Sempat Menjadi Trending #Mandiri Error: Berikut Hasil Pantauan Netray

Pada tanggal 20 Juli 2019 PT Bank Mandiri mengalami error system. Hal tersebut menyebabkan bertambah dan hilangnya saldo dari 10% nasabah. Sebagian nasabah mendapati saldo mereka menjadi nol Rupiah dan sebagian lainnya bertambah hingga ratusan juta Rupiah. Hal tersebut tentu menimbulkan kepanikan nasabah hingga tagar #MandiriError sempat menjadi trending pada akhir pekan lalu. Oleh karena itu, Netray memantau aktivitas warganet Twitter terkait peristiwa tersebut dari tanggal 18 Juli sampai dengan 22 Juli 2019. Berikut hasil pantauan dari sosial media monitoring Netray.

Infografik Cuitan Warganet Terkait Mandiri Error

Gambar 1. Total Jangkauan, Sebaran Jenis Kelamin dan Perangkat Pengguna

Melalui gambar di atas dapat diketahui jumlah akun yang mencuitkan terkait Mandiri Error yaitu sebanyak 46,3 ribu akun dengan total tayangan sebanyak 111,1 juta kali. Pengguna akun dengan gender laki-laki mendominasi dibanding pengguna akun perempuan. Hal tersebut dapat diamati berdasarkan sebaran gender yang terdapat pada gambar di atas. Selain itu, penggunaan mobile phone di Twitter masih mendominasi dibanding penggunaan web.

Gambar 2. Kurva Sentimen

Berdasarkan pantauan Netray pada 18 Juli 2019-22 Juli 2019 terdapat 3.236 cuitan bersentimen positif dan 7.368 cuitan bersentimen negatif. Kurva di atas menunjukkan pergerakan sentimen yang memuncak pada tanggal 20 Juli 2019 didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Hal tersebut dipicu oleh errornya sistem bank berplat merah tersebut.

Gambar 3. Grafik Cuitan Warganet Twitter

Selama tanggal 18 Juli-22 Juli 2019 terdapat 19.366 total cuitan terkait topik tersebut. Gambar 3 menunjukkan grafik yang memuncak pada tanggal yang sama, yakni 20 Juli 2019 dan kemudian menurun di hari berikutnya. Hal tersebut dikarenakan tanggapan dan tindakan pihak Mandiri yang cepat. Pihak Mandiri juga berjanji akan mengembalikan saldo seperti semula dalam waktu 2-3 jam.

Gambar 4. Grafik Cuitan Warganet Twitter

Gambar 4 menunjukkan grafik cuitan yang memuncak pada tanggal 20 Juli 2019. Pada tanggal tersebut terdapat 13.731 cuitan dan memuncak pada pukul 12.00. Melalui pantauan Netray, warganet Twitter banyak mencuitkan terkait komplain dan tanggapan terhadap errornya sistem IT pada bank tersebut.

Gambar 5. Kosakata Populer

Melalui pantauan Netray dapat diketahui kosakata populer yang terdapat dalam gambar 5 di atas. Terkait errornya sistem bank tersebut mencuatkan beberapa kosakata yang kerap muncul, seperti nasabah, bank, mandiri, saldo, dan mandirierror. Untuk mengetahui bagaimana keresahan dan tanggapan warganet Twitter mari kita lihat beberapa cuitan di bawah.

Apa yang Dibahas Warganet

Beberapa cuitan di atas menunjukkan kekhawatiran para nasabah Mandiri. Tidak hanya itu, akun Kementerian BUMN ikut memberikan keterangan agar para nasabah merasa tenang dan tidak panik. Selain cuitan keresahanan para nasabah terdapat juga cuitan warganet yang menanggapi kejadian tersebut dengan santai.

Jaringan Percakapan

Gambar 6. Jaringan Percakapan Warganet

Melalui pantauan Netray jaringan percakapan warganet Twitter yang banyak menandai akun @mandiricare dan @bankmandiri. Percakapan tersebut didominasi oleh cuitan bersentimen negatif. Hal tersebut dapat dilihat melalui garis percakapan warganet yang didominasi oleh garis berwarna merah.

Errornya Sistem IT Bank Mandiri

Peristiwa errornya sistem IT Mandiri menyebabkan kepanikan para nasabah hingga mencuatkan tagar #MandiriError sempat menjadi trending di Twitter. Meski demikian pihak Mandiri berupaya sebaik mungkin memperbaiki sistem mereka dalam waktu secepat mungkin. Terbukti hanya dalam rentang waktu 2-3 jam sistem tersebut sudah kembali seperti semula. Dengan demikian, tentunya nasabah berharap semoga kejadian serupa tidak terulang kembali, tidak hanya pada bank Mandiri melainkan juga bank lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: