Laporan Mingguan Capres-Cawapres Pilpres 2019: 7-13 Januari 2019

Berdasarkan hasil pantauan Netray pada Board “Capres & Cawapres Pilpres 2019” mengenai topik Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga pada minggu kedua  Januari 2019, topik Jokowi – Ma’ruf Amin mendapatkan pemberitaan terbanyak di media, baik dari media berita online, media sosial, maupun komentar berita dibandingkan topik Prabowo – Sandiaga. Berikut perbandingan jumlah berita yang meliput kedua topik tersebut.

Dibandingkan minggu lalu, pemberitaan mengenai kedua topik di media berita online mengalami peningkatan, yaitu masing-masing  sekitar 29,4% untuk topik Jokowi – Ma’ruf dan 41,3% untuk topik Prabowo – Sandiaga. Sementara jumlah mentions di media sosial justru mengalami penurunan, kurang lebih sekitar 15,9% untuk Jokowi-Ma’ruf dan 13,5% untuk Prabowo-Sandiaga.

SENTIMENT SHARE

Dilihat berdasarkan sentimennya, pemberitaan mengenai  Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga di media online didominasi oleh berita dengan sentimen positif. Pemberitaan positif pada kedua topik tersebut bahkan berjumlah dua kali lipat lebih banyak dibanding dengan pemberitaan bersentimen negatifnya. Perhatikan grafik berikut.

Di sosial media, baik Facebook, Twitter maupun Instagram, pemberitaan/ mentions untuk kedua topik tersebut didominasi oleh sentimen negatif. Di kolom komentar berita, topik Jokowi – Ma’ruf Amin didominasi oleh komentar dengan sentimen netral, kemudian disusul komentar berita bersentimen negatif dan positif secara berurutan. Sedangkan untuk topik Prabowo – Sandiaga komentar berita yang mendominasi adalah komentar bersentimen negatif, kemudian disusul sentimen netral dan positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: