HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres-Cawapres Pilpres 2019: 7-13 Januari 2019

Laporan Mingguan Capres-Cawapres Pilpres 2019: 7-13 Januari 2019

Published on

MOST DISCUSSED ENTITIES

Dilihat dari sisi Top People, Joko Widodo menjadi entitas ‘Person’ yang paling banyak disebutkan di keseluruhan media yang meliput topik Jokowi – Ma’ruf Amin, baru kemudian disusul oleh Prabowo Subianto, dan Sandiaga Uno. Sementara Prabowo Subianto menjadi entitas ‘Person‘ yang paling banyak disebutkan di keseluruhan media yang meliput berita dengan topik Prabowo – Sandiaga yang kemudian diikuti oleh Sandiaga Uno dan Joko Widodo.

Dilihat dari sisi Top Organization, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merupakan entitas ‘Top Organisation‘ yang paling banyak disebutkan di keseluruhan media, baik untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto.

TOP ISSUE IN NEWS MEDIA

Di media berita online, sepanjang minggu kedua Januari 2019, topik pemberitaan seputar “Hoaks Surat Suara Pilpres 2019” masih bertahan menjadi Top Issue yang paling banyak dibicarakan bagi kedua topik tersebut sejak minggu lalu. Berita tentang ‘Hoaks Surat Suara Pilpres‘ menjadi Top Issue secara general dan menjadi berita bersentimen negatif yang paling banyak diliput untuk topik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. 

Dilihat dari sentimennya, berita yang paling banyak memberikan sentimen positif untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin adalah berita tentang “Dukungan PDIP Untuk Kemenangan Jokowi-Ma’ruf” sebanyak 183 artikel. Sementara untuk topik Prabowo – Sandiaga adalah berita tentang “Penyampaian Visi-Misi Capres-Cawapres 2019” sebanyak 111 artikel. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut.

Sementara itu, berita yang paling banyak memberikan sentimen negatif untuk topik Jokowi – Ma’ruf Amin adalah seputar “Hoaks Kotak Suara Pilpres 2019” sebanyak 107 berita. Berita tersebut banyak memberikan sentimen negatif karena isu yang menyebar adalah bahwa terdapat 7 kontainer di Tanjung Priok yang didalamnya diduga berisi kotak surat suara yang telah tercoblos atas nama Paslon 01 atau Jokowi – Ma’ruf Amin. Selain menjadi berita yang banyak memberikan sentimen negatif untuk Jokowi – Ma’ruf Amin, berita tersebut juga memberikan sentimen negatif untuk topik Prabowo – Sandiaga sebanyak 105 artikel. Berita ini mampu memberikan sentimen negatif untuk Prabowo – Sandiaga karena menyangkut politikus Partai Demokrat Andie Arief sebagai salah satu tokoh penyebar hoaks tersebut. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: