Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019 : 31 Desember 2018 -06 Januari 2019

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga di minggu pertama Januari 31 Desember s.d 06 Januari 2019. Topik Jokowi – Ma’ruf Amin mendapatkan pemberitaan lebih banyak di media yakni media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo – Sandiaga.

Dari semua berita yang diterbitkan oleh media berita online, takaran pemberitaan positif untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin lebih besar dibandingkan topik Prabowo – Sandiaga. Takaran pemberitaan masing-masing yaitu 63,3% dan 36,7%. Nah, sementara itu, untuk mentions di media sosial sendiri keduanya sama-sama didominasi oleh sentimen negatif. Total masing-masing 56,8% untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan 43,2% untuk topik Prabowo – Sandiaga.

Dilihat dari sisi Top Media, detik.com, republika.co.id, tempo.co, dan rmol.co  masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. Namun, metronews.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Jokowi – Ma’ruf Amin, dan cnnindonesia.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Prabowo – Sandiaga.

Sepanjang minggu pertama Januari 2019, berita seputar “Isu Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019” menjadi Top Issue yang paling banyak dibicarakan bagi kedua topik. Berita tentang ‘Isu Hoax 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019’ tidak hanya menjadi berita yang paling banyak diliput untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin, tetapi juga menjadi berita yang banyak memberikan sentimen negatif. Sedangkan berita yang paling banyak menyumbang positif untuk topik tersebut adalah ‘Strategi Pemenangan Pilpres Jokowi – Ma’ruf Amin’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: