Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 18 – 24 Maret 2019

Dilihat dari melalui Top Media, detik.com, kompas.com, dan merdeka.com masuk ke dalam Top 5 media yang memberitakan topik Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Namun, jawaposnationalnetwork.com dan republika.co.id hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Jokowi-Ma’ruf Amin. Sedangkan bisnis.com dan tempo.co hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Prabowo-Sandiaga.

Jelang peresmian MRT berita seputar Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla mencoba MRT menjadi isu yang paling banyak dibicarakan secara umum sekaligus menyumbang sentimen positif untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Sedangkan pemberitaan seputar penangkapan Romahurmuziy masih menjadi isu yang banyak diperbincangkan, terkait efek dan imbas yang ditimbulkan. Pada pasangan Prabowo-Sandiaga isu terkait survei elektabilas dan evaluasi debat pada putaran ketiga menjadi top isu secara general dan termasuk dalam top isu bersentimen positif

Di media sosial, tagar yang marak digunakan adalah #WapreskuKyai dan #JokowiDuDiDam dengan muatan positif untuk Jokowi-Ma’ruf sebagai respon warganet yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin pasca-debat putaran ketiga. Sementara #prabowo dan #INAelectionObserverSOS merupakan tagar bermuatan positif untuk Prabowo-Sandiaga. Di sisi lain, akun yang paling banyak membicarakan Jokowi-Ma’ruf di Twitter adalah @fsocialityy dengan sentimen positif. Sedangkan akun yang paling banyak membicarakan Prabowo-Sandiaga adalah @AbidDzoedengan sentimen positif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: