HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres - Cawapres Pilpres 2019 : 31 Desember 2018 -06...

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019 : 31 Desember 2018 -06 Januari 2019

Published on

Hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga di minggu pertama Januari 31 Desember s.d 06 Januari 2019. Topik Jokowi – Ma’ruf Amin mendapatkan pemberitaan lebih banyak di media yakni media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo – Sandiaga.

Dari semua berita yang diterbitkan oleh media berita online, takaran pemberitaan positif untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin lebih besar dibandingkan topik Prabowo – Sandiaga. Takaran pemberitaan masing-masing yaitu 63,3% dan 36,7%. Nah, sementara itu, untuk mentions di media sosial sendiri keduanya sama-sama didominasi oleh sentimen negatif. Total masing-masing 56,8% untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan 43,2% untuk topik Prabowo – Sandiaga.

Dilihat dari sisi Top Media, detik.com, republika.co.id, tempo.co, dan rmol.co  masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. Namun, metronews.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Jokowi – Ma’ruf Amin, dan cnnindonesia.com hanya masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan Prabowo – Sandiaga.

Sepanjang minggu pertama Januari 2019, berita seputar “Isu Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019” menjadi Top Issue yang paling banyak dibicarakan bagi kedua topik. Berita tentang ‘Isu Hoax 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019’ tidak hanya menjadi berita yang paling banyak diliput untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin, tetapi juga menjadi berita yang banyak memberikan sentimen negatif. Sedangkan berita yang paling banyak menyumbang positif untuk topik tersebut adalah ‘Strategi Pemenangan Pilpres Jokowi – Ma’ruf Amin’.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: