Lukisan SBY, Sambutan Hangat dan Komentar Warganet

Lukisan karya Mantan Presiden Keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY belum lama ini kembali menjadi perbincangan warganet. Hal ini bermula saat salah satu elite partai Demokrat Jansen Sitindaon melalui aku Twitternya @jansen_jsp mengunggah sebuah foto yang menunjukkan SBY dan hasil lukisan terbarunya pada Sabtu 07 Agustus 2021. Hal tersebut pun menjadi sorotan publik, tidak sedikit dari mereka yang mengagumi hasil seni lukis beliau, terlebih SBY juga dikenal handal dalam kesenian lainnya yaitu menciptakan lagu. Meski demikian tidak seluruh warganet merespon baik hal tersebut. Netray melakukan pemantauan perbincangan warganet seputar lukisan karya SBY di sosial media Twitter. Untuk dapat melihat reaksi warganet simak hasil pantauan Netray berikut.

lukisan

Netray melakukan pemantauan terkait topik ini sejak 03 Agustus 2021 sampai dengan 09 Agustus 2021. Selama periode tersebut ditemukan sebanyak 18.7 ribu tweets dengan didominasi oleh tweets bersentimen negatif. Adapun jumlah impresi pada topik ini mencapai 3.5 juta dengan potensi jangkauan sebesar 105.8 juta. Hal tersebut menunjukkan topik ini cukup menjadi sorotan warganet. Dalam unggahan Jansen terlihat sosok SBY berdiri di samping lukisannya mengenakan baju berwarna hitam celana abu-abu dan topi berwarna hitam. Ia berpose di sebelah karyanya yang baru saja selesai dengan judul Debur Ombak Pantai Pacitan.

Sebagaimana diketahui, Pacitan merupakan kota kelahiran SBY. Tak heran bila beberapa lukisannya terilhami dari kota tersebut. Selain itu, Jansen juga menunjukkan beberapa lukisan lainnya tentang Merapi yang dekat dengan keseharian beliau semasa menjabat sebagai Danrem Yogya. Melukis menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh SBY semasa PPKM. Terlebih sejak kepergian istrinya Ani Yudhoyono, kini SBY lebih senang menghabiskan waktunya untuk melukis di studio miliknya di Cikeas.

Lukisan SBY dan Sambutan Hangat Warganet

Merespon lukisan karya SBY tersebut warganet pun memberi sambutan hangat. Tidak sedikit dari mereka yang mengapresiasi dan memberi dukungan terhadap sosok SBY. Warganet yang merasa kagum pun mengunggah komentar melalui akun Twitter mereka. Berikut beberapa sambutan hangat dari warganet.

Terlihat melalui beberapa tweet di atas sebagian merespon baik viralnya lukisan SBY. Mereka pun memberi dukungan kepada SBY untuk terus berkarya. Sebagian warganet kagum akan kemampuan berkesenian yang dimiliki oleh pria berusia 71 tahun ini. Bahkan terdapat akun yang menyarankan SBY untuk melakoni seni memahat setelah melihat bakat seni yang dimiliki oleh SBY. Tak heran bila lukisan SBY yang menjadi perbincangan hangat warganet kemudian viral dan sempat menduduki trending topik di Twitter pada 08 Agustus 2021.

Respon Negatif Warganet Hingga Kaitannya Dengan Performa Politik Demokrat

Tak hanya menuai dukungan dan sambutan hangat dari warganet, lukisan yang kemudian menjadi viral tersebut juga menuai kontra dari sebagian warganet. Merespon hal ini tidak sedikit dari warganet yang menuangkan opini bersentimen negatif mereka di Twitter. Sebagai Mantan Presiden dan petinggi partai Demokrat tidak sedikit dari warganet yang mengaitkan sosok SBY dengan performa politiknya. Tak heran bila apapun yang dilakukan oleh dirinya pasti menimbulkan pro dan kontra di mata masyarakat.

Melalui beberapa tweet di atas terlihat respon negatif warganet terkait trendingnya lukisan karya SBY. Sebagian warganet justru mengaitkan hal ini dengan proyek yang tidak selesai pembangunannya di era kepemimpinan SBY yakni Hambalang. Tak hanya itu, sebagian warganet justru mengaitkan hal ini dengan performa politik partai Demokrat yang dianggap dikuasai oleh pengurus partai yang dianggap korup.

Tak sampai di situ, bahkan lukisan karya SBY tersebut diganti menjadi gambar proyek Hambalang yang mangkrak oleh tangan jahil warganet. Mereka menilai SBY telah gagal melindungi negara dari kroni-kroninya yang korup dalam proyek Hambalang. Itulah sebabnya warganet yang merasa geram mengunggah opini mereka dan menyumbang sentimen negatif pada topik ini.

Top Categories

Sebagai akun yang pertama kali mengunggah lukisan karya SBY akun @jansen_jsp menempati urutan teratas kategori akun populer topik ini. Melalui akun monitoring Netray terlihat dua tweet dari Jansen Sitindaon yang kemudian ramai disukai, dikomentari, maupun dire-tweet oleh warganet lainnya.

Sementara itu, pada kategori Top People terlihat nama Susilo Bambang Yudhoyono menempati urutan teratas kategori ini, diikuti oleh nama Presiden Joko Widodo dan beberapa nama lainnya. Sementara itu, pada kategori Top Organization terlihat Demokrat menjadi organisasi yang paling banyak disebutkan oleh warganet dalam membahas topik seputar lukisan SBY. Hal ini berkaitan dengan SBY dan keluarganya yang merupakan elite partai Demokrat hingga tak heran pembahasan topik ini dikaitkan oleh warganet dengan performa partai yang kini dipimpin oleh anaknya Agus Harimurti Yudhoyono.

Lukisan Debur Ombak Pantai Pacitan yang beberapa waktu lalu diunggah oleh @jansen_jsp menjadi perbincangan hangat warganet. Tidak sedikit dari warganet yang mengapresiasi lukisan tersebut dan menyambut hangat lukisan yang dihasilkan oleh sosok Mantan Presiden Ke-enam Republik Indonesia. SBY memang dikenal sebagai sosok yang memiliki jiwa seni, karena selain melukis dirinya dikenal juga memiliki hobi menciptakan lagu dan bernyanyi. Namun tak hanya mendapat sambutan hangat dari warganet lukisan tersebut juga menuai kritik dari warganet yang mengaitkannya dengan performa SBY selama menjabat sebagai presiden dan politik partai Demokrat.

Demikian hasil pantauan Netray, simak analisis lainnya melalui https://blog.netray.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: