia perbincangan warganet tentang tradisi yang unik ini?

Gambar 1. Statistik Perbincangan Tren Baju Lebaran

Topik baju lebaran ramai diperbincangkan dengan total sebanyak 20,6 ribu twit. Keramaian ini mencapai impresi warganet sebesar 31,5 juta kali. Selama sepekan tersebut topik pembahasan model baju lebaran banyak didominasi oleh model baju wanita. 

Gambar 2. Top Word Tren Baju Lebaran

Apabila dilihat dari gambaran top word di atas, selain kata baju lebaran yang berukuran lebih besar daripada kata lainnya terdapat pula model baju lebaran wanita. Keempat model baju lebaran wanita tersebut ialah kaftan, dress, gamis, dan tunik. Beberapa model baju tersebut muncul dalam jajaran top word karena banyak diperbincangkan warganet. Seringnya berupa rekomendasi.

Baju Lebaran Wanita Menjadi Model yang Banyak Diperbincangkan

Masing-masing model baju yang muncul di grafik Top Words akan dibahas pada bagian ini. Pasalnya Netray ingin melihat bagaimana anggapan warganet saat merekomendasikan model pakaian untuk lebaran nanti. Hal ini bisa menjadi indikasi tren pakaian terpopuler yang kerap menjadi sorotan menjelang Idul Fitri.

1. Kaftan 

Kaftan merupakan pakaian dengan potongan panjang dan longgar hingga mata kaki. Pada umumnya model kaftan ini memiliki kerah seperti kelelawar dengan sentuhan kerutan dibagian tengah perut. 

Animo warganet membeli baju model kaftan untuk tahun ini karena anggapn bahwa sekarang adalah tahunnya kaftan. Seperti opini yang disampaikan oleh akun @nyekonya dan @heartsxflowers_ yang mengungkapan baju model kaftan sedang banyak digandrungi buat dress up  pas acara buka bersama yang jadi ciri khas bulan Ramadan.

2. Dress

Model baju dress adalah baju panjang dari atas sampai bawah. Ada pula model dress yang berupa terusan terdiri dari atasan dan bawahan. Model pakaian dress ini bermacam-macam tetapi tidak ada ciri khas kerutan atau kelelawar seperti model kaftan. 

Baju model dress juga menjadi pilihan warganet selain model kaftan karena dianggap sebagai pilihan model baju yang cocok untuk lebaran. Warganet bahkan sudah mempersiapkan baju tersebut jauh-jauh hari sebelum lebaran seperti contoh twit di atas. 

3. Gamis

Model baju wanita selanjutnya adalah gamis. Gamis sejenis baju kurung yang dominan digunakan di daerah Timur Tengah. Menurut Wikipedia istilah gamis tersebut berasal dari kata Khomis. 

Model gamis yang berasal dari wilayah Timur Tengah dengan mayoritas pemeluk agama Islam menjadi model baju yang sampai saat ini masih populer di kalangan masyarakat. Gamis memang identik dengan suasana bulan Ramadan sehingga tidak menutup kemungkinan apabila banyak masyarakat memburu gamis untuk lebaran. 

Bahkan seperti opini yang diungkapkan oleh akun @taeyonglee_17 baju gamis di pasaran sudah semakin susah di cari. Padahal lebaran masih tergolong lama, tetapi stok pakaian gamis tidak ada yang ready stock

4. Tunik

Model baju lebaran selanjutnya adalah tunik. Pakaian dengan model longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Ciri model tunik ini yaitu panjang bajunya hanya sampai dibawah lutut sehingga masih memerlukan celana bagi yang berhijab. Akan tetapi ada pula variasi midi dress yang panjangnya di atas lutut. Model ini menjadi salah satu pilihan warganet untuk lebaran karena tunik dianggap model baju santai dan dapat dikenakan dalam berbagai momen selain lebaran. 

Sebagian opini warganet mengungkapkan ingin membeli baju lebaran model tunik karena dapat dipakai diberbagai kesempatan. Setelah momen lebaran berlalu, model tunik pun dapat dipadu padankan menggunakan rok, celana kulot ataupun legging. 

Populer Media untuk Inspirasi Baju Lebaran

baju lebaran
Gambar 7. Tampilan Berbagai Model Baju Lebaran

Melalui populer media Netray, dapat dilihat beberapa unggahan warganet terkait perbincangan rekomendasi model baju untuk lebaran. Dari masing-masing gambar tersebut dapat dilihat berbagai model baju lebaran yang telah disebut di atas. Seperti model kaftan, dress, gamis hingga tunik terangkum dalam beberapa populer media tersebut. Nah, bagaimana model-model baju lebaran tersebut? Apakah salah satu model baju di atas telah masuk dalam koleksi pakaian hari rayamu? 

Demikian analisis Netray, simak ulasan lainnya dalam blog.netray.id

Editor : Ananditya Paradhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: