HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres - Cawapres Pilpres 2019: 4 - 10 Maret 2019

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 4 – 10 Maret 2019

Published on

Di media berita online, porsi pemberitaan untuk kedua topik didominasi oleh sentimen positif, masing-masing yaitu 57,2% untuk Jokowi-Ma’ruf dan 48,4% untuk Prabowo-Sandiaga. Sementara di media sosial, pembicaraan terkait topik Jokowi-Ma’ruf Amin masih didominasi oleh sentimen positif sebesar 41,5%, sedangkan pembicaraan terkait Prabowo-Sandiaga justru didominasi oleh sentimen negatif sebesar 39,5% dari total pemberitaan untuk masing-masing topik.

Berita seputar “Penangkapan Andi Arief Terkait Kasus Narkoba” menjadi isu yang paling banyak dibicarakan secara umum sekaligus menyumbang sentimen negatif terbanyak bagi kedua topik. Berita seputar “Tiga Kartu Sakti Jokowi” yang salah satu di antaranya adalah Kartu Pra-Kerja menuai pro dan kontra, sehingga berita ini juga masuk dalam kategori Top 5 issue yang banyak memberikan sentimen positif serta negatif bagi kedua topik.

Pada media sosial, tagar yang marak digunakan adalah #GueIngin dengan muatan positif untuk Jokowi-Ma’ruf dan #JabarPilih_Prabowo_Sandi yang bermuatan positif untuk Prabowo-Sandiaga. Banyaknya pemberitaan mengenai kasus Andi Arief memunculkan tagar #01BandarSabu dan #02Nyabu yang bermuatan sentimen negatif untuk masing-masing topik. Sementara akun yang paling banyak membicarakan kedua topik adalah @FaGtng dan @Mbah_Suro_02 dengan muatan positif di Twitter. Sementara dalam Facebook, akun @ISPresiden masuk dalam Top 3 User yang memberikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf sekaligus masuk dalam Top 3  User yang memberikan sentimen negatif untuk Prabowo-Sandi.


More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: