HomeAnalisisLaporan Mingguan Capres - Cawapres Pilpres 2019: 15 - 21 April 2019

Laporan Mingguan Capres – Cawapres Pilpres 2019: 15 – 21 April 2019

Published on

Media online detik.com, kompas.com, tribuntimur.com dan tempo.com masuk ke dalam Top 5 media yang paling banyak memberitakan kedua topik. Namun, republika.co.id hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Jokowi-Ma’ruf Amin. Sedangkan cnnindonesia.com hanya masuk dalam Top 5 media peliput topik Prabowo-Sandiaga.

Di minggu pelaksanaan Pilpres 2019, berita seputar persiapan, pelaksanaan, dan hasil perolehan suara Pilpres mendominasi pemberitaan terkait topik Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga secara umum. Persebaran perolehan suara untuk masing-masing paslon mampu memberikan sentimen positif untuk tiap-tiap topik. Hasil hitung cepat dari berbagai lembaga survei besar yang menunjukkan kemenangan untuk paslon 01 menyumbang sentimen positif cukup banyak untuk Jokowi-Ma’ruf. Akan tetapi, di balik berita kemenangan tersebut terdapat isu indikasi kecurangan di pihak 01, sehingga topik ini juga menyumbang sentimen negatif cukup dominan bagi Jokowi-Ma’ruf. Sementara itu, klaim kemenangan dari kubu 02 menjadi isu yang paling banyak menyumbang sentimen negatif untuk Prabowo-Sandiaga.

Di media sosial, tagar yang marak digunakan adalah #PilihOrangBaik dengan muatan positif sebagai bukti dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Sementara #BismillahInsyaAllahPrabowo merupakan tagar bermuatan positif untuk Prabowo-Sandiaga. Di sisi lain, akun yang paling banyak membicarakan Jokowi-Ma’ruf di Twitter adalah @MVVZ3 dengan sentimen negatif. Sedangkan akun yang paling banyak membicarakan Prabowo-Sandiaga adalah @arman_effendi dengan sentimen positif.

More like this

Insight Analisis Sentimen Debat 1-5: Siapa yang Paling Populer?

Netray mengumpulkan hasil analisis sentimen debat capres cawapres untuk melihat bagaimana respons warganet Twitter...

Analisis Sentimen Debat Capres Terakhir; Anies Kembali Unggul

Debat capres terakhir telah dilaksanakan pada Minggu 4 Februari 2024. Ketiga calon presiden memamerkan...

Larangan Impor Pakaian Bekas Lindungi UMKM, Warganet Pertanyakan Maraknya Produk Cina

Pemenerintah mempertegas larangan impor pakaian bekas karena dianggap dapat menggagu industri tekstil dalam negeri...
%d bloggers like this: